Posisi dan Tugas Pemain dalam Bola Voli

Posisi dan Tugas Pemain dalam Bola Voli

Posisi dan Tugas Pemain dalam Bola Voli

      Setelah beberapa waktu yang lalu kami berbagi tentang posisi pemain dan tugasnya dalam permainan sepak bola, kini kami akan berbagi tentang Posisi dan Tugas Pemain dalam Bola Voli sehingga bagi kita penggemar olah raga akan lebih fahan dengan sebutan pemain bola voli berdasarkan posisinya. (Pelajari juga : Posisi dan Tugas Pemain dalam Sepak Bola)

Inilah Posisi dan Tugas Pemain dalam Bola Voli:

Pengumpan (Setter / Set-Upper / Tosser)

      Pengumpan adalah pemain bola voli yang bertugas sebagai pengatur serangan dalam suatu tim bola voli. Tosser pada umumnya akan mengumpan atau mengoper bola ke rekan tim dengan berbagai variasi umpan sehingga lawan akan terkecoh tidak bisa melakukan serangan karena variasi umpan tadi. Seorang tosser juga harus menguasai berbagai macam teknik seperti blocking dan smash sehingga akan memudahkannya dan tim untuk melawan serangan dan menghalau lawan.

Pemukul (Spiker / Smasher)

      Sesuai dengan namanya, Smasher adalah pemain bola voli yang bertugas untuk melakukan pukulan / smash bola ke lawan sehingga menghasilkan poin atau nilai buat tim. Seorang smasher harus memiliki kemampuan melakukan serangan seperti pukulan smash yang baik. Karena posisinya yang berada di depan, maka seorang smasher juga dituntut untuk piawai dalam melakukan pertahanan depan, terutama blocking. Jadi, demi keberhasilan tim, seorang smasher memiliki peran ganda, yaitu sebagai “algojo” penyerangan dan sebagai “benteng” pertahanan.

Pembendung (Blocker)

      Posisi pemain depan juga bertanggung jawab penuh terhadap serangan lawan. Ia berusaha menutup ruang gerak pukul lawan di daerah serang. Dengan adanya blocker, pertahanan tim akan lebih kokoh karena serangan lawan bisa dibendung atau dihalang-halangi.

Defender

      Defender atau Cover (Penutup) adalah pemain yang tidak melakukan bendungan namun bertugas untuk menutup daerah kosong di sekitar bendungan. Pemain ini memiliki tugas khusus untuk mempertahankan lini belakang dari berbagai serangan. Pemain bertahan ini harus memiliki kekuatan dan kemampuan teknik passing yang baik. Posisi inilah yang memegang peranan penting dalam hal pertahanan. Maka dari itu, seorang defender tidak boleh maju ke garis depan untuk smash maupun blocking.

      Defender adalah seorang pemain bola voli yang bertugas untuk bertahan dan menerima serangan dari lawan. Seorang defender harus tangguh dan mempunyai fisik yang prima.

Libero

      Libero adalah pemain bola voli yang bertugas untuk menerima atau menahan serangan-serangan dari lawan. Karena peran seorang libero adalah menahan atau menerima bola serangan lawan dengan menggunakan passing, baik passing atas ataupun passing bawah, maka seorang yang berperan sebagai ibero harus memiliki atau menguasai teknik passing dengan sangat baik. Pemain libero bebas keluar masuk akan tetapi tidak boleh melakukan pukulan smash ataupun melakukan blocking. Seorang libero juga harus memiliki kemampuan dalam melihat arah gerak bola dan mengantisipasi gerak tipu yang dilakukan oleh lawan.

Server

      Server adalah posisi di mana seorang pemain voli melakukan servis dalam lapangan. Setelah melakukan servis, secara otomatis pemain ini merangkah menjadi pemain belakang untuk membantu pertahanan.

      Itulah postingan kami tentang Posisi dan Tugas Pemain dalam Bola Voli yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan agar postingan tentang Posisi dan Tugas Pemain dalam Bola Voli tersebut diatas dapat menambah pengetahuan kita tentang cabang olah raga bola voli. (Pelajari juga : Lama Waktu Tidur Berdasarkan Usia)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *