Perbedaan Countable dan Uncountable Noun

Perbedaan Countable dan Uncountable Noun

Perbedaan Countable dan Uncountable Noun

      Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sering menjumpai benda (noun) baik yang dapat dihitung (countable) maupun benda yang tidak dapat dihitung (uncountable) yang ada disekitar kita. Tentunya ada perbedaan antara benda yang dapat dihitung dengan benda yang tidak dapat dihitung. (Pelajari juga : Pengertian dan Contoh Uncountable Noun)

      Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi materi Bahasa Inggris tentang Perbedaan Countable dan Uncountable Noun sehingga kita dapat membedakan mana yang termasuk Countable Noun (benda yang dapat dihitung) dan mana Uncountable Noun (benda yang tidak dapat dihitung)

Langsung saja kita ke materi Perbedaan Countable dan Uncountable Noun

Countable nouns (kata benda yang dapat dihitung)

      Kata benda yang dapat dihitung adalah kata yang menunjukkan benda yang jumlahnya dapat dihitung dengan pasti. Benda tersebut dapat berupa benda tunggal (satu) atau singular dan benda jamak (jumlahnya lebih dari satu) yang disebut dengan Plural.

      Untuk benda tunggal (singular) biasanya ditambahkan kata penentu jumlah (determiner) “a” or “an”. Sedangkan untuk bentuk jamak (plural) kita dapat mengkombinasikan dengan angka-angka (numbers), many, few, some, any, dan lain sebagainya.

Contoh benda tunggal (singular):

An egg, an apple, an eagle, a book, a pen, a ball, a chair, an egg, dan lain-lain.

Contoh benda jamak (plural):

Two books, 3 pens, some eggs, many boxes, few students, dan lain-lain.

Uncountable Nouns (kata benda yang tidak dapat dihitung)

      Kata benda yang tidak dapat dihitung adalah kata yang menunjukkan benda yang jumlahnya tidak dapat dihitung (dengan pasti). Kata benda yang tergolong uncountable adalah benda yang tidak dapat berbentuk jamak sehingga dalam kalimat selalu berbentuk tunggal (singular).

      Benda yang termasuk uncountable noun (tidak dapat dihitung) biasanya berkaitan dengan minuman (drinks), cairan (liquids), butiran-butiran (grains), gas, benda-banda abstrak, dan lain-lain. Dalam uncountable noun kita tidak dapat menambahkan penunjuk “a” atau “an”, dan juga tidak dapat menambahkan huruf “S” setelah kata benda tersebut..

Contoh benda yang tergolong Uncountable nouns antara lain:

Milk, water, butter, rice, flour, money, peace, safety, information, knowledge, music, furniture, jewelry, literature, meat, tea, sugar, water, air, rice, knowledge, beauty, anger, fear, love, research, evidence, dan lain sebagainya.

      Itulah materi Bahasa Inggris tentang Perbedaan Countable dan Uncountable Noun yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Perbedaan Countable dan Uncountable Noun diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk menambah wawasan tentang kata benda dalam Bahasa Inggris. (Pelajari juga matri lain dalam bahasa Inggris pada : Definition and Kinds of Pronoun)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *