Tidur Siang Meningkatkan Kecerdasan

Tidur Siang Meningkatkan Kecerdasan

Tidur Siang Meningkatkan Kecerdasan

Tidur Siang Meningkatkan Kecerdasan

      Ko’ bisa sich Tidur Siang Meningkatkan Kecerdasan? Mungkin teman-teman merasa kurang yakin dengan pengaruh tidur siang terhadap peningkatan kecerdasan. Namun itu yang dapat kami reasakan sendiri, ketika bangun tidur pada siang hari kami merasakan fikiran kami lebih fresh sehingga kami tidak lupa untuk mengusaakan tidur siang walau hanya beberapa menit. (Baca juga : Kandungan Gizi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna)

      Berdasarkan hasil penelitian yang dikutip dari harian kompas, selain dapat membuat kondisi fisik tubuh agar lebih fresh setelah setengah hari menjalankan rutinitas pekerjaan, ternyata dengan tidur siang juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak dan konsentrasi.

      Dari penelitian tersebut durasi tidur siang yang kurang dari 30 menit sudah cukup dapat membantu menyehatkan otak kita, bahkan tidur siang juga dapat menghindari stress jika dilakukan secara berkesinambungan dan teratur.

      Dan sebagai informasi tambahan…jika manfaat tidur siang sangat bagus bagi kesehatan, maka sebaliknya jika dalam kondisi mengantuk tapi mata tetep dipaksakan terbuka (bekerja), akan dapat menimbulkan efek negatif yaitu mengurangi kinerja otak kita ketika diajak berfikir.

      Secara lebih exact-nya dari penelitian yang dipimpin oleh Matthew Walker di UC Berkely tersebut, jika sering melakukan kebiasaan begadang, menurut kalkulasi riset diperkirakan dapat mengurangi kemampuan otak untuk menerima informasi yang baru hingga mencapai 40%. Hal ini sesebabkan karena sewaktu otak kehilangan waktu yang seharusnya dipakai istirahat maka akan memicu penutupan bagian-bagian otak sendiri. (Baca juga artikel lain pada : Keindahan Alam Ciptaan Tuhan)

      Penelitian itu memang sudah terbukti kawan, karena banyak pemimpin-pemimpin dunia yang notabene terkenal dengan kecerdasanya selalu berusaha untuk meluangkan waktunya untuk tidur siang. Seperti mantan perdana menteri Inggris Margaret Thacher yang memiliki kebiasaan tidur cukup 4 jam di malam hari dan selalu menyempatkan tidur siang beberapa menit. Mantan Presiden RI BJ. Habibie juga memiliki kebiasaan tidur siang , hal yang sama juga dilakuakan oleh Bill Clinton. Dan tokoh-tokoh lain tentunya. (Baca juga artikel lain pada : Soal UKK Prakarya Kelas 7 SMP Bagian 1)

      Nah, dari penjelasan singkat tentang Tidur Siang Meningkatkan Kecerdasan tersebut, apakah teman-teman masih ragu akan manfaat tidur siang???? Maka kami sarankan pada teman-teman semua untuk menyempatkan tidur siang walau hanya beberapa menit saja, itu sudah cukup kok!!!

      Semoga tulisan sederhana tentang Tidur Siang Meningkatkan Kecerdasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. (Baca juga artikel lain pada : Nasihat Indah untuk Kaum Wanita)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *