Pengertian Limbah Menurut Para Ahli

Pengertian Limbah Menurut Para Ahli

Pengertian Limbah Menurut Para Ahli

Pengertian Limbah Menurut Para Ahli

       Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah “Limbah”. Lalu apa yang dimaksud dengan limbah itu? Untuk mengetahui tentang Pengertian Limbah, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian Limbah menurut berbagai sumber atau yang disampaikan oleh para ahli. (Baca juga : Jenis – jenis Kerajinan Bahan Limbah Keras)

Pengertian Limbah

Penegertian secara umum

Secara umum, limbah adalah buangan atau material sisa yang dianggap tidak memiliki nilai yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik sisa produksi rumah tangga (domestic), maupun sisa produksi industri.

Pengertian limbah menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah benda yang tidak bernilai dan tidak berharga. Serta bisa juga diartikan sebagai sisa proses produksi.

Sedangkan menurut Peraturan Pemerintah No. 101 tahun 2014 mengartikan bahwa limbah adalah sisa suatu usaha atau kegiatan.

Ada juga yang mengatakan bahwa definisi limbah adalah semua material sisa atau buangan yang berasal dari proses teknologi maupun dari proses alam dimana kehadirannya tidak bermanfaat bagi lingkungan dan tidak memiliki nilai ekonomis. (Baca juga artikel lain pada : Senandung Sunyi Kemiskinan)

Pada dasarnya berbagai jenis limbah dihasilkan oleh kegiatan manusia, baik itu kegiatan industri maupun domestik (rumah tangga) dan berdampak buruk terhadap lingkungan dan juga bagi kesehatan manusia.

Pengertian Limbah Menurut Para Ahli

Setelah kita bahas pegertian Limbah secara umum, mari kita perhatikan beberapa pengertian limbah berdasarkan pendapat para ahli agar kita lebih memahami tentang pengertian limbah. Pendapat dari beberapa ahli tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Cahyono Budi Utomo

Menurut Cahyono Budi Utomo, pengertian limbah adalah suatu zat atau benda yang timbul sebagai hasil dari kegiatan manusia yang tidak digunakan lagi dan dibuang.

  1. Daniel A. Okun dan George Ponghis

Menurut Daniel A. Okun dan George Ponghis (1875), pengertian limbah adalah semua limbah cair rumah tangga, termasuk air kotor dan semua limbah industri yang dibuang ke sistem saluran limbah cair, kecuali air hujan atau drainase permukaan.

  1. Deden Abdurahman

Menurut Deden Abdurahman, pengertian limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik (rumah tangga), dimana kehadirannya dapat menurunkan kualitas lingkungan. (Baca juga artikel lain pada : Jatijajar Cave Kebumen)

  1. Ir. Hieronymus Budi Santoso

Menurut Hieronymus Budi Santoso, pengertian limbah adalah bahan yang dibuang/ terbuang dari hasil aktivitas manusia atau berbagai proses alam, dan tidak memiliki nilai ekonomi, bahkan dapat merugikan manusia.

  1. Karmana

Menurut Karmana (2007), definisi limbah adalah sisa atau sampah dari suatu proses kegiatan manusia yang dapat menjadi bahan polutan di suatu lingkungan.

  1. Susilowarno

Menurut Susilowarno (2007) limbah adalah sisa hasil program kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

       Itulah postingan materi prakarya tentang Pengertian Limbah Menurut Para Ahli yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Pengertian Limbah diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk manambah wawasan kita tentang limbah. (Baca juga artikel lain pada : Soal Pilihan Ganda Materi Bunyi)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *