Pengertian dan Proses Terjadinya Embun

Pengertian dan Proses Terjadinya Embun

Pengertian dan Proses Terjadinya Embun

Pengertian dan Proses Terjadinya Embun

       Ketika kita jalan – jalan atau lari pagi di jalan atau lapangan yang berumput sebelum matahari terbit, kaki kita seringkali atau bahkan selalu merasakan dingin dan basah oleh air. Nah setelah kita amati ternyata di rumput atau dedaunan tersebut ada titik – titik air yang ada di balik rumput atau dedaunan itu. Air itu adalah air embun. Lalu apakah air embun itu? Dan bagaimana proses terjadinya air embun tersebut? Untuk menjawab pertanyaan itu, dibawah ini akan sedikit kita bahas tentang Pengertian dan Proses Terjadinya Embun. (Baca juga : Pengertian dan Fungsi Keringat)

Pengertian Embun

       Embun adalah uap air yang mengalami proses pengembunan-proses berubahnya gas menjadi cairan. Embun biasanya muncul di pagi hari, di sela-sela kaca jendela atau di balik daun. Embun biasa terjadi setelah hujan atau saat pagi hari.

       Menurut kamus bahasa indonesia embun di artikan sebagai titik-titik air yang jatuh dari udara pada malam hari.

       Secara umum embun ialah titik-titik air yang menempel pada daun-daun dan rumput-rumput yang sering dijumpai pada pagi hari atau sebelum panas matahari mengenai daun itu. (Baca juga artikel lain pada : Second of Spinning Clock)

Proses Terjadinya Air Embun

       Ketika siang hari panas matahari diserap oleh benda – benda ada di bumi sehingga udara juga menjadi panas, sedangkan di malam hari benda – benda kehilangan panas. Ketika benda – benda di dekat tanah menjadi dingin, sehingga suhu udara di sekitarnya juga berkurang. Udara yang lebih dingin tidak dapat menahan uap air sebanyak udara yang lebih hangat atau panas.

      Dalam proses terjadinya embun disebabkan perbedaan suhu udara. Jika suhu udara bertambah semakin dingin, akhirnya udara akan mencapai titik embun. Titik embun merupakan suhu dimana udara masih sanggup menahan uap air sebanyak mungkin. Jika suhu udara semakin dingin, sebagian uap air akan mengembun diatas permukaan benda terdekat, misalnya pada daun-daun tanaman, rumput atau benda lainnya..

       Embun terbentuk dengan baik pada malam hari yang cerah dan tenang. Embun juga terbentuk dengan baik ketika kelembaban tinggi, sebaliknya ketika langit berawan benda-benda menjadi dingin lebih lama karena awan memancarkan kembali panas ke bumi. Yang ketika angin bertiup, udara membutuhkan lebih banyak waktu untuk menjadi dingin mendekati titik embun. Di daerah yang suhunya dapat mencapai minus di bawah nol derajat celcius dapat ditemukan embun yang berupa kristal-kristal es. Embun yang demikian ini dinamakan dengan embun beku atau embun putih.

       Embun beku merupakan sebuah pola dari kristal es yang terbentuk dari uap air di atas rumput, daun atau benda-benda lain yang berada di dekat dengan permukaan tanah. Embun beku terbentuk pada saat malam hari ketika cuaca cerah dan suhu udara di bawah nol derajat celcius atau pada suhu dibawah titik beku air. Dalam pembentukan embun beku diawali dari turunnya suhu udara pada malam hari, pada saat itu suhu mengalami penurunan jauh lebih besar dari pada penurunan suhu pada malam berawan. (Baca juga artikel lain pada : Drama Cinderella and The Prince)

       Pada kondisi malam yang cerah tidak ada awan yang memantulkan kembali panas yang dipancarkan pada permukaan bumi. Yang pada saat proses pendinginan berlanjut, maka uap air di udara mengembun membentuk titik-titik embun yang menempel pada benda. Sebagian titik-titik embun ini kemudian membeku ketika suhu udara turun di bawah nol derajat celcius. Lama kelamaan titik embun menjadi kristal beku karena adanya penggumpalan di sekeliling titik-titik embun dan pengumpulan uap air di atas kristal.

       Embun biasa maupun embun beku dapat menguap jika sinar matahari terasa mulai hangat, udara hangat dapat menahan air lebih banyak dan embun akan menguap ke udara.

       Itulah postingan kami tentang Pengertian dan Proses Terjadinya Embun yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Air Embun diatas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang Maha Besarnya Allah atas segala ciptaanNYA di alam raya ini. (Baca juga artikel lain pada : Soal PAT IPA Kelas 7 SMP)

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *