Prinsip Pengolahan Limbah Organik

Prinsip Pengolahan Limbah Organik

Prinsip Pengolahan Limbah Organik

Prinsip Pengolahan Limbah Organik

       Sebagaimana telah kita bahas dalam postingan sebelumnya bahwa limbah adalah semua material sisa atau buangan yang berasal dari proses teknologi maupun dari proses alam dimana kehadirannya tidak bermanfaat bagi lingkungan dan tidak memiliki nilai ekonomis. (Baca juga : Pengertian dan Jenis-jenis Limbah Organik)

       Namun sebenarnya limbah tersebut dapat bernilai ekonomis apabila limbah tersebut dikelola dengan baik. Adapaun dalam mengelola limbah tentu diperlukan keahlian dan pengetahuan, terutama dalam mengelolah limbah organik. Supaya dalam pengolahannya dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan berguna sehingga tidak menghasilkan limbah baru. Sebenarnya prinsip ini berlaku juga untuk limbah anorganik. Adapun prinsip-prinsip dalam melakukan pengolahan limbah, diantaranya:

1. Reduce (Mengurangi)

       Salah satu tujuan pengolahan limbah organik yaitu untuk mengurangi atau meminimalisir penggunaan barang yang dapat menghasilkan limbah. Kita harus dapat mengurangi penggunaan barang yang dapat menghasilkan limbah, misalnya kurangi penggunaan kertas dan plastik yang berlebihan. Atau kita dapat mengolah limbah-limbah tersebut menjadi sesuatu yang berguna. (Baca juga artikel lain pada : Rahasia Dibalik Tidak Terkabulnya Doa)

2. Reuse (Menggunakannya kembali)

       Maksudnya gunakanlah barang yang dapat digunakan berulang kali. Misalnya kamu menggunakan kantong belanja dari anyaman bambu atau dari plastik yang awet sehingga bisa digunakan kembali kapan saja. Jadi hindari barang yang sekali pakai.

3. Recycle (Mendaur ulang)

       Mendaur ulang barang yang sudah tidak digunakan, sehingga bisa bermanfaat lagi. Tentunya tidak semua limbah bisa di daur ulang, hanya limbah-limbah tertentu saja. Tapi saat ini banyak barang-barang hasil dari daur ulang limbah, misalnya seperti kantong dari anyaman eceng gondok, dan kerajinan lainnya dari limbah plastik (anorganik). Dengan mendaur ulang limbah maka tentunya kita dapat mengurangi permasalahan yang di timbulkan oleh limbah. (Baca juga artikel lain pada : Beautiful Sunshine In The Morning)

       Selain dijadikan kerajinan, limbah organik juga sering di jadikan pupuk untuk tanaman. Tentunya untuk membuat pupuk dari limbah organik harus memiliki keahlian dan pengetahuan tertentu.

Kesimpulan

       Dari pembahasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa limbah organik adalah limbah yang dapat di uraikan oleh bakteri, sehingga limbah tersebut bisa hancur atau terurai dengan mudah. Biasanya limbah organik berasal dari makhluk hidup. Adapun contoh limbah organik seperti: dedaunan, kotoran hewan, kertas, pohon atau tanaman yang sudah mati, dan sebagainya. Lalu ada 3 cara prinsip pengolahan limbah organik, diantaranya Reduce (Mengurangi), Reuse (Menggunakannya kembali), dan Recycle (Mendaur ulang).

       Itulah postingan materi prakarya tentang Prinsip Pengolahan Limbah Organik yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Prinsip Pengolahan Limbah Organik diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk manambah wawasan kita tentang cara mengelola limbah organik. (Baca juga artikel lain pada : Soal PTS Matematika Kelas 8 Semester 1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[smartslider3 slider=2]