Rumus Pola Bilangan Genap

Rumus Pola Bilangan Genap

Rumus Pola Bilangan Genap

Rumus Pola Bilangan Genap

      Ada beberapa pola bilangan dalam matematika yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah pola bilangan ganjil, pola bilangan genap, pola bilangan segitiga, pola bilangan Fibonacci, dan lain-lain. Dan pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah Pola Bilangan Genap berkenaan dengan rumus dan contoh soal beserta pembahasannya. (pelajari juga materi lain pada : Rumus Pola Bilangan Ganjil)

      Namun sebelum kita mempelajari tentang Pola Bilangan Genap, alangkah lebih baiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dari pola bilangan itu sendiri. Pola bilangan adalah suatu susunan bilangan yang memiliki bentuk teratur atau suatu bilangan yang tersusun dari beberapa bilangan lain yang membentuk suatu pola.

      Sedangkan Pola bilangan genap yaitu pola atau susunan bilangan yang terbentuk dari bilangan – bilangan genap. Sedangkan pengertian dari bilangan genap sendiri memiliki arti suatu bilangan asli yang habis dibagi dua ataupun kelipatannya. 

      Nah, setelah kita mengetahui pengertian dari pola bilangan genap, kini saatnya kita mengetahui dan menerapkan Rumus Pola Bilangan Genap beserta contoh soal dan pembahasannya. (Baca juga artikel lain pada : UTS Matematika Kelas 8 Semester Ganjil)

Rumus Pola Bilangan Genap dan contohnya:

      Sebagaimana telah kita ketahui bahwa pola bilangan genap adalah pola bilangan yang terbentuk dari bilangan-bilangan genap, maka pola bilangan genap adalah: 2, 4, 6, 8, 10 . . . . . yang mana suku selanjutnya adalah n atau 2, 4, 6, 8, 10, . . . . ., n

Maka Rumus Pola Bilangan Genap ke n adalah :

Un = 2n

Contoh soal1:

2, 4, 6, 8, 10, . . . . ke 8

Berapakah pola bilangan genap ke 8?

jawab :

Un = 2n

U8 = 2(8)

= 2 x 8

= 16

Maka pola bilangan genap ke 8 adalah 16

Contoh soal 2:

Berapakah pola bilangan genap ke 35? (Baca juga artikel lain pada : TANJUNG PAPUMA BEACH JEMBER)

jawab :

Un = 2n

U35 = 2(35)

= 2 x 35

= 70

Maka pola bilangan genap ke 35 adalah 70

Contoh soal3:

Berapakah pola bilangan genap ke 246?

jawab :

Un = 2n

U246 = 2(246)

= 2 x 246

= 492

Maka pola bilangan genap ke 246 adalah 492

      Itulah materi tentang Rumus Pola Bilangan Genap beserta contoh soal serta pembahasannya yang dapat kami sharing dalam kesempatan kali ini dengan harapan semoga ulasan materi diatas dapat bermanfaat bagi adik-adik semua untuk mempermudah dalam menerapkan pola bilangan genap. (baca juga artikel lain pada : Matematika Anak Pintar)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[smartslider3 slider=2]