"> Rasa Empati Perilaku Menolong Orang Lain - Berbagi itu Indah

Rasa Empati Perilaku Menolong Orang Lain

Rasa Empati Perilaku Menolong Orang Lain

Rasa Empati Perilaku Menolong Orang Lain

Rasa Empati Perilaku Menolong Orang Lain

      Sebagaimana telah kita fahami bahwa Empati adalah kemampuan dengan berbagai definisi yang berbeda yang mencakup spektrum yang luas, berkisar pada orang lain yang menciptakan keinginan untuk menolong sesama, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, mengaburkan garis antara diri dan orang lain. (Baca juga : Pengertian Hak Asasi Manusia atau HAM)

       Kita juga mengetahui bahwa Empati dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk memahami orang lain dengan memposisikan diri sebagai orang lain tersebut. Dengan kata lain, empati berarti kemampuan manusia untuk bisa merespon keinginan orang lain yang tidak terucap secara lisan. Arti kata empati ini berbeda dengan pengertian simpati. Jika simpati lebih menitik beratkan pada perilaku yang “menurut kita baik”, maka empati adalah sikap yang “orang lain ingin kita lakukan”. Perbedaan arti antara empati dan simpati ini juga akan memengaruhi perbedaan tindakan yang akan kita ambil. Jika simpati biasanya hanya berhenti pada rasa iba, maka empati akan berlanjut pada tindakan membantu. (Baca juga artikel lain pada : Love Hope is Illusion)

       Berkaitan dengan Rasa Empati dalam implementasi di kehidupan sehari-hari maka dibawah ini akan kami bagikan salah satu video VLOG yang berkaitan dengan video pembelajaran / Pendidikan materi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu materi tentang Rasa Empati beserta contoh-contoh perasaan dan implementasi dalam perbuatan dalam menolong atau membantu sesama yang terjadi karena adanya Rasa Empati pada sesama atau orang lain. Video ini dipresentasikan oleh beberapa siswa – siswi SMPN 1 Tarik, yaitu EIFELLYNE PUTRI W, DHEALOVA CHYNTYA P, ANANTI GADIS S, LURIANITA MEGA AN, M. AKHSANUL K dan HIDAYATULLAH HAQIQI, yang merupakan siswa – siswi kelas 7C SMP Negeri 1 Tarik, kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. (Baca juga artikel lain pada : History of Madiun Regency)

Inilah video tentag Rasa Empati pada Sesama :

Jangan lupa untuk Subscribe, Like dan Share Video ini dari YouTube kami :

       Dengan melihat video pembelajaran tentang Rasa Empati diatas, kami berharap kita dapat menerapkan perasaan empati kita dalam membantu mengurangi beban orang lain disekitar kita

       Itulah postingan kami tentang Rasa Empati dalam Perilaku Menolong Orang Lain yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Rasa Empati diatas dapat bermanfaat bagi kita, terutama dalam implementasinya dikehidupan sehari-hari. (Baca juga artikel lain pada : Soal PTS Prakarya dan KWU Kelas 10 Semester 1)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *