Proses Terjadinya Angin Darat dan Angin Laut

Proses Terjadinya Angin Darat dan Angin Laut

Proses Terjadinya Angin Darat dan Angin Laut

Proses Terjadinya Angin Darat dan Angin Laut

       Sebagaimana telah kita bahas pada postingan sebelumnya bahwa angin adalah gerakan udara mendatar atau sejajar dengan permukaan bumi yang terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara antara satu tempat dengan tempat yang lainnya. Pengertian lain dari angin adalah aliran udara dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah. (Baca juga : Pengertian dan Jenis Angin)

       Dan untuk kali ini akan kita diskusikan sebagian jenis angin yaitu tentang angin darat dan angin laut, baik itu tentang pengertian, manfaat atau fungsinya, maupun terjadinya.

Pengertian Angin Darat dan Angin Laut

       Angin Darat dan Angin Laut merupakan angin yang bergerak pada sekitaran daerah darat dan laut.

Angin Darat

       Angin Darat adalah jenis angin yang bergerak dari daratan menuju ke lautan yang terjadi pada waktu malam hari.

Angin Laut

       Angin laut adalah jenis angin yang bergerak dari lautan menuju ke daratan yang terjadi pada waktu siang hari. (Baca juga artikel lain pada : Siap Menjadi Pendamping Calon Imamku)

Proses Terjadinya Angin Darat dan Angin Laut

       Proses terjadinya disebabkan oleh beda sifat fisis antara permukaan darat dan laut. Yaitu perbedaan sifat antara daratan dan lautan dalam menyerap dan melepaskan energi panas matahari. Daratan menyerap dan melepas energi panas lebih cepat daripada lautan. Periode angin darat dan angin laut adalah harian.

Proses terjadinya Angin Darat

       Sifat daratan yang cepat menyerap panas sekaligus cepat melepaskan panas menyebabkan suhu daratan lebih cepat dingin dibanding lautan di malam hari. Daratan menjadi daerah yang mempunyai tekanan tinggi (maksimum), sedangkan laut menjadi daerah yang mempunyai tekanan rendah (minimum) sehingga menyebabkan angin bergerak dari daratan ke lautan. (Baca juga artikel lain pada : Enraged Blind Man)

       Karena itulah Angin darat digunakan oleh para nelayan untuk berangkat mencari ikan ke laut di malam hari.

Proses terjadinya Angin Laut

       Sifat lautan yang lambat menyerap panas dan lambat melepaskannya menyebabkan suhu lautan lebih dingin dibanding daratan di siang hari. Hal tersebut mengakibatkan laut menjadi daerah yang bertekanan tinggi (maksimum) sedangkan daratan menjadi daerah bertekanan rendah (minimum) sehingga menyebabkan angin bergerak dari lautan menuju daratan.

       Karena itulah Angin laut sering digunakan oleh para nelayan untuk pulang dari laut di siang hari.

       Itulah postingan kami tentang Proses Terjadinya Angin Darat dan Angin Laut yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang Angin Darat dan Angin Laut. (Baca juga artikel lain pada : UAS PAI Kelas 11 Semester 2)

You may also like...

2 Responses

  1. […] C. We often use the past continuous and the past simple tense together. When this happens, the past continuous describes a longer, ‘background’ action or situation and the past simple describes the action or events. (Also read other article at : Proses Terjadinya Angin Darat dan Angin Laut) […]

  2. […]        Sebagaimana telah kita bahas dalam postingan sebelumnya tentang Pengertian dan Jenis Angin, bahwa ANGIN adalah gerakan udara mendatar atau sejajar dengan permukaan bumi yang terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara antara satu tempat dengan tempat yang lainnya. Pengertian lain dari angin adalah aliran udara dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah. Sedangkan dari beberapa jenis angin, yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah tentang Angin Fohn, dalam hal ini yang akan kita bahas adalah tentang Pengertian dan Macam-macam Angin Fohn yang ada di Indonesia dan negara lain. (Baca juga : Proses Terjadinya Angin Darat dan Angin Laut) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *