Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli

Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli

Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli

Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli

       Bagi sebagian para pelajar masih belum mengenal tentang istilah “VALAS”, padahal pasar uang dan pasar modal di Indonesia telah didenominasi oleh mata uang lokal (Rupiah) dan mata uang asing (VALAS=Valuta Asing). Lalu apakah Valuta Asing itu? Untuk itilah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli. (Baca juga : Definisi dan Sejarah Akuntansi)

       Valas (Valuta Asing) atau yang dikenal juga dengan istilah foreign exchange (forex) ataupun foreign currency memiliki beberapa pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli, antara lain :

  1. Menurut Hamdy Hadi (1997:15), valuta asing adalah mata uang asing yang difungsikan sebagai alat pembayaran untuk membiayai transaksi ekonomi keuangan internasional dan juga mempunyai catatan kurs resmi pada bank sentral.
  2. Menurut Mandala Manurung (2004), valuta asing adalah pasar di mana mata uang asing diperjualbelikan. (Baca juga artikel lain pada : Penjual Banyak Tanya)
  3. Menurut Sawaldjo Puspopranoto (2004), pasar valuta asing adalah tempat di mana bermacam-macam uang dari berbagai negara dijualbelikan.
  4. Menurut Eng, Lees dan Mauer (1998:84), A foreign currency is Any asset or financial claim denominated in a foreign currency.
  5. Menurut Jose Rizal Joesoef (2008:4), valuta asing adalah mata uang asing atau alat pembayaran luar negeri.
  6. Sedangkan menurut Beams, Anthony, Clement dan Lowensohn (2009:492), A foreign currency is a currency other than the entity’s functional currency.

       Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa valuta asing merupakan pertukaran mata uang suatu negara terhadap negara lainnya. Dengan adanya perbandingan nilai antara mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain yang menimbulkan suatu nilai, dapat disebut foreign exchange rate (kurs valuta asing). (Baca juga artikel lain pada : The World Is Full Of Love Words)

       Contoh valuta asing yang terdapat dalam pertukaran mata uang antara mata uang Indonesia (Rupiah) dengan mata uang Ameika (Dollar) yang saat ini satu dollar (1$) adalah sekitar Rp. 14.200,-. Sedangkan nilai pertukaran mata uang Real Arab Saudi terhadap Rupiah adalah 1 real Arab Saudi = 3.824,93 Rupiah

       Itulah penjelasan singkat tentang Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahliyang dapat kami kemukakan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk menambah wawasan kita tentang VALAS atau Valuta Asing. (Baca juga artikel lain pada : Soal UKK PKn Kelas 8 Bagian 3)

You may also like...

1 Response

  1. […]        Jika pada postingan sebelumnya telah kami share tentang pengertian Valuta Asing (Valas), maka dalam kesempatan kali ini kami akan melanjutkan pembahasan kami tentang Sistem Kurs Valuta Asing. Di setiap negara memiliki suatu sistem kurs valuta asing yang biasanya ditentukan oleh kebijakan yang dianut oleh pemerintah di masing-masing negara. (Baca juga : Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *