Tujuan Ciri Kebahasaan dan Contoh Narrative Text

Tujuan Ciri Kebahasaan dan Contoh Narrative Text

Tujuan Ciri Kebahasaan dan Contoh Narrative Text

        Sebelum membahas tentang Tujuan Ciri Kebahasaan dan Contoh Narrative Text narrative text , lebih dulu marilah kita pahami definisi atau pengertian dari narrative text agar kita lebih mengerti tentang Narrative Text. (Pelajari juga : Penjelasan Lengkap dan Contoh Recount Text)

Definisi atau Pengertian Narrative Text

        Narrative Text adalah teks yang berisi sebuah cerita baik tertulis ataupun tidak tertulis dan terdapat rangkaian peristiwa yang saling terhubung. Jadi cerita harus kronologis, maksudnya kronologis itu diceritakan secara runtut dan tidak boleh loncat-loncat (sesuai alurnya).

Tujuan Narrative Text

        Tujuan dasar dari text narasi adalah untuk menghibur dan menarik minat pembaca dengan menyajikan cerita, kisah atau peristiwa yang memiliki masalah yang menimbulkan konflik dan pada akhir cerita ada resolusinya atau akhir yang bahagia atau bahkan menyedihkan

        Jika dilihat dari jenisnya, maka narrative text yang sering dimaksudkan oleh bapak ibu guru adalah termasuk kategori Narasi Sugestif, yaitu teks yang tujuannya agar pembaca mendapatkan hikmah dari sebuah cerita.

Struktur Umum (Generic Structure) Narrative Text

        Struktur generik narrative text berfokus pada serangkaian tahapan yang membangun sebuah cerita. Dalam narrative text tahap itu meliputi:   

  1. Orientasi (Orientation): Bagian Pendahuluan, di mana karakter , setting , dan waktu cerita ditetapkan . Biasanya menjawab pertanyaan siapa? kapan? dimana ?
  2. Komplikasi (Complication) : Menceritakan awal masalah yang menyebabkan krisis sampai klimaks. komplikasi biasanya melibatkan karakter utama.
  3. Resolusi (Resolution) : Akhir dari cerita yang berupa solusi dari masalah. Masalah yang diselesaikan dapat menjadi lebih baik atau malah lebih buruk, bahagia atau sedih . Kadang-kadang ada beberapa komplikasi yang harus dipecahkan sendiri oleh pembacanya. Hal ini menambah dan mempertahankan minat dan ketegangan bagi pembaca nya.
  4. Re-Orientasi (Reorientation) : Opsional (tidak harus). merupakan pernyataan penutup cerita dan bersifat opsional . Bisa berisi tentang pelajaran moral, saran atau pengajaran dari penulis.

Ciri-ciri Kebahasaan Narrative Text

        Pada Narrative Text, terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan antara lain sebagai berikut :

  • Memakai Action Verb dalam bentuk Past Tense. Misalnya : Ran, Sang, Walked, Dropped dan sebagainya.
  • Memakai Nouns sebagai kata ganti untuk orang, binatang dan benda dalam sebuah cerita. Misalnya : The Princess, The King, dan sebagainya.
  • Memakai Adjectives yang membentuk noun phrase. Misalnya : short brown hair, two monkeys, dan sebagainya..
  • Memakai Time Connective dan Conjunctions untuk mengurutkan suatu kejadian. Misalnya : And then, afterwards, before, soon, after, dan sebagainya.
  • Memakai Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa. Misalnya : here, in the mountain, happily ever after, dan sebagainya.
  • Fokus pada satu tokoh atau pelaku dan biasanya individual sehingga biasanya menggunakan kata ganti seperti “I, we, she, he”.

Contoh Narrative Text

Snow White

(Orientation)

        Once upon a time there lived a little girl named Snow White. She lived with her Aunt and Uncle because her parents were dead.

(Complication)

        One day she heard her Uncle and Aunt talking about leaving Snow White in the castle because they both wanted to go to America and they didn’t have enough money to take Snow White.

        Snow White did not want her Uncle and Aunt to do this so she decided it would be best if she ran away. The next morning she ran away from home when her Aunt and Uncle were having breakfast. She ran away into the woods.

(Resolution)

        Then she saw this little cottage. She knocked but no one answered so she went inside and fell asleep.

        Meanwhile, the seven dwarfs were coming home from work. They went inside. There they found Snow White sleeping. Then Snow White woke up. She saw the dwarfs. The dwarfs said, “what is your name?” Snow White said, “My name is Snow White.”

(Reorientation)

        One of the dwarfs, said, “If you wish, you may live here with us.” Snow White said, “Oh could I? Thank you.” Then Snow White told the dwarfs the whole story and finally Snow White and the 7 dwarfs lived happily ever after.

         Itulah materi Bahasa Inggris tentang Tujuan Ciri Kebahasaan dan Contoh Narrative Text yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Kami berharap semoga materi pembelajaran online tentang Tujuan Ciri Kebahasaan dan Contoh Narrative Text diatas dapat membantu adik-adik dan siapapun yang ingin mengembangkan pengetahuan tentang Bahasa Inggris. (Pelajari juga : Penjelasan Lengkap dan Contoh Descriptive Text)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *