Persiapan Menuju Masa Tua

Persiapan Menuju Masa Tua

Persiapan Menuju Masa Tua

Persiapan Menuju Masa Tua

       Saudaraku yang tercinta, marilah kita renungkan perjalanan hidup dan Persiapan Menuju Masa Tua kita.

  1. Sisa umur ini pendek,

“selagi selera…..makanlah”

“selagi layak……..pakailah”

“Selagi manfaat……belilah”

“Selagi bisa……..berbagilah”

“Silaturahmi……lakukanlah”

       Nikmati hidup apa adanya. Karena semua yang ada tidak bisa kita bawa ke kubur. Jangan khawatir dengan ahli waris, Tuhan yang akan mengatur rezeki selagi mereka berusaha. Nikmatilah hidup ini dengan pasangan kita selagi masih ada. (Baca juga : Usia Dunia Hanya 3 Hari)

  1. Dulu kita berusaha, untuk memiliki. Kini saatnya untuk melepas, harta, tahta, anak, istri semua akan kembali kepada-NYA. Bahagia terletak pada keikhlasan.
  2. Sehari berlalu, umur berkurang, berbuat baiklah karena kita tidak tahu kapan akan dipanggil.
  3. Hidup ini sangat singkat dalam sekejap kita mulai tua dan pasti masuk ke pusara..
  4. Jangan tengok ke atas akan selalu kurang, tengok ke bawah bisa merasa cukup dan syukuri apa adanya, Insya Allah pasti bahagia. Bersyukurlah..
  5. Yang terbaik adalah berbuat baik, membantu orang lain, Jangan menyakiti, latih diri dengan berbaik sangka , agar sehat lahir batin.
  6. Kasih orang tua tidak ada batas. Sadarlah, bila anak sakit, orang tua bagai teriris, bila orang tua sakit anak cuma tengok dan bertanya.

       Anak-anak memakai uang orang tua seperti keharusan, tetapi orang tua memakai uang anak pasti rikuh. Cukupilah diri sendiri jangan berharap pemberian anak. (Baca juga artikel lain pada : Berjalan Menyongsong Senja)

  1. Rumah orang tua adalah rumah anak, tetapi rumah anak bukanlah rumah orang tua. Sadarilah.
  2. Orang tua selalu mendoakan anak, tapi jarang anak mendoakan orang tua. Maka bekali kubur kita dengan amal yang banyak, jangan bergantung pada doa anak.
  3. Kebaikan dan keburukan sebagai ujian dan tidak akan berakhir sampai kita mencapai ajal. Sikapi dengan syukur dan sabar.

Istriku : Kalau anak anak sudah berkeluarga dan meninggalkan kita, giliran kita untuk kembali memikirkan diri kita sendiri . . .

Renungan menjelang tua . . .

Bila kita tua …

       Luangkan waktu bersama pasangan anda karena salah seorang daripada kita akan pergi lebih dahulu dan yang masih hidup hanya mampu menyimpan kenangan yang indah.

Bila kita tua …

       Akan tiba masanya mau berjalan ke pintu saja susah, sementara masih berkemampuan, jalan-jalanlah kebeberapa banyak tempat untuk mengingatkan kita tentang kebesaran Allah, untuk mengagumi keindahan ciptaan NYA.

Bila kita tua …

Jangan susahkan diri memikirkan anak2 secara berlebihan.

Mereka akan mampu berusaha sendiri.

Cuma pastikan hutang anda Lunas sebelum meninggal dunia supaya mereka tidak menanggung beban yang anda tinggalkan. (Baca juga artikel lain pada : Ketika Kematian Menjemput Kita)

Bila kita tua …

       Luangkan waktu  bersama rekan-rekan lama karena peluang untuk bersama itu akan berkurang dari waktu ke waktu.

Bila kita tua …

       Terimalah penyakit apa adanya.  Karena Semua sama,  kaya atau miskin akan melalui proses yang sama, yaitu: lahir bayi, kanak2, dewasa, tua, sakit dan meninggal.

       Itulah postingan tentang Persiapan Menuju Masa Tua yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Persiapan Menuju Masa Tua diatas dapat kita jadikan renungan bagi kita. (Baca juga artikel lain pada : Soal USBN Seni Budaya SMP Bagian 1)

You may also like...

1 Response

  1. […]        Higher Order Thinking (HOT) merupakan kemampuan abstrak yang berada pada ranah kognitip dari taksonomi sasaran pendidikan yakni mencakup analisiss, sintesis, dan evaluasi. (Baca juga artikel lain pada : Persiapan Menuju Masa Tua) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *