Pidato Pembakar Semangat dari Presiden Soekarno

Pidato Pembakar Semangat dari Presiden Soekarno

Pidato Pembakar Semangat dari Presiden Soekarno

      Sebagai penerus perjuangan para pendiri negara tercinta ini maka kita harus punya semangat yang tinggi dalam berbagi hal yang baik demi terjaganya keutuhan negara Indonesia. Adapun Pidato Pembakar Semangat dari Presiden Soekarno mungkin dapat kita jadikan pemacu cita-cita kita dalam meraih sukese demi agama, nusa dan bangsa ini. (baca juga : Perkembangan Sistem Pemerintahan Indonesia)

Dibawah ini adalah beberapa Pidato Pembakar Semangat dari Presiden Soekarno:

  1. “Merdeka hanyalah sebuah jembatan, Walaupun jembatan emas.., di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa.., satu ke dunia sama ratap sama tangis!”
  2. “Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat”
  3. “Tuhan tidak merubah nasib suatu bangsa sebelum bangsa itu merubah nasibnya sendiri”
  4. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”
  5. ”Dalam perjuangan peganglah teguh apa yang sudah didapat dan perjuangkanlah secara teratur apa yang belum tercapai”
  6. “Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”
  7. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”
  8. “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”
  9. ”Jika saudara sudah Merdeka,ingatlah kepad pahit pedihnya Perjuangan menentang Penjajahan di masa lampau,Agar saudara tetap ikhlas memberikan segala bantuan kepada Perjuangan Bangsa-bangsa yang masih di tindas”
  10. “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”
  11. ”Siapa yang menentang gelombang lautan,ia akan lenyap,binasa oleh datangnya tenaga lautan itu sendiri”
  12. “Bangunlah suatu dunia dimana semuanya bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan.”
  13. “Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bistik tapi budak.”
  14. ”Semua Manusia dilahirkan sama dan bahwa tiap Manusia itu di beri oleh Tuhan beberapa hak yang tak dapat dirampas,yaitu hak hidup,hak kebebasan,dan hak mengejar kebahagiaan”
  15. “Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2 ½ sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita.”
  16. ”Bangsa yang selalu main dikecomberan akan menjadi bangsa kecomberan”
  17. “Kalau perempuan itu baik, maka jayalah negara. Tetapi kalau perempuan itu buruk, maka runtuhlah negara.”
  18. ”Didalam tiap-tiap Negara dan Tiap-tiap Masyarakat yang didalamnya ada krisis kewibawaan,Terjadilah Kekacauann an Pengacauan-pengacauan”
  19. “Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.”
  20. ”Hanya Bangsa yang mau bekerjalah menjadi Bangsa yang Makmur”
  21. “Jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah.”
  22. “Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad ‘Merdeka, merdeka atau mati’!”
  23. “Apabila dalam di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.”
  24. “Kita mendirikan negara Indonesia, yang kita semua harus mendukungnya. Semua buat semua! Bukan Kristen buat Indonesia, bukan golongan Islam buat Indonesia, bukan Hadikoesoemo buat Indonesia, bukan Van Eck buat Indonesia, bukan Nitisemito yang kaya buat Indonesia, tetapi Indonesia buat Indonesia, semua buat semua!”

      Itulah beberapa Pidato Pembakar Semangat dari Presiden Soekarno yang telah kami dapatkan dari berbagai sumber untuk memberi semangat bagi kita dalam beraktifitas demi tercapainya asa kita untuk membangun bangsa dan negara tercinta ini. Semoga postingan tentang Pidato Pembakar Semangat dari Presiden Soekarno diatas bermanfaat. (baca juga : Susunan Pemerintahan Indonesia dari Pusat Sampai Desa)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *