Posisi dan Tugas Pemain dalam Sepak Bola

Posisi dan Tugas Pemain dalam Sepak Bola

Posisi dan Tugas Pemain dalam Sepak Bola

      Dalam pertandingan sepakbola, seetiap tim memiliki sebelas (11) anggota pemain yang masing – masing memiliki kekhususan Posisi dan Tugas yang berbeda-beda sesuai dengan posisinya. Posisi dan Tugas Pemain dalam Sepak Bola tersebut disesuaikan dengan keahliannya masing – masing.

      Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang Posisi dan Tugas Pemain dalam Sepak Bola agar kita mengetahui tidak hanya posisi setiap pemain saja, melainkan juga peran atau tugas pemain tersebut berdasarkan posisi yang disandangnya:

Inilah Posisi dan Tugas Pemain dalam Sepak Bola:

Kiper / penjaga Gawang (Goal Keeper = GK)

      Kiper / penjaga gawang / goalkeeper adalah pemain yang memiliki posisi istimewa, karena hanya dia yang dapat menyentuh bola dengan tangannya dalam pertandingan sepak bola (asalkan dia berada dalam area penalti sendiri, serta bola tidak sengaja diberikan kepadanya oleh rekan satu timnya).

      Selain sebagai baris pertahanan terakhir, kiper adalah orang pertama dalam sebuah serangan. Itulah mengapa Kiperpun harus bisa membuat tendangan gawang yang baik, mampu memberikan bola yang strategis, serta mampu melempar ke teman satu tim tanpa melakukan blunder. Dalam pertandingan sepak bola goalkeeper (GK) memiliki empat peran utama yaitu saving, clearing, mengarahkan pertahanan, dan mendistribusikan bola.

Pemain Bertahan (Defenders)

      Salah satu tugas pemain bertahan adalah untuk melindungi kiper saat menguasai bola, mereka harus menganggap kiper sebagai orang penting yang tidak boleh didekati penyerang lawan, mencegah serangan lawan, dan memblok tembakan pemain lawan. Delam memjalankan tugas sebagai defenders dibutuhkan pemain yang fit, pekerja keras, dan cepat mengantisipasi pergerakan lawan.

      Biasanya, sebuah tim menggunakan pemain bertahan dengan empat orang yang disebut “BEK” (back), yaitu:

a) Center-Back

      Center-back adalah pemain bek yang berada di tengah.  Menjadi center-back harus Memiliki karakteristik kuat, tinggi, berani, serta baik pada saat berduel dengan penyerang lawan.

b) Full-Back

      Pemain Full-Back adalah bek yang diposisikan di samping. Mereka diklasifikasikan menjadi bek kiri atau Left-Back (LB) dan bek kanan atau Right-Back (RB). Defenders yang diposisikan antara mereka disebut Center-Backs (CB). Tugas dari full-back adalah untuk mencegah lawan menyerang di sisi pertahanan (baik kanan maupun kiri). Oleh karenanya pemain dengan posisi ini harus cepat dan harus dapat mencegah lawan dalam memberikan crossing (umpan silang). Pemain full-back umumnya ditugaskan untuk mendampingi pergerakan pemain sayap lawan.

c) Bek Sayap/Wing-Back (LWB, RWB)

      Wing-back atau bek sayap adalah full-back yang dapat bergerak maju hingga gawang lawan. Wing-back dibagi menjadi dua yaitu Bek Sayap Kiri atau Left Wing-Back (LWB) serta Bek Sayap Kanan atau Right Wing-Back (RWB). Dia menjelajah seluruh sisi panjang lapangan sepak bola.

      Pemain dengan posisi ini selain mejaga pertahanan seperti umunya full-back, juga sesekali menciptakan serangan seperti halnya pemain sayap. Posisi ini adalah yang paling menuntut fisik di lapangan.

Gelandang (Midfielders)

      Gelandang atau midfielders merupakan pemain yang menghubungkan antara pemain serang dan pemain bertahan: mereka membawa bola hingga ke depan saat melakukan serangan dan mencegah serangan lawan sampai ke daerah pertahanan. Secara sederhana gelandang adalah saluran yang menghubungkan lini depan (penyerang /striker) dengan lini belakang (defenders). Berikut ini merupakan berbagai jenis gelandang dan peran yang mereka lakukan.

a) Gelandang Bertahan (Defending-Midfielder = DM)

      Gelandang bertahan berada di depan garis pertahanan. Tugas utamanya adalah  mencegah bola mencapai garis pertahanan.

b) Gelandang Tengah (Center-Midfielder = CM)

      Seperti namanya, gelandang tengah adalah gelandang yang ditempatkan di tengah lapangan. Salah satu tugas dari gelandang tengah yaitu: menciptakan peluang bagi striker dan menghentikan serangan lawan. Memiliki stamina yang tinggi, kemampuan teknis, dan tanpa henti kerja keras adalah sifat dari jenis gelandang ini.

c) Gelandang Serang (Playmaker/Attacking-Midfielder = AM)

      Gelandang serang berada di tengah, memiliki sifat yang handal terutama dalam hal menyerang serta kemampuan kontrol dan teknik penguasaan yang baik.

d) Gelandang Sayap (Winger = LW, RW)

      Bertugas melakukan serangan dari sisi lapangan baik kiri maupun kanan. Posisi ini sering dipakai dalam formasi 4-3-3 seperti dan 4-5-1. Gelandang sayap harus memiliki kemampuan dribbling yang sangat baik dan akurat. Sifat pemain fleksible artinya bisa berada di tengah dan menjadi penyerang.

e) Peyerang (Forwards)

      Dalam sebuah tim, penyerang adalah pemain yang paling menojol dan kedudukannya sangat mempengaruhi keberhasilan gol. Dibutuhkan kelincahan, kecepatan, akurasi tembakan yang baik, kemampuan heading serta kontrol bola yang baik untuk menjadi penyerang. Penyerang di bagi menjadi 2 bagian yaitu:

f) Striker (Center-Forward)

      Penyerang tengah diposisikan dekat dengan gawang lawan, biasanya disebut striker. Umumnya mereka memiliki dua peran: pertama, mereka mencetak gol dari umpan-umpan dari rekan tim; kedua, mereka mengalihkan perhatian pertahanan untuk memberikan ruang bagi gelandang serang, pemain sayap, atau striker ditarik untuk menyerang.

g) Penyerang Sayap (Second Striker/Withdrawn Striker/Second-Forward/Wing-Forward (WF)

      Withdrawn Striker adalah second striker yang berada di belakang dan bertugas melakukan penyerangan. Ssifatnya adalah memiliki akurasi passing yang sangat baik, karena merupakan pengumpan yang paling di andalkan di lapangan.

      Itulah postingan kami tentang Posisi dan Tugas Pemain dalam Sepak Bola yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Kami berharap semoga postingan tentang Posisi dan Tugas Pemain dalam Sepak Bola diatas dapat bermanfaat. (Pelajari juga : Lama Waktu Tidur Berdasarkan Usia)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *