Tari Remo Tarian Tradisional Jawa Timur

Tari Remo Tarian Tradisional Jawa Timur

Tari Remo Tarian Tradisional Jawa Timur

Tari Remo Tarian Tradisional Jawa Timur

       Tari tradisional yang beraneka ragam di Indonesia merupakan sebuah kekayaan kebudayaan bangsa Indonesia. Tarian dari setiap daerah di nusantara memiliki nama dan sifat tari yang berbeda-beda. Diantaranya yaitu seni tari dari daerah Jawa timur, salah satu tari tradisional yang ada di daerah ini yaitu Tari Remo. Berikut ini akan dibahas mengenai Tari Remo, sebuah tarian khas dari Jawa Timur, yang patut kita lestarikan. (Baca juga : Tari Andun Tarian Tradisional Bengkulu)

Sejarah Asal-usul Tari Remo

       Dalam sejarahnya, Tari Remo ini diciptakan oleh orang-orang yang berprofesi sebagai penari keliling (tledhek) di Desa Ceweng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Pada perkembangan selanjutnya, seiring berkembangnya kesenian Ludruk di tengah masyarakat sekitar abad ke 19, Tari Remo digunakan menjadi tarian pembuka dari pentas pertunjukan Ludruk. Sebelum seorang pemain Ludruk membawakan kidungan dan parikan, Tari Remo ditampilkan sebagai pembuka dan ucapan selamat datang bagi para hadirin yang menyaksikan. Begitu lekatnya Ludruk dengan Tari Remo, sehingga kedua produk seni tersebut menyatu menjadi sebuah paket pertunjukan yang masing-masing tidak bisa dipisahkan. Setelah Indonesia merdeka, lambat laun fungsi dan posisi Tari Remo semakin berkembang. Tari Remo kini sering digunakan sebagai tarian penyambutan tamu-tamu istimewa, seperti pejabat, delegasi asing, dan lain sebagainya.

.       Awalnya, Tari Remo adalah tarian yang khusus dibawakan oleh kaum pria. Hal ini berkaitan dengan cerita atau tema dari Tari Remo itu sendiri. Tari Remo bercerita tentang kepahlawanan seorang pangeran yang berjuang dalam medan pertempuran. Untuk itu, sisi maskulin dalam Tari Remo sangat ditonjolkan. Namun dalam perkembangannya, banyak kaum perempuan yang tertarik untuk belajar dan membawakan Tari Remo, bahkan kini Tari Remo banyak ditarikan oleh perempuan. Walaupun demikian, busana ala pria yang digunakan sebagai kostum Tari Remo tidak banyak diubah, meski yang menarikannya seorang perempuan. (Baca juga artikel lain pada : Soal USBN Seni Budaya SMA Bagian 1)

Tata Gerak Tari Remo

       Karakteristik yang paling utama dari Tari Remo adalah gerakan kaki yang rancak dan dinamis. Gerakan ini didukung dengan adanya lonceng-lonceng kecil (binggel) yang dipasang di pergelangan kaki. Lonceng ini berbunyi saat penari melangkah atau menghentak di panggung. Selain itu, karakteristika yang lain yakni gerakan selendang atau sampur, gerakan anggukan dan gelengan kepala, ekspresi wajah, dan kuda-kuda penari membuat tarian ini semakin atraktif.

Alat Musik dalam Tari Remo

       Tari Remo diiringi dengan musik gamelan dalam suatu gending yang terdiri dari bonang, saron, gambang, gender, slentem, siter, seruling, ketuk, kenong, kempul dan gong dan irama slendro. Biasanya menggunakan irama gending jula-juli Suroboyo tropongan, kadang kadang diteruskan dengan walang kekek, gedong rancak, krucilan atau kreasi baru lainnya.

       Tari remo dapat ditarikan dengan gaya wanita atau gaya pria baik di tampilkan secara bersama-sama atau bergantian. (Baca juga artikel lain pada : PATTERN PAST FUTURE TENSE)

Tata Busana Tari Remo

       Busana dari penari Remo ada berbagai macam gaya, di antaranya: Gaya Sawunggaling, Surabayan, Malangan, dan Jombangan. Selain itu terdapat pula busana yang khas dipakai bagi Tari Remo gaya perempuan. Penarinya menggunakan jenis kostum yaitu sawonggaling atau gaya surabaya yang terdiri dari bagian atas hitam yang menghadirkan pakaian abad 18, celana bludru hitam dengan hiasan emas dan batik, dipinggang ada sebuah sabuk dan keris, dipaha kanan ada selendang menggantung sampai kemata kaki. Penari perempuan memakai simpul(sanggul) di rambutnya.

       Itulah pembahasan singkat tentang Tari Remo Tarian Tradisional Jawa Timur yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga bahasan singkat tentang Tari Remo Tarian Tradisional Jawa Timur diatas dapat mebawa manfaat bagi kita untuk mengenal lebih dalam tentang Tari Remo Tarian Tradisional Jawa Timur. (Baca juga artikel lain pada : Tatapan Indah Membuat Bahagia

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[smartslider3 slider=2]