"> Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli - Berbagi itu Indah

Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli

 Dalam dunia kesenian, terdapat berbagai jenis aliran seni yang dapat menghasilkan sebuah karya yang indah, salah satunya adalah seni patung. Seni patung adalah sebuah seni yang membentuk sebuah bahan kayu, batu, logam, dan lain-lain dengan cara dipahat atau dipotong untuk menjadi sebuah karya seni yang indah. Lalu apa pengertian patung berdasarkan para ahli? Untuk pembehasan tersebut, dibawah ini kami sampaikan Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli. (pelajari juga : Tari Kecak Tarian Tradisional Bali)

A. Pengertian Seni Patung berdasarkan Makna Kata

Dalam KBBI, patung berarti tiruan bentuk orang, hewan, dan sebagainya dibuat (dipahat dan sebagainya) dari batu, kayu, dan sebagainya.

Dalam kamus umum bahasa Inggris, kata “Patung” disebutkab sebagai “Sculpture”¸

Sedang  di Oxford Dictionary disebutkan bahwa “Patung” adalah seni untuk membuat tiruan dua/tiga dimensi atau bentuk abstrak, dengan cara memahat batu, kayu atau mencetak logam dan plastik. (Baca juga artikel lain pada : Masuk Neraka Gara-Gara Nikah Cuma Satu Istri)

B. Pengertian Patung menurut para Ahli

Beberapa ahli menyampaika definisi Patung, diantaranya:

  1. Bersdasarkan Wikipedia

Dalam Wikipedia disebutkan bahwa Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Orang yang menciptakan patung disebut pematung.

  1. Ensiklopedia Indonesia

Menurut Ensiklopedia Indonesia ( 1990 : 215 ) Seni patung sculpture berarti seni pahat atau bentuk badan yang padat yang diwujudkan dalam tiga dimensional yang ciptaanya bisa berupa gambar-gambar timbul (relief) atau patung yang di buat dari media kayu maupun logam.

  1. Mikke Susanto

Menurut Mikke Susanto (2011: 296) yang menyampaikan bahwa seni patung adalah sebuah tipe karya tiga dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subtraktif atau aditif.

  1. Soenarso dan Soeroto

Berdasarkan pendapat Soenarso dan Soeroto, dalam bukunya ( 1996: 6) yang mengemukakan bahwa seni patung adalah semua karya dalam bentuk meruang. (Baca juga artikel lain pada : UAS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Ganjil Bagian 3)

  1. S Myers

Menurut B.S Myers (1958: 131-132) yang mengemukakan bahwa seni patung adalah karya tiga dimensi yang tidak terikat pd lataer belakang apapun/bidang mana pun pd suatu bangunan.

       Itulah postingan tentang Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Pengertian Seni Patung diatas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan bagi kita, terutama juga bagi adik – adik kita di SMP kelas 9 atau para pembaca lainnya. (Baca juga artikel lain pada : Harapan Menata Masa Depan)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *