Perbedaan Antara Menggambar dan Melukis

Perbedaan Antara Menggambar dan Melukis

Perbedaan Antara Menggambar dan Melukis

Perbedaan Antara Menggambar dan Melukis

       Dalam kegiatan sehari-hari kadang-kadang kita menyebut kegiatan melukis sama dengan kegiatan menggambar. Namun kalua kita kembangkan, maka sebenarnya kegiatan melukis berbeda dengan kegiatan menggambar. Lalu apa bedanya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka dibawah ini akan kita bahas tentang Perbedaan Menggambar dan Melukis. (Baca juga : Tari Seudati Tarian Tradisional Aceh)

       Menggambar pada intinya adalah memindahkan suatu objek kedalam sebuah bidang atau media. Dalam menggambar unsur “ide” dan “perasaan” sangat jarang sekali atau hampir tidak berperan. Misal jika kita menggambar sebuah meja atau kursi maka akan menjadi sebuah gambar meja ataupun kursi.

       Sedangkan Melukis adalah proses mencurahkan ide,gagasan dan perasaan yang dituangkan kedalam media dua dimensi. Ketika melukis objek yang dilukis tidak harus dama dengan aslinya, bisa di bumbui oleh ide – ide kreatif dari sang pelukis. Sebuah lukisan wajah atau objek lain misalnya dapat diberi berbagai gaya misal deformasi, stilasi, ekspressif, naif dan yang lainnya.  

       Dari perbedaan diatas, dapat kita kembangkan lebih rinci tentang Perbedaan Antara Menggambar dan Melukis seperti dibawah ini:

  1. Perbedaan Secara Umum

       Menggambar menggunakan media yang cenderung lebih kering, misalnya pensil, pensil warna, pena, pena warna, krayon, dan lain-lain. (Baca juga artikel lain pada : Dusk View before Night)

       Sedangkan melukis menggunakan media yang lebih cair, misalnya cat air, cat minyak, cat akrilik, dan lain-lain. Serta menggunakan kuas sebagai alat untuk melukis.

  1. Perbedaan dari Segi Pengertian

       Menggambar pada intinya adalah memindahkan suatu objek kedalam sebuah bidang atau media. Dalam menggambar unsur “ide” dan “perasaan” sangat jarang sekali atau hampir tidak berperan. Misal jika kita menggambar sebuah Meja atau Kursi maka akan menjadi sebuah gambar meja kursi.

       Sedangkan Melukis adalah proses mencurahkan ide,gagasan dan perasaan yang dituangkan kedalam media dua dimensi. Ketika melukis objek yang dilukis tidak harus sama dengan aslinya, bisa dibumbui ide-ide kreatif dari sang pelukis. Sebuah lukisan wajah atau objek lain misal bisa diberi berbagai gaya misal deformasi,stilasi,ekspressif, naif dan yang lainnya.

  1. Perbedaan dari segi Teknik

       Seiring perkembangan, teknik menggambar secara umum dapat dibagi dua yaitu: (1) Secara manual (dengan goresan tangan) dan (2) Secara digital (Menggunakan program khusus gambar di computer, misalnya adobe Photoshop, Photoscape, Picasa, Adobe Illustrator, inkscape, dan lain-lain)

       Sedangkan melukis menggunakan teknik manual. (Baca juga artikel lain pada : Expression and Response of Admiration)

  1. Perbedaan dari segi kreatifitas

       Lukisan adalah suatu kreativitas yang berlandaskan prinsip – prinsip seni serta mengacu pada unsur estetika dan artistik, biasanya dipengaruhi oleh pengalaman batin individual maupun kreasi imajinasi dan original, merupakan karya satu – satunya berdasarkan satu imajinasi.

       Sedangkan Gambar adalah kreasi seni yang juga tak lepas dari aspek estetika dan artistik, namun biasanya dibuat banyak / lebih dari satu, merupakan duplikasi dari gambar semula.

       Itulah postingan tentang Perbedaan Antara Menggambar dan Melukis yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Perbedaan Antara Menggambar dan Melukis diatas dapat bermanfaat sebagai tambahan wawasan bagi kita tentang seni menggambar dan melukis. (Baca juga artikel lain pada : Soal Agreement Hope Wish and Congratulation)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *