Teknik Start Berdiri Dalam Lomba Lari

Teknik Start Berdiri Dalam Lomba Lari

Teknik Start Berdiri Dalam Lomba Lari

Teknik Start Berdiri Dalam Lomba Lari

       Dalam pembahasan yang lalu telah kita ketahui bahwa Lari adalah salah satu cabang olahraga tertua di dunia. Sebelum menjadi sebuah cabang olahraga, lari sudah dikenal oleh peradaban-peradaban manusia sejak zaman kuno.

       Ada beberapa macam nomor lari yang dipertandingkan ataupun permainan cabang lari.baik itu lari jarak pendek, menengah, jauh dan lari sambung. Dan agar dapat memaksimalkan dalam lomba lari, maka perlu menggunakan Teknik start yang tepat agar mencapai hasil yang maksimal dalam lomba lari tersebut. (Baca juga : Teknik Start Jongkok Lari Jarak Pendek)

       Start adalah posisi awal dari seorang pelari dalam mempersiapkan diri sebelum melakukan lari.

       Pada dasarnya teknik Start dalam nomor lari terbagi atas tiga jenis Start yaitu Start Jongkok, Start berdiri dan Start Melayang.

       Ketiga jenis Start ini digunakan untuk nomor lari yang berbeda – beda, contohnya lari jarak pendek menggunakan tehnik start jongkok dan lari jarak jauh menggunakan tehnik start berdiri, Start melayang biasa di gunakan dalam cabang olahraga lari sambung (estafet).

       Start berdiri, yang dalam Bahasa inggrisnya disebut dengan standing start, dilakukan oleh pelari yang berlari pada jarak menengah dan pelari dalam jarak jauh. Panjang lintasan yang digunakan adalah 800 meter, 1500 meter, 5000 meter dan 10.000 meter. Gerakan start ini pun memiliki teknik tersendiri. Pada lari jarak menengah, ada tiga nomor lari yang diperlombakan. Pertama adalah nomor lari jarak 800 meter, 1500 meter, dan 3000 meter. (Baca juga artikel lain pada : Soal USBN Penjaskes SMP Bagian 1)

       Pada lari jarak menengah yang perlu di perhatikan adalah kecepatan dan kekuatan atau stamina dari pelari tersebut. Yang memegang peranan penting dalam keberhasilan lari jarak menengah adalah permulaan atau awalan ketika pelari tersebut melakukan start.

Teknik yang perlu diperhatikan untuk melakukan start berdiri antara lain adalah:

  • Sikap start dalam start berdiri ini adalah ketika saat aba-aba bersedia diberikan, maka pelari maju ke depan dengan meletakkan salah satu kaki di depan.
  • Berdiri di garis start dengan kaki kiri di depan dan lutut sedikit ditekuk. Kaki kanan otomatis ada di belakang dengan tumit diangkat. Jika yang didepan adalah kaki kanan dan lutut sedikit ditekuk. Kaki kiri otomatis ada di belakang dengan tumit diangkat.
  • Jarak yang baik antara kedua kaki adalah tidak terlalu jauh.
  • Badan sedikit condong ke depan dengan kepala, leher dan punggung membentuk sebuah garis. (Baca juga artikel lain pada : Kakek Penyemangat Hidupku)
  • Kedua tangan dalam posisi yang normal.
  • Lemaskan kedua lengan dan bengkokkan sikut sedikit, letakkan lengan di dekat badan Anda.
  • Atur pandangan agar tetap mengarah ke depan, selalu fokus dan rileks.

       Suatu hal yang perlu mendapat perhatian sebelum melakukan start ialah pemanasan dengan sebaik-baiknya, merangsang persendian dan meregang otot-otot. Hal itu dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya cidera otot.

       Demikian informasi tentang Teknik Start Berdiri Dalam Lomba Lari yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Teknik Start Berdiri Dalam Lomba Lari diatas dapat bermanfaat bagi siapapun yang ingin mempelajari dan memahami tentang Teknik Start Berdiri Dalam Lomba Lari. (Baca juga artikel lain pada : ANTARA CINTA DAN KENTUT)

You may also like...

1 Response

  1. […]        Dalam pembahasan yang lalu telah kita pelajari tentang Teknik start jongkok dan start berdiri dalam pertandingan atau lomba lari. Dan kini kita lanjutkan pembahasan kita tentang Teknik start yang lain dalam lomba lari yaitu Teknik Start Melayang Dalam Lomba Lari. (Baca juga : Teknik Start Berdiri Dalam Lomba Lari) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *