Rumus Pola Bilangan Persegi Panjang

Rumus Pola Bilangan Persegi Panjang

Rumus Pola Bilangan Persegi Panjang

Rumus Pola Bilangan Persegi Panjang

      Ada beberapa pola bilangan dalam matematika yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah pola bilangan ganjil, pola bilangan genap, pola bilangan persegi Panjang, pola bilangan segitiga, pola bilangan Fibonacci, dan lain-lain. Dan pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah Pola Bilangan Persegi Panjang beserta rumus dan contoh soalnya. (Pelajari juga : Rumus Pola Bilangan Bujur Sangkar)

      Namun sebelum kita mempelajari tentang Pola Bilangan Persegi Panjang, alangkah lebih baiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dari pola bilangan itu sendiri. Pola bilangan adalah suatu susunan bilangan yang memiliki bentuk teratur atau suatu bilangan yang tersusun dari beberapa bilangan lain yang membentuk suatu pola.

      Sedangkan Pola bilangan persegi Panjang yaitu pola atau susunan bilangan yang terbentuk dari bilangan – bilangan yang membentuk suatu pola persegi Panjang. Deret bilangan dari pola bilangan persegi Panjang adalah 2, 6, 12, 20, 30, 42, . . . . dan seterusnyanya. 

      Nah, setelah kita mengetahui pengertian dari pola bilangan Persegi Panjang, kini saatnya kita mengetahui Rumus Pola Bilangan Persegi Panjang beserta contoh soal dan pembahasannya. (Baca juga artikel lain pada : Soal Olimpiade Matematika SD)

Rumus Pola Bilangan Persegi Panjang dan contohnya:

      Sebagaimana telah kita ketahui bahwa pola bilangan Persegi Panjang adalah pola bilangan yang membentuk pola persegi Panjang, maka pola bilangan Persegi Panjang adalah:  2, 6, 12, 20, 30, 42, . . . . . yang mana suku selanjutnya adalah n atau

2, 6, 12, 20, 30, 42, , . . . . . , n

Maka Rumus Pola Bilangan Perseg Panjang i ke n adalah :

Un = n(n + 1)

Contoh soal 1:

Dari suatu barisan bilangan 2, 6, 12, 20, 30, 42,  . . . . . ke 15

Berapakah pola bilangan persegi Panjang ke 15?

jawab :

Un = n(n + 1)

U15 = 15(15 + 1)

       = 15 x 16

        = 240

Maka pola bilangan Persegi Panjang ke 15 adalah 240

Contoh soal 2:

Berapakah pola bilangan persegi Panjang ke 25?

jawab :

Un = n(n + 1)

U25 = 25(25 + 1)

       = 25 x 26

        = 650

Maka pola bilangan Persegi Panjang ke 25 adalah 650. (Baca juga artikel lain pada : Menunggu Dia Dalam Rindu)

Contoh soal 3:

Berapakah pola bilangan persegi Panjang ke 37?

jawab :

Un = n(n + 1)

U37 = 37(37 + 1)

       = 37 x 38

        = 1.406

Maka pola bilangan Persegi Panjang ke 37 adalah 1.406

      Itulah materi pelajaran tentang Rumus Pola Bilangan Persegi Panjang beserta contoh soal serta pembahasannya yang dapat kami sharing dalam kesempatan kali ini dengan harapan semoga ulasan materi pembelajaran diatas dapat bermanfaat bagi adik-adik semua untuk lebih mudah dalam mencari jawaban atas soal tentang pola bilangan persegi panjang. (Lihat juga materi pelajaran lain dalam versi bahasa Inggris pada : Expression of Calling on the Phone)

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[smartslider3 slider=2]