"> Saksi Sejarah Dibalik Jabal Tsur - Berbagi itu Indah

Saksi Sejarah Dibalik Jabal Tsur

Saksi Sejarah Dibalik Jabal Tsur

Saksi Sejarah Dibalik Jabal Tsur

Saksi Sejarah Dibalik Jabal Tsur

       Ketika memandang lepas di Kota Makkah, terlihat beberapa bukit batu. Di antara dataran tinggi bebatuan tersebut, tepatnya jika memandang ke arah selatan, ada bukit yang menjadi saksi sejarah keajaiban yang diberikan Allah SWT kepada Rasulullah SAW. Bukit tersebut adalah Jabal Tsur. Dan di puncaknya, ada sebuah gua yang sangat bersejarah, yakni Gua Tsur. (Baca juga : Ceramah Full Kocak Gus Miftah Agama dan Pancasila)

Inilah Video tentang Jabal Tsur :

Jangan lupa untuk di share, like dan Subscribe YouTube kami

       Keistimewaan Jabal Tsur dijelaskan oleh KH. Drs. Saiful Huda. Menurut beliau, Jabal Tsur (atau Gunung Tsur) adalah tempat persinggahan atau transit Rasulullah, Nabi Muhammad SAW ketika melakukan hijrah dari Mekkah menuju Madinah. Dimana di tempat ini terdapat goa yang digunakan oleh Rasulullah sebagai tempat persembunyian dari kejaran orang-orang kafir Quraisy.

        Pada saat melaksanakan hijrah, Rasulullah SAW ditemani oleh Sayyidina Abu Bakar, RA. Di goa tsur ini Rasulullah Bersama sahabat Sayyidina Abu Bakar, RA bersembunyi selama tiga hari. Dan ketika ditmpat inilah Sayyidina Abu Bakar diuji oleh Allah ats kesetiaan kepada Rasulullah, keimanan dan ketaqwaannya yaitu beliau digigit atau disengat oleh kalajengking. (Baca juga artikel lain pada : Brief History of Borobudur Temple)

       Disaat itulah Sayyidina Abu Bakar benar-benar teruji kekuatan imannya. Beliau tidak bergerak sama sekali dan juga tidak berteriak atas rasa sakit yang di deritanya. Bahkan pada waktu itu Sayyidina Abu Bakar, RA dalam posisi duduk, sedangkan Rasulullah SAW tidur dengan posisi kepala beliau dipangkuan Sayyidina Abu Bakar, RA.

       Karena menahan rasa sakit yang sangat dan tidak mengeluarkan sepatah katapun sampai sayyidina Abu Bakar, RA meneteskan air mata. Disaat sayyidina Abu Bakar meneteskan air mata itulah air matanya jatuh ke pipi Rasulullah sehingga membuat Rasulullah SAW terbangun. Akhirnya Sayyidina Abu Bakar ditanya oleh Rasulullah mengapa Sayyidina Abu Bakar menangis, lalu Sayyidana menjawab bahwa Sayyidina Abu Bakar digigit oleh sesuatu hewan. Setelah mendengar jawaban tersebut, Rasulullah melakukan sesuatu yang istimewa yaitu mengobati Sayyidina Abu Bakar dengan air liur Rasulullah, dan hanya dioleskan saja, luka Abu Bakar sembuh dan tidak terasa sakit. Itulah salah satu mukjizat Rasulullah. (Baca juga artikel lain pada : Kemana Perginya Alam Yang Lestari)

       Pada waktu bersembunyi ini juga ada mukjizat lainnya yang diberikan oleh Allah, yaitu yang pertama berupa sarang laba-laba yang ada di goa, yang mana ketika dimasuki oleh Rasulullah dan Sayyidina Abu Bakar, sarang laba-laba yang menutupi goa tersebut menjadi rusak, tetapi begitu Rasulullah dan Sayyidina Abu Bakar berada di dalam goa, sarang tersebut dibangun kembali oleh laba-laba dan kembali utuh seperti semula. Mukjizat  yang kedua adalah adanya merpati yang bertelur di sarangnya dan merpati tersebut tidak pergi dari sarangnya dan tetap mengerami telurnya ketika Rasulullah dan Sayyidina Abu Bakar masuk ke dalam goa. Sehingga dari kedua kejadian pada kedua jenis binatang tersebut yang membuat orang-orang kafir quraisy mengira bahwa tidak mungkin Rasulullah berada di dalam goa tersebut. Itulah keistimewaan yang diberikan oleh Allah kepada Rasulullah ketika Rasulullah berada di dalam goa Tsur.

       Itulah postingan religi tentang Saksi Sejarah Dibalik Jabal Tsur yang dijelaskan oleh KH. Drs. Saiful Huda yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga kita dapat memperoleh ilmu dan meningkatkan iman kita dari penjelasan dan video tentang Saksi Sejarah Dibalik Jabal Tsur diatas. (Baca juga artikel lain pada : Soal PAS Matematika Kelas 10 Semester 1)

Lihat juga artikel lain dalam video pada:

[metaslider id=2694]

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *