Tari Andun Tarian Tradisional Bengkulu

Tari Andun Tarian Tradisional Bengkulu

Tari Andun Tarian Tradisional Bengkulu

Tari Andun Tarian Tradisional Bengkulu

       Indonesia kaya akan tradisi serta tarian khas dari berbagai daerah. Bengkulu menjadi salah satu kota dengan berbagai macam kebudayaan hingga tarian khas yang sampai sekarang masih terus dilakukan oleh masyarakatnya. Salah satu tarian bernama Andun adalah suatu budaya tradisional Bengkulu sehingga dari aspek-aspek penting di dalamnya sangat menarik untuk diulas. (Baca juga : Sejarah Perkembangan Marching Band di Indonesia)

       Tari Andun merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Bengkulu. Tarian ini termasuk ke dalam jenis tarian pergaulan yang umumnya ditampilkan oleh para penari pria dan penari wanita. Tari Andun ini merupakan tarian tradisional yang cukup terkenal di Provinsi Bengkulu, terutama di Kabupaten Bengkulu Selatan. Tarian ini umumnya kerap ditampilkan diberbagai acara seperti penyambutan tamu, acara adat, maupun acara kebudayaan yang diselenggarakan disana.

Sejarah dan Perkembangan Tari Andun

       Menurut sejarahnya, Tari Andun dulunya merupakan salah satu tarian tradisi masyarakat Bengkulu yang sering ditampilkan pada acara adat, terutama pada pesta panen raya. Tarian ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat akan hasil panen yang mereka dapatkan. Dalam acara tersebut biasanya diikuti oleh semua masyarakat, terutama para pemuda pemudi. Konon selain menjadi tarian pergaulan, tarian ini juga menjadi media mencari jodoh atau pasangan hidup bagi para kaum muda. (Baca juga artikel lain pada : Memendam Rasa Cinta)

       Seiring dengan berjalannya waktu, tarian ini mulai berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas. Dalam perkembangannya, Tari Andun tidak hanya ditampilkan pada acara panen raya saja, namun juga sering ditampilkan untuk memeriahkan berbagai acara, seperti pernikahan adat, penyambutan, dan acara besar lainnya.

Musik Pengiring dan Kostum Tari Andun

       Dalam pertunjukannya, Tari Andun ini biasanya akan diiringi oleh alunan musik tradisional seperti gendang, gong, dan musik kolintang khas Provinsi Bengkulu. Alat musik pengiring tersebut dimainkan secara padu oleh kelompok pengiring, sehingga akan menghasilkan alunan musik yang sangat khas. Sedangkan untuk iramanya sendiri, tarian ini akan diiringi oleh irama bertempo cepat. (Baca juga artikel lain pada : Soal Pilihan Ganda tentang Seni Suara)

       Untuk kostum pada Tari Andun umumnya akan disesuaikan dengan kebutuhan atau acara. Untuk acara adat para penari biasanya akan memakai busana bebas tetapi tetap sopan. Sedangkan untuk acara pertunjukan tari, para penari biasanya akan memakai pakaian tradisional khas Provinsi Bengkulu.

       Itulah postingan kami tentang Tari Andun Tarian Tradisional Bengkulu yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Tari Andun Tarian Tradisional Bengkulu diatas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang keanekaragaman budaya tanah air kita, terutama tentang keanekaragaman tarian tradisional di nusantara. (Baca juga artikel lain pada : Gita Cinta dalam Balutan Rindu)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *