"> Posisi Tugas Pemain dalam Bola Basket - Berbagi itu Indah

Posisi Tugas Pemain dalam Bola Basket

Posisi Tugas Pemain dalam Bola Basket

Posisi Tugas Pemain dalam Bola Basket

Posisi Tugas Pemain dalam Bola Basket

      Permainan bola basket adalah permainan yang sangat dikenal oleh para remaja, terutama oleh para pelajar dan mahasiswa. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi tentang Posisi Tugas Pemain dalam Bola Basket agar kita dapat lebih memahami tentang peran masing-masing pemain dalam permainan bola basket. (baca juga : Istilah yang Terdapat Dalam Permainan Futsal)

Inilah Posisi Tugas Pemain dalam Bola Basket:

1. Point Guard (PG):

Tugas dari Point Guard adalah sebagai pengatur serangan dan biasanya posisi inilah yang pertama kali melakukan passing. Point guard umumnya bertugas sebagai pengatur strategi yang akan digunakan untuk mencapai kemenangan timnya. Selain itu, point guard juga bertugas untuk membawa bola sekaligus melakukan passing pada rekannya. Point guard biasanya diisi oleh mereka yang memiliki badan kecil dan lincah serta jago melakukan dribble. Point guard biasa juga disebut playmaker.

2. Shooting Guard (SG):

Seperti namanya, Shooting Guard adalah orang yang punya tugas sebagai penembak utama dalam tim. Selain itu shooting guard juga dapat melakukan drive ke dalam. Posisi ini memungkinkan pula untuk menjadi small forward yang memiliki kemampuan rebound yang baik. Pemain yang mengisi posisi ini biasanya mereka yang memiliki tubuh besar dengan kemampuan rebound yang lebih baik. Posisi ini merupakan posisi yang biasanya diisi oleh mereka yang pintar melakukan tembakan serta mampu bergerak cepat untuk mencari celah kosong dan menembak. (Baca juga artikel lain pada : Kecewa Membelah Relung Hati)

3. Small Forward (SF):

Small Forward punya tugas mencetak angka. Dengan kata lain seorang SF harus mampu menerobos pertahanan pihak lawan dan melakukan lay-up atau dunk, juga melakukan shoot atau tembakan dari jarak-jarak tertentu. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang punya tekhnik hebat dan jago mencetak angka.

4. Power Forward (PF):

Power Forward tugasnya adalah merebound bola. Rebound sangat penting, jika dalam pertahanan, rebound penting agar bola tak kembali ke tangan musuh. Jika dalam penyerangan, rebound penting untuk kembali menciptakan kesempatan membuat angka. Biasanya posisi Power Forward dipegang oleh mereka yang dapat melakukan lompatan yang tinggi serta mereka yang memiliki badan besar untuk beradu fisik dengan lawan. (Baca juga artikel lain pada : UAS Prakarya Kelas 9 Semester Ganjil Bagian 1)

Center (C):

Center tugasnya di pertahanan dan penyerangan.. Pada pertahanan, ia harus mampu mengamankan ringnya dari tembakan jarak dekat seperti lay-up atau dunk musuh.. sedangkan pada penyerangan, Center harus mampu melihat posisi teman-temannya dan memberikan umpan pada teman yang kosong (karena posisinya di tengah, sehingga mudah memberi umpan ke sisi manapun).. Selain itu dia pun harus kuat beradu fisik dengan musuh untuk mencetak angka di bawah ring.. Posisi ini biasanya dipegang oleh orang yang badannya paling tinggi dan besar.

      Itulah postingan kami tentang Posisi Tugas Pemain dalam Bola Basket yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Posisi Tugas Pemain dalam Bola Basket diatas dapat bermanfaat bagi kita. (baca juga artikel lain pada : BERMAIN SEPAK BOLA DALAM PESAWAT TERBANG)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *