Teknik Start Melayang Dalam Lomba Lari

Teknik Start Melayang Dalam Lomba Lari

Teknik Start Melayang Dalam Lomba Lari

Teknik Start Melayang Dalam Lomba Lari

       Dalam pembahasan yang lalu telah kita pelajari tentang Teknik start jongkok dan start berdiri dalam pertandingan atau lomba lari. Dan kini kita lanjutkan pembahasan kita tentang Teknik start yang lain dalam lomba lari yaitu Teknik Start Melayang Dalam Lomba Lari. (Baca juga : Teknik Start Berdiri Dalam Lomba Lari)

       Ada beberapa macam nomor lari yang dipertandingkan ataupun permainan cabang lari.baik itu lari jarak pendek, menengah, jauh dan lari sambung. Dan agar dapat memaksimalkan dalam lomba lari, maka perlu menggunakan Teknik start yang tepat agar mencapai hasil yang maksimal dalam lomba lari tersebut

       Start adalah posisi awal dari seorang pelari dalam mempersiapkan diri sebelum melakukan lari.

       Pada dasarnya teknik Start dalam nomor lari terbagi atas tiga jenis Start yaitu Start Jongkok, Start berdiri dan Start Melayang.

       Ketiga jenis Start ini digunakan untuk nomor lari yang berbeda – beda, contohnya lari jarak pendek menggunakan tehnik start jongkok dan lari jarak jauh menggunakan tehnik start berdiri, Start melayang biasa di gunakan dalam cabang olahraga lari sambung (estafet). (Baca juga artikel lain pada : Percakapan Antara Anak dan Induk Ayam)

       Start melayang atau yang Bahasa Inggrisnya disebut dengan Flying Start ini berbeda dengan start berdiri atau start jongkok. Start melayang digunakan untuk pelari kedua, pelari ketiga, dan pelari keempat dalam lari estafet sedangkan pelari pertama akan menggunakan start jongkok. Lari estafet, yang biasanya juga disebut lari sambung, adalah salah satu perlombaan lari yang berjarak 400 meter dalam 4 pergantian tongkat estafet. Sehingga satu pelari akan menempuh jarak lari sebesar 100 m.

       Start melayang juga mempunyai teknik sendiri untuk melakukannya. Cara non-visual adalah salah satu cara yang paling sering digunakan oleh pelari estafet yang memang sudah mengenal ciri dan karakter pelari lainnya. Cara ini digunakan pada lari sambung dengan lintasan 4 x 100 meter. Pada cara non-visual ini, pelari tidak akan melihat tongkat yang diterimanya dari pelari lain.

       Sedangkan cara yang lainnya adalah lawan dari non-visual, yaitu cara visual. Pelari akan menerima tongkat ketika berlari dengan melihat tongkat yang diberikan oleh pelari lain kepadanya. Teknik visual ini biasanya digunakan ada nomor lari lain, yaitu 4 x 400 meter. (Baca juga artikel lain pada : Akhir Cerita Menggores Luka)

       Start melayang disini berarti dilakukan sambil berlari atau melayang. Pelari setelah mendapatkan tongkat estafet akan berlari sekencang-kencangnya menuju ke pelari selanjutnya atau menuju ke garis finish jika pelari tersebut adalah pelari ke empat.

       Suatu hal yang perlu mendapat perhatian sebelum melakukan start ialah pemanasan dengan sebaik-baiknya, merangsang persendian dan meregang otot-otot. Hal itu dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya cidera otot.

       Demikian informasi tentang Teknik Start Melayang Dalam Lomba Lari yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Teknik Start Melayang Dalam Lomba Lari diatas dapat bermanfaat bagi siapapun yang ingin mempelajari dan memahami tentang Teknik Start Melayang Dalam Lomba Lari. (Baca juga artikel lain pada : Soal USBN Seni Budaya SMA Bagian 1)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *