Pengertian Urbanisasi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Pengertian Urbanisasi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Pengertian Urbanisasi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Pengertian Urbanisasi dan Faktor yang Mempengaruhinya

       Tidak dapat dipungkiri walaupun wilayah Indonesia lebih luas wilayah pedesaan, namun ternyata jumlah penduduknya lebih banyak yang tinggal di perkotaan. Salah satu penyebab penduduk kota lebih banyak dari pada penduduk desa adalah karena adanya Urbanisasi. Lalu apakah Urbanisasi itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, marilah kita bahas tentang pengertian dan factor yang mempengaruhi terjadinya Urbanisasi. (Baca juga : Dampak yang Terjadi Akibat Urbanisasi)

       Pengertian Urbanisasi secara umum adalah perpindahan penduduk dari kawasan perdesaan ke wilayah perkotaan, sedangkan orang yang melakukan urbanisasi dinamakan urbanisan. 

Sedangkan Pengertian Urbanisasi Menurut Para Ahli antara lain:

Daldjoeni, (1998)

Urbanisasi merupakan permukiman kota cenderung tumbuh terus baik dalam luasnya, maupuan jumlahnya, bersama ini sudah semestinya bahwa proporsi penduduk dunia kita yang tinggak di kota kecil maupun kota besar meningkat. Pertambahan proporsi tersebut disebut juga sebagai urbanisasi.

Shogo Kayono

Urbanisasi adalah perpindahan dan pemusatan penduduk secara nyata yang memberi dampak dalam hubungannya dengan masyarakat baru yang dilatar belakangi oleh faktor sosial, ekonomi, politik dan budaya.

Menurut kantsebovskaya, (1976)

Urbanisasi dapat diartikan sebagai gejala, atau proses yang sifatnya multi-sektoral, baikditinjau dari sebab maupun akibat yang ditimbulkan. (Baca juga artikel lain pada : Gus Muwafiq-KH Ahmad Muwafiq-Perempuan Diibaratkan Sawah)

Ir. Triatno Yudo Harjoko

Urbanisasi merupakan proses perubahan masyarakat dan kawasan dalam suatu wilayah yang non-urban menjadi urban.

Shryyock dan siegel,(1976)

Urbanisasi merupakan suatu pertambahan penduduk perkotaan.

Menurut j.h. de goede

Urbanisasi merupakan sebagaiproses pertambahan penduduk pada suatu wilayahperkotaan (urban) ataupun proses transformasi suatuwilayah berkarakter perdesaan (rural) menjadi urban.

Faktor yang Menyebabkan terjadinya Urbanisasi penduduk

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya Urbanisasi antara lain:

(1) Menyempitnya lahan pertanian yang menjadi mata pencarian utama sebagian besar penduduk perdesaan.

(2) Perubahan fungsi lahan dari kawasan pertanian menjadi lahan permukiman penduduk, pembangunan fasilitas sosial, atau menjadi kawasan industri.

(3) Jumlah penduduk perdesaan yang semakin tinggi memerlukan pekerjaan yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sedangkan lapangan kerja di sektor pertanian semakin berkurang akibat menyempitnya lahan.

(4) Tingkat upah kerja di desa umumnya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan di kota. (Baca juga artikel lain pada : Lelaki jangan Semena-mena kepada Wanita)

(5) Harapan masyarakat desa untuk meningkatkan taraf hidup dan status ekonomi dengan bekerja di kota.

(6) Fasilitas sosial, seperti jenjang pendidikan, kesehatan, olah raga, dan hiburan di wilayah perdesaan relatif terbatas

(7) Kota yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas sosial yang lebih memadai tentunya banyak memberikan kemudahan bagi warganya dalam melakukan aktivitas sosial sehari-hari.

(8) Lapangan pekerjaan di kota yang lebih beragam terutama dalam sektor industri dan jasa dengan upah relatif tinggi dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak.

(9) Tersedianya fasilitas pendidikan yang lebih memadai baik dari jenjang maupun jumlah lembaga pendidikan.

(10) Tersedianya fasilitas kesehatan, olah raga, hiburan, dan rekreasi dengan jumlah dan kualitas yang lebih baik.

       Itulah postingan tentang Pengertian Urbanisasi dan Faktor yang Mempengaruhinya yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Pengertian Urbanisasi dan Faktor yang Mempengaruhinya diatas dapat menambah wawasan kita tentang Urbanisasi. (Baca juga artikel lain pada : Soal PAS Matematika Kelas 11 IPA Semester 1)

Lihat artikel lain dalam video pada

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[smartslider3 slider=2]