"> Pengertian Desain Produk dan Fungsi Kerajinan Tekstil - Berbagi itu Indah

Pengertian Desain Produk dan Fungsi Kerajinan Tekstil

Pengertian Desain Produk dan Fungsi Kerajinan Tekstil

Pengertian Desain Produk dan Fungsi Kerajinan Tekstil

Pengertian Desain Produk dan Fungsi Kerajinan Tekstil

       Dalam postingan kali ini kami ingin manambah wawasan kita Bersama tentang produk kerajinan tekstil. Namun yang kita bahas Bersama adalah tentang Pengertian Desain Produk dan Fungsi Kerajinan Tekstil, sehingga pembahasan kita meliputi Pengertian, fungsi dan beberapa contoh Produk Kerajinan Tekstil. (Baca juga : Ciri dan Tokoh aliran seni lukis Naturalisme)

Pengertian Desain Produk Kerajinan Tekstil

       Pengertian Tekstil menurut Wilkipedia adalah material fleksibel yang terbuat dari tenunan benang. Tekstil dibentuk dengan cara penyulaman, penjahitan, pengikatan, dan cara ”pressing”. Istilah tekstil dalam pemakaiannya sehari-hari sering disamakan dengan istilah kain. Namun ada sedikit perbedaan antara dua istilah ini, tekstil dapat digunakan untuk menyebut bahan apapun yang terbuat dari tenunan benang, sedangkan kain merupakan hasil jadinya, yang sudah bisa digunakan. Tekstil juga dapat diartikan jalinan antara lungsin dan pakan atau dapat dikatakan sebuah anyaman yang mengikat satu sama lain , tenunan dan rajutan.

       Kerajinan tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utama. Desain merupakan langkah awal dalam mewujudkan suatu karya seni, dan desain merupakan rancangan yang akan memudahkan dalam pencapaian tujuan atau penciptaan karya seni. Dengan demikian desain dapat diartikan sebagai suatu rancangan gambar yang nantinya dilaksanakan dengan tujuan tertentu yang berupa susunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur. Jadi, Desain Produk Kerajinan Tekstil adalah rancangan yang akan memudahkan dalam pencapaian tujuan atau penciptaan karya seni yang dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utamanya. (Baca juga artikel lain pada : Ilusi Berubah Menjadi Nyata)

Fungsi Karya Kerajinan Tekstil

1. Karya kerajinan benda pakai

       Kerajinan benda pakai meliputi segala bentuk kerajinan yang dipakai sebagai alat, wadah, atau dikenakan pada tubuh manusia. Contoh benda (karya) kerajinan tekstil yang dipakai antara lain berupa pakaian, tas, sepatu, sandal, kain sprei, ikat pinggang, dompet, dan peralatan makan.

2. Karya kerajinan benda hias

       Kerajinan benda hias meliputi segala bentuk kerajinan yang dibuat dengan tujuan untuk dipajang atau digunakan sebagai hiasan. Contoh benda (karya) kerajinan tekstil yang digunakan untuk hiasan antara lain, gantungan kunci, peplika kue, dan bingkai foto yang terbuat dari kerajinan flanel. (Baca juga artikel lain pada : Soal USBN Prakarya dan Kewirausahaan SMA)

Contoh Produk Kerajinan Tekstil

  • Kerajinan Batik.
  • Kerajinan Bordir.
  • Kerajinan Sulam.
  • Kerajinan Quilt.
  • Kerajinan Sablon dan Percetakan.
  • Kerajinan Kain Perca.
  • Kerajinan Jahit Tindas.
  • Kerajinan Cetak Saring.
  • Kerajinan Tenun Kain.
  • Kerajinan Tapestri.
  • Kerajinan Makrame.
  • Kerajinan Rajut.
  • Kerajinan Renda.

       Itulah pembahasan kita tentang Pengertian Desain Produk dan Fungsi Kerajinan Tekstil yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Pengertian Desain Produk dan Fungsi Kerajinan Tekstil diatas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang produk kerajinan tekstil. (Baca juga artikel lain pada : Papaya Tree an Example of Report Text)

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *