Tokoh Pelopor Aliran Seni Rupa

Tokoh Pelopor Aliran Seni Rupa

Tokoh Pelopor Aliran Seni Rupa

      Setelah postingan yang lalu kami bagikan Pengertian dan Ciri – ciri Aliran Seni Rupa, maka kali ini kami lanjutkan pembahasan tentang aliran seni rupa. Dalam hal ini kami akan membahas tentang Tokoh Pelopor Aliran Seni Rupa. (Pelajari juga : Ciri Setiap Aliran Seni Rupa)

      Sebagaimana telah atau sedang kita pelajari dari bangku sekolah atau kuliah tentang seni rupa yang terus berkembang sejak lama dan telah melahirkan beragam aliran yang semuanya memiliki kekhasan pada ciri-cirinya masing-masing. Aliran Seni Rupa tersebut terbagi menjadi beberapa macam antara lain; naturalisme, realisme, romantisme, impresionisme, ekspresionisme, kubisme, fauvisme, dadaisme, futurisme, surealisme, kontemporer, popular art, konstruktivisme, neo-klasik, dan abstraksionisme. (dan Pelajari juga : Pengertian Setiap Aliran Seni Rupa)

      Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Tokoh Pelopor Aliran Seni Rupa yang macamnya telah kita sebutkan diatas agar kita dapat mengetahui siapa tokoh yang berperan atau penganut masing-masing lukisan sehingga lukisan – lukisan tersebut dapat kita lihat saat ini.

Inilah Beberapa Tokoh Pelopor Aliran Seni Rupa:

Aliran Naturalisme

Beberapa tokoh seni rupa yang mengikuti aliran ini antara lain Basuki Abdullah, Gambir Anom, Raden Saleh, Abdullah Sudrio Subroto, William Hogart, dan Frans Hall.

Aliran Realisme

Beberapa seniman atau tokoh yang memilih aliran seni ini antara lain Fransisco de Goya, Gustove Corbert, dan Honore Daumier

Aliran Romantisme

Tokoh atau seniman yang menganut aliran ini antara lain Raden Saleh, Theobore, dan Gerriwult.

Aliran Ekspresionisme

Adapun beberapa tokoh yang menganut aliran ini antara lain Popo Iskandar, Paul Gaugiuin, Vincent Van Gogh, Ernast Ludwig, Emile Nolde, Karl Schmidt, JJ. Kandinsky, Affandi, Zaini dan Paul Klee.

Aliran Impresionisme

Beberapa seniman yang menganut aliran impreionisme antara lain Casmile Pissaro, Claude Monet, Aguste Renoir, SIsley, Kusnadi, Solichin, Edward Degas, Mary Cassat, dan Afandi.

Aliran Kubisme

Tokoh-tokoh yang memilih aliran musik ini misalnya Pablo Picasso, Gezanne, Metzinger, Albert Glazes, Braque, Fernand Leger, Francis Picabia, Robert Delaunay, dan Juan Gris

Aliran Fauvisme

beberapa tokoh dalam aliran ini antara lain Andre Dirrain, Henry Matisse, Rauol Dufi, Maurice de Vlamink, dan Kess Van Dongen.

Aliran Dadaisme

Adapun beberapa tokoh yang menggunakan aliran seni rupa satu ini diantaranya Max Ernst, Juan Gross, Marcel Duchamp, Hans Arp, dan Picabia.

Aliran Futurisme

Adapun beberapa tokoh seni dunia yang menggunakan aliran ini misalnya Severini, Boccioni, Umberto, Carlo Cara, Gioccomo Ballad, dan Ruigi Russalo.

Aliran Surealisme

Beberapa tokoh dalam aliran ini antara lain Salvador Dali darl Andre Masson. Joan Miro, Sudiardjo, dan Amang Rahman.

Aliran Konstruktivisme

lahir pertama kali di Rusia tahun 1915. Beberapa tokoh yang berperan dalam aliran seni rupa satu ini adalah Laszlo Moholy-nagy, Victor Pasmore, Liubov Popova, Oskar Schlemmer, dan Naum Gabo.

Aliran Post Modern (Kontemporer)

Beberapa tokoh seni rupa Indonesia yang menggunakan aliran ini antara lain Sprinka, Jim Nyoman Nuarta, Supankat, dan Angelina P.

Aliran Popular Art (Pop Art)

Beberapa tokoh yang dalam aliran pop art antara lain George Segal, Tom Wasselman, Claes Oldenburg, Yoseph Benys, dan Cristo.

Aliran Abstraksionisme

Tokoh aliran ini antara lain Wassily kadinsky dan Naum Goba.

Aliran Neo-Klasik

Adapun tokoh dalam aliran Neo-Klasik ini adalah Jean August Dominique Ingres.

      Itulah pembahasan kami tentang beberapa Tokoh Pelopor Aliran Seni Rupa yang dapat kami bagikan kali ini. Kami berharap semoga postingan kami tentang Tokoh Pelopor Aliran Seni Rupa  diatas dapat bermanfaat bagi kita dalam bidang seni rupa.

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *