Pengetahuan Seputar Garis Khatulistiwa

Pengetahuan Seputar Garis Khatulistiwa

Pengetahuan Seputar Garis Khatulistiwa

      Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi tentang Pengetahuan Seputar Garis Khatulistiwa yang dapat menjadi informasi tambahan bagi siapapun yang ingin mengetahui tentang garis khatulistiwa.

Inilah informasi tentang Pengetahuan Seputar Garis Khatulistiwa:

      Garis Khatulistiwa adalah garis imajinasi membelah bumi dan terbentang dari timur ke barat pada permukaan bumi dan persis ditengah tengah antara kutub selatan dan utara. Garis ini membagi bumi menjadi belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Horizon / khatulistiwa sangatlah penting bagi keperluan untuk navigasi dan penanda koordinat suatu tempat. (Baca juga : Keistimewaan Daerah yang Dilalui Garis Khatulistiwa)

      Khatulistiwa adalah garis imaginer (khayal) yang melintang di tengah bumi diantara kutub utara dan kutub selatan. Khatulistiwa disebut juga equator yang membagi duni menjadi dua bagian yang sama. Bagian tersebut adalah belahan bumi bagian utara yang berada di atas garis khatulistiwa dan belahan bumi bagian selatan yang berada di bawah garis khatulistiwa. Garis ini dijadikan sebagai patokan titik awal derajat lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS). Indonesia merupakan negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa, sehingga banyak orang menyebut Indonesia dengan sebutan Negeri Zamrud Khatulistiwa. 

      Daerah Khatulistiwa memilii perbedaan sisi dunia yang lain  perihal lingkungan fisik serta aplikasi geografisnya. Salah satu perbedaan terbesar ialah perbedaan iklim. Daerah khatulistiwa memiliki pola dominan yaitu hangat dan basah atau hangat dan kering sepanjang tahun. Selain itu, sebagian besar daerah khatulistiwa juga merupakan daerah yang lembab. Adapun, pola-pola iklim di Khatulistiwa tersebut disebabkan karena  banyaknya menerima radiasi matahari. Semakin jauh dari daerah khatulistiwa, paparan matahari akan semakin berkurang dan iklim dapat berkembang dan berubah.

      Wilayah khatulistiwa sering sekali diidentikkan dengan daerah berwilayah tropis. Wilayah ini memiliki flora dan fauna yang beranekaragam , dan merupakan wilayah yang memiliki jumlah persebaran flora dan fauna terbanyak. Salah satu  ciri khas flora dan fauna daerah ini ialah adanya hutan hujan tropis.

Negara-Negara di Sepanjang Garis Khatulistiwa

      Selain melalui wilayah negara kita, garis khatulistiwa ini juga membentang melalu berbagai Negara di dunia. Lebih dari 12 negara di dunia dilewati oleh garis ini. Beberapa Negara seperti Gabon, Kongo, Uganda, Kenya, Somalia (benua Afrika), Maladewa, Indonesia (Asia), Kiribati (Pasifik), Ekuador, Kolomnia, Brazil (Amerika Selatan). Biasanya di daerah perlintasan tersebut sering ditandai dengan monument-monument Equator yang berdiri tegak.

      Pada garis khatulistiwa, Matahari terus bersinar sepanjang tahun, sehingga berbagai hewan dan tumbuhan dapat hidup di daerah tersebut. Sehingga flora dan fauna di wilayah yang dilalui garis khatulistiwa sangat beragam. (Baca juga artikel lain pada : Kontes Pemilihan Putri Indonesia)

      Selain garis khatulistiwa yang ada di bumi, ternyata ada juga garis khatulistiwa langit dan magnetik. Khatulistiwa langit adalah sebuah lingkaran imaginer yang mengelilingi angkasa tempat benda-benda angkasa berada. Khatulistiwa langit ini sangat berguna dalam menentukan lokasi bintang dan planet. Sedangkan khatulistiwa magnetik adalah garis imajiner yang menentukan semua titik berjarak sama dari kutub magnetik utara maupun kutub magnetik selatan.

      Diameter bumi bumi yang diukur dari kutub utara sampai kutub selatan lebih pendek daripada diameter khatulistiwa. Diameter bumi antarkutub adalah 12.713,54 km. Sedangkan diameter bumi melalui khatulistiwa adalah 12.756,32 km. Dengan demikian diameter bumi antarkutub lebih pendek 42,76 km dibandingkan dengan diameter kutub melalui khatulistiwa. Jarak keliling bumi terpanjang terletak sedikit di selatan khatulistiwa.

Kulminasi

      Kulminasi adalah peristiwa ketika matahari berada di garis bujur tempat kita berdiri. Kulminasi atas terjadi pada siang siang hari (pusat matahari benar-benar berada di garis bujur tempat kita berdiri). Sedangkan kulminasi bawah terjadi di tengah malam saat pusat matahari berada di garis bujur balik belahan bumi tempat kita berdiri. Jika kita berada di garis khatulistiwa, matahari akan tepat berada di atas kepala saat kulminasi terjadi antara tanggal 21 – 23 Maret dan 21 – 23 September.

      Itulah informasi tentang Pengetahuan Seputar Garis Khatulistiwa yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Pengetahuan Seputar Garis Khatulistiwa diatas dapat bermanfaat bagi kita. (Baca juga artikel lain pada : Desaku Dulu dan Sekarang)

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *