Perbedaan antara Mentega dan Margarin

Perbedaan antara Mentega dan Margarin

Perbedaan antara Mentega dan Margarin

      Bagi siapapun yang suka membuat kue, tentu tidak asing dengan margarin dan mentega. Namun kadang-kadang masih ada yang berpendapat bahwa margarin dan mentega itu sama. Padahal sebenarnya Perbedaan antara Mentega dan Margarin itu adalah fakta. Lalu apa Perbedaan antara Mentega dan Margarin?

      Untuk menjawab pertanyaan atas Perbedaan antara Mentega dan Margarin diatas, maka berikut ini akan kami ulas dengan singkat mengenai Perbedaan antara Mentega dan Margarin.

Inilah beberapa Perbedaan antara Mentega dan Margarin:

Pebedaan Bahan Pembuatan

      Dari segi bahan yang digunakan maka perbedaan mentega dan margarin adalah bahwa mentega diproduksi dari lemak hewani (lemak yang berasal dari hewan) seperti lemak krim susu dan minyak ikan, margarin diproduksi dari lemak nabati (lemak yang berasal dari tumbuhan) seperti dari minyak kelapa sawit, minyak jagung dan lain sebagainya.

Perbedaan Kandungan

      Dari segi kandungan yang terdapat didalamnya maka perbedaan mentega dan margarin adalah bahwa mentega mengandung kalori dan lemak jenuh tinggi sehingga tidak baik bila dikonsumsi terlalu banyak, terutama oleh mereka yang punya masalah dengan kadar kolesterol di dalam darah. Sdangkan Margarin mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega 6 yang sangat baik untuk kesehatan.

Perbedaan Tekstur dan Warna

      Dari segi teksturnya maka perbedaan mentega dan margarin adalah bahwa tekstur mentega umumnya lebih lembek sedangkan tekstur margarin kebanyakan lebih padat. Selain dari teksturnya, perbedaan mentega dan margarin juga dapat diketahui dari penampilan warna keduanya. Warna mentega lazimnya cenderung lebih cerah (kuning cerah), sedangkan warna margarin umumnya lebih pucat.

Perbedaan Cara Penyimpanan

      Dari segi cara penyimpanan maka perbedaan mentega dan margarin adalah bahwa mentega jika disimpan di udara terbuka dalam waktu yang lama akan mengalami degradasi mutu. Perubahan warna, tekstur yang semakin lembek, serta aroma tengik akan timbul akibat reaksi oksidasi senyawa mentega dengan udara bebas. Sedangkan margarin umumnya tahan disimpan lama di udara terbuka karena tidak mudah meleleh.

Perbedaan Rasa dan Aroma

      Dari segi rasa dan aroma maka perbedaan mentega dan margarin adalah bahwa  rasa mentega cenderung lebih asin sementara rasa margarin cenderung lebih asam. Perbedaan rasa keduanya terjadi akibat kandungan kimia bahan asal pembuatannya.

      Dengan mencium aroma kedunaya, perbedaan mentega dan margarin juga dapat diketahui. Aroma mentega umumnya lebih sedap, sedangkan aroma margarin cenderung terasa seperti aroma susu. Untuk membedakan aroma keduanya, kita perlu memanaskan mereka di atas wajan sehingga sebagian senyawanya terurai ke udara.

Perbedaan Penggunaan

      Dari segi penggunaanya maka maka perbedaan mentega dan margarin adalah bahwa mentega lebih cocok digunakan sebagai kue seperti seperti cookies untuk mendapatkan hasil yang renyah dan ringan. Nama butter cookies merupakan kue yang menggunakan bahan dasar mentega dalam jumlah banyak sehingga teskturnya garing namun sangat ringan. sedangkan margarin lebih cocok digunakan untuk membuat kue seperti cake dan beberapa jenis kua basah lainnya. Hanya saja, kekurangan margarin terletak pada aromanya yang khas dan cenderung asam karena mengandung lemak tak jenuh dengan kadar yang cukup tinggi. Margarin juga seringkali digunakan untuk memasak seperti menumis dan menggoreng. Hasil gorengan yang didapatkan lebih renyah dan lebih gurih dibandingkan dengan miyak goreng cair konvensional.

      Kendati demikian, untuk membuat kue dengan tekstur yang baik, kombinasi keduanya juga diperlukan dengan komposisi yang berimbang.

      Itulah beberapa Perbedaan antara Mentega dan Margarin yang dapat kami bagikan pada postingan kali ini. Kami berharap semoga postingan kami tentang Perbedaan antara Mentega dan Margarin diatas dapat menambah wawasn kita tentang mentega dan margarin. (Pelajari juga mata pelajaran lain : Istilah Perbankan Berkaitan Pengajuan Pinjaman di Bank)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *