Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

       Apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka berikut ini kami sampaikan beberapa pengertian kebugaran jasmani menurut pendapat para ahli di bidangnya masing-masing. (Baca juga : Pengertian dan Sejarah Perkembangan Panahan)

       Secara umum, kebugaran jasmani atau kesegaran jasmani dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu:

  • Sehat, yaitu kondisi dimana tubuh (fisik dan psikis) terbebas dari segala penyakit.
  • Bugar, yaitu kondisi dimana tubuh mampu melakukan berbagai aktivitas sehari-hari secara optimal tanpa kelelahan yang berlebihan, dan masih punya cadangan tenaga.

A. Pengertian Kebugaran Menurut para Ahli

Agar kita lebih memahami apa itu kebugaran jasmani, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli, antara lain:

  1. Agus Muklholid, M.Pd (2004:3)

Pengertian kebugaran jasmani menurut Agus Muklolid, M.Pd adalah kemampuan dan kesanggupan untuk melakukan aktivitas atau kerja, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

  1. Depdikbud (1996:4)

Pengertian kebugaran jasmani menurut Depdikbud adalah kemampuan atau kesanggupan fisik seseorang untuk melaksanakan tugasnya sehari-hari secara efisien dan efektif dalam waktu yang relatif lama tanpa kelelahan yang berarti.

  1. Joko Pekik Irianto (2004 : 42)

Pengertian kebugaran jasmani menurut  Joko Pekik Irianto adalah kebugaran fisik (Fhysical Fitness) yakni “Kemampuan seseorang melakukan pekerjaan sehari-hari secara efisien tanpa timbul kelelahan yang berlebihan sehingga masih dapat menikmati waktu luangnya”.

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian kebugaran jasmani menurut KKBI mendefinisikan bahwa Kebugaran Jasmani ini terdiri dari dua kata, yakni kebugaran dan jasmani. Kebugaran ini berarti hal yang sehat dan segar (tentang badan) atau kesegaran. Sedangkan definisi dari jasmani ialah tubuh atau badan. (Baca juga artikel lain pada : Selalu Ingat Canda Tawa Sahabaku)

  1. Kockey Dalam Sumarjo (2002:43)

Pengertian kebugaran jasmani menurut Kockey adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tak terduga.

  1. Muhajir (2004 : 2)

Pengertian kebugaran jasmani menurut Muhajir adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian (adaptasi) terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan. Setiap orang membutuhkan kesegaran jasmani yang baik agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

  1. Sudarno (1992)

Pengertian Kebugaran Jasmani menurut Sudarno ialah kesanggupan tubuh untuk melakukan berbagai aktifitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan berarti. Selain itu, tubuh masih memiliki cadangan energi yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

  1. Sadoso Sumosardjuno (1989 : 9)

Pengertian kebugaran jasmani menurut  Sadono Sumosardjuno adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan keperluan-keperluan yang mendadak. Dapat pula ditambahkan, kebugaran jasmani merupakan kemampuan untuk menunaikan tugas dengan baik walaupun dalam keadaan sukar, dimana orang yang kesegarannya kurang, tidak akan dapat melakukannya.

  1. Suratman (1975)

Pengertian kebugaran jasmani menurut Suratman adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh atau total fitness yang memberi kemampuan pada seseorang untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stress fisik yang wajar. (Baca juga artikel lain pada : Story of Timun Mas and Giant)

B. Pengertian Kebugaran Jasmani Secara Umum

       Dari pendapat para ahli tersebut diatas maka secara umum dapat disimpulkan bahwa Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang melakukan kerja sehari-hari secara efesien tanpa timbul kelelahan yang berlebihan sehingga masih dapat menikmati waktu luangnya. Setiap orang membutuhkan kebugaran jasmani yang baik, agar ia dapat melaksanakan pekerjaanya dengan efektif dan efesien tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

       Tidak menimbulkan kelelahan yang berarti maksudnya ialah setelah seseorang melakukan suatu kegiatan atau aktivitas, masih mempunyai cukup semangat dan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keperluan-keperluan lainnya yang mendadak.

       Kebugaran jasmani merupakan sari utama cikal bakal dari kesegaran jasmani secara umum. Jadi apabila orang dalam keadaan segar salah satu aspek pokok yang nampak adalah keadaan penampilan jasmaninya. Dengan demikian seseorang tidak dapat mencapai kesegaran jasmani secaramenyeluruh atau umum tanpa didasari oleh keadaan kesegaran jasmani yang baik.

       Itulah postingan mata pelajaran Olah raga dan kesehatan tentang Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli diatas dapat menambah wawasan kita tentang Jenis – Jenis Lomba Dalam Olahraga Lari. (Baca juga artikel lain pada : Soal PTS Biologi Kelas 10 Semester 1)

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[smartslider3 slider=2]