Pengertian dan Struktur Umum Teks Negosiasi

Pengertian dan Struktur Umum Teks Negosiasi

Pengertian dan Struktur Umum Teks Negosiasi

Pengertian dan Struktur Umum Teks Negosiasi

       Negosiasi sebenarnya bukan hal yang asing bagi kita, karena dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari yang namanya negosiasi. Negosiasi biasanya terjadi karena adanya perbedaan kepentingan, salah satu contoh sederhana misalnya ketika kita membeli sesuatu di pasar dengan tawar menawar, tanpa di sadari kita sudah melakukan negosiasi. (Baca juga : Definisi dan Ciri Teks Eksplanasi)

       Lalu apa teks negosiasi itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dalam kesempatan kali ini akan kita bahas tentang Pengertian dan Struktur Umum Teks Negosiasi beserta contoh percakapan yang berisi teks negosiasi.

Pengertian Teks Negosiasi

       Negosiasi berasal dari bahasa inggris (negotiate) yang artinya perundingan dengan strategi khusus.

       Teks Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Kedua pihak yang melakukan negosiasi mempunyai hak yang sama, menerima, dan saling memberi terhadap hasil yang akan disepakati.

       Negosiasi biasanya berisi proses tawar-menawar hingga mencapai suatu kesepakatan. Jadi, kata kunci teks negosiasi ialah adanya proses tawar-menawar untuk suatu kepentingan. (Baca juga artikel lain pada : Report Text about Banana Tree)

Struktur Umum Teks Negosiasi

Sebenarnya ada beberapa struktur Teks Negosiasi sesuai dengan tujuan atau jenis negosiasinya, namun secara umum Struktur Teks Negosiasi adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan

       Biasanya pembukaan ini berisi mengenai basa basi atau pengenalan diri, salam dan sapa yang bertujuan sebagai pengiring topik.

  1. Isi

       Bagian isi teks negosiasi berisi mengenai inti pembahasan. Bagian isi dalam teks negosiasi ini terbagi menjadi dua yaitu penyampaian materi serta tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Penyampaian materi isinya terkait pernyataan dan pemberitahuan mengenai masalah. Sedangkan yang disebut dengan tawar-menawar dan penyelesaian masalah adalah bagian yang berisi negosiasi atau proses penyelesaian tujuan yang berbeda hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian.

  1. Penutup

       Bagian penutup ini merupakan bagian terakhir dalam teks negosiasi dan biasanya berisi tentang basa-basi yang memiliki arti. Seperti ucapan terima kasih dan lain sebagainya. (Baca juga artikel lain pada : Soal UNBK Bahasa Indonesia SMP Bagian 1)

  1. Contoh Teks Negosiasi Jual-Beli:

Contoh berikut ini memperlihatkan proses negosiasi yang terjadi antara penjual dan pembeli tentang harga dari sepotong celana jean. Berikut ini contohnya:

Pembeli: “Bu saya mau beli celana jean ini, berapa harganya?”

Penjual: “Kalau celana jean yang itu harganya 250 ribu nak.”

Pembeli: “Harganya boleh kurang nggak bu?”

Penjual: “Hmmm, boleh. Mau nawar berapa nak?”

Pembeli: “150 ribu aja bu, gimana?”

Penjual: “Wah, harga segitu rasanya tidak bisa nak.”

Pembeli: “Kalau 175 ribu?”

Penjual: “Naikin dikit nak, 190 ribu ibu lepas celana jean ini.”

Pembeli: “Iya deh bu, saya setuju, ini uangnya”

       Itulah postingan tentang Pengertian dan Struktur Umum Teks Negosiasi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Pengertian dan Struktur Umum Teks Negosiasi diatas dapat bermanfaat. (Baca juga artikel lain pada : Bad Fact Between Human And Nature)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *