"> Tujuan dan Manfaat Akuntansi - Berbagi itu Indah

Tujuan dan Manfaat Akuntansi

Tujuan dan Manfaat Akuntansi

Tujuan dan Manfaat Akuntansi

Tujuan dan Manfaat Akuntansi

       Sebagaimana telah kita fahami Bersama bahwa akuntansi adalah suatu proses aktivitas untuk mengenali, mencatat, mengkategorikan, dan menganalisa data transaksi keuangan untuk kemudian disajikan dalam bentuk laporan keuangan agar segala bentuk informasi dalam transaksi keuangan tersebut mudah dipahami dan dipelajari. Maka pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Tujuan dan Manfaat Akuntansi (Baca juga : Dampak Terjadinya Angin Muson)

Tujuan Akuntansi

Ada beberapa tujuan dari sistem akuntansi dalam transaksi keuangan, antara lain:

  1. Akuntansi bertujuan untuk mengetahui detail detail data dan angka keuangan perusahaan.
  2. Akuntansi juga bertujuan untuk membuat laporan dari hasil proses pencatatan, pengklasifikasian, dan analisis transaksi keuangan atau hal-hal terkait dengan data keuangan suatu lembaga atau perusahaan sehingga laporan tersebut mudah dibaca dan dipahami oleh penerima laporan untuk kemudian bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan mengambil keputusan.
  3. Sedangkan tujuan lain dari Akuntansi adalah untuk mengembangkan bisnis atau perusahaan.

Manfaat Akuntansi

       Berdasarkan dari tujuan tersebut diatas maka setiap perusahaan selalu memiliki akuntan khusus untuk mencatat segala urusan tentang keuangan. Oleh karenanya, pasti akuntansi ini memiliki manfaat yang sangat vital bagi perusahaan.

Adapun beberapa manfaat dari akuntansi adalah sebagai berikut:

  1. Menyediakan Informasi Keuangan

       Salah satu manfaat dari akuntansi adalah menyediakan informasi keuangan secara mendetail dan menyeluruh dan tetap bisa dibaca perbagian yang diinginkan sesuai dengan sistem pencatatan yang dipergunakan. (Baca juga artikel lain pada : Great Feeling to My Son)

Lalu untuk apa sih informasi tersebut? Tentu manfaatnya banyak.

       Melalui informasi keuangan, maka kondisi keuangan suatu perusahaan bisa diketahui; apakah pemasukan perusahaan sedang mengalir deras atau malah mampet.

       Dengan informasi tersebut, tentu berbagai keputusan bisa dipilih untuk memajukan perusahaan.

       Informasi keuangan semacam ini juga penting bagi perusahaan yang ingin menggandeng investor. Pada umumnya, investor selalu ingin tahu tentang kondisi keuangan perusahaan yang akan dititipi modal.

       Dengan adanya informasi keuangan yang baik melalui akuntansi, maka calon investor bisa memahami kondisi keuangan perusahaan dengan lebih mudah.

       Bagaimanapun juga, informasi keuangan suatu perusahaan merupakan hal yang sangat vital sehingga harus diketahui dengan baik dan akurat dan akuntansi merupakan cara terbaik untuk mengetahuinya.

  1. Alat Pengontrol Keuangan

       Untuk mengontrol keuangan tentu harus tahu terlebih dahulu kondisi keuangan dan penyebab lain sehingga keuangan perlu dikontrol sedemikian rupa. Maksud mengontrol keuangan adalah mengalokasikan uang secara tepat.

       Melalui akuntansi, kita tak hanya tahu kondisi keuangan perusahaan kita, apakah untung atau rugi, berapa besar untungnya dan berapa besar ruginya, kita juga bisa tahu penyebab untung rugi yang dialami oleh perusahaan.

       Dalam hal praktis, misalnya, melalui catatan keuangan, apabila diketahui kondisi keuangan perusahaan sedang defisit, kita bisa menahan diri untuk mengalokasikan uang pada beberapa hal yang sifatnya tidak mendesak dan bisa ditunda sehingga dana perusahaan bisa dialokasikan tepat sasaran untuk menanggulangi defisit anggaran. (Baca juga artikel lain pada : Pengajian Umum Sangat Lucu Gaya KH Anwar Zahid)

  1. Alat Evaluasi Perusahaan

       Salah satu hal yang menjadi bahan evaluasi penting bagi perusahaan adalah persoalan keuangan karena salah satu tujuan perusahaan adalah untuk mendapatkan laba yang banyak.

       Catatan akuntansi merupakan alat yang efisien untuk bahan evaluasi karena melalui catatan tersebut, segala bentuk transaksi perusahaan bisa diketahui dan bisa dikaji manfaatnya untuk perusahaan.

  1. Dasar Pengambilan Keputusan

       Laporan akuntansi yang pada dasarnya merupakan laporan keuangan merupakan pondasi untuk mengambil keputusan terutama terkait dengan pengeluaran perusahaan, misalnya keputusan untuk membeli alat produksi, menaikkan gaji karyawan, memberikan bonus karyawan, hingga memperbesar perusahaan.

       Selain itu, pada umumnya laporan akuntansi juga berisi rekomendasi tertentu dari masalah yang sedang dialami perusahaan terkait dengan kondisi keuangan.

       Dengan akuntansi, meski yang dicatat adalah transaksi keuangan, namun demikian bisa melihat hal-hal terkait dengan aktivitas perusahaan yang bisa menimbulkan masalah, misalnya pada kecurangan-kecurangan yang tampak pada belanja perusahaan.

       Itulah postingan materi tentang Tujuan dan Manfaat Akuntansi yang dapat kami bagikan pada kesempatan dengan harapan semoga postingan kami tentang Tujuan dan Manfaat Akuntansi diatas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang akuntansi. (Baca juga artikel lain pada : Soal Pilihan Ganda Materi Otonomi Daerah)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *