"> Pengertian dan Manfaat lari Lintas Alam - Berbagi itu Indah

Pengertian dan Manfaat lari Lintas Alam

Pengertian dan Manfaat lari Lintas Alam

Pengertian dan Manfaat lari Lintas Alam

Pengertian dan Manfaat lari Lintas Alam

      Setelah pada postingan terdahulu kita membahas tentang macam-macam lomba lari, kini kami akan berbagi salah satu jenis lari yaitu tentang pengertian lari lintas alam atau yang lebih dikenal dengan Cross Country yang juga manfaat lari Lintas Alam. Dan yang akan kami bahas disini adalah pengertian lari lintas alam dan manfaat dari lari lintas alam (Cross Country) tersebut, serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam lomba lari lintas alam. (Baca juga : Jenis Lomba Dalam Olahraga Lari)

Inilah pembahasan tentang Pengertian Lari Lintas Alam dan Manfaatnya :

Pengertian lari Lintas Alam

      Lari lintas alam adalah lari jarak jauh dengan intensitas ringan hingga sedang yang dilakukan di alam terbuka, seperti pegunungan, pemukiman, pantai, atau hutan.

Manfaat lari Lintas Alam

      Lari lintas alam bisa dimanfaatkan sebagai salah satu latihan untuk meningkatkan daya tahan. Untuk itu, jarak tempuh dan waktu berlari harus terukur dengan baik sehingga dapat dipantau tingkat perkembangan agar kualitas latihan bisa terus ditingkatkan. Lari lintas alam bisa dilakukan selama satu hingga dua jam atau sesuai dengan target dan kemampuan pelari. (Baca juga artikel lain pada : Terjebak dalam Gedung Bioskop)

      Lari lintas alam juga bisa dimanfaatkan untuk wisata. Bagi mereka yang tinggal di kota –dan selama ini hanya punya kesempatan berlari di aspal atau bahkan treadmill, berlari di alam terbuka bisa menjadi pilihan olahraga yang menyegarkan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam lomba lari lintas alam

Karena Pengertian Lari Lintas Alam dan Manfaatnya diatas, maka Jalur lomba diupayakan:

  • Pada jalur di alam terbuka di ladang yang luas, lapangan rumput yang luas dengan sebagian tanah yang baru dibajak hindari banyaknya jalur yang memotong.
  • Jalur perlombaan harus diberi rambu-rambu sebagai penunjuk jalur, diupayakan dikiri-kanan jalur dibuatkan pembatas dengan tali atau benda lain.
  • Bila merancang jalur hindari rintangan yang membahayakan seperti parit yang dalam, terjal, curam, semak belukar yang tebal.
  • Start dan jarak-jarak yang relatif pendek jalur yang menyempit harus dihindari agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya, seperti jembatan titian yang menghambat layu pelari.
  • Jalur pelombaan harus diukur dan diumumkan pada semua peserta dan adanya penjelasan tentang kondisi alam sekitar yang dilalui. Jika jalur tersebut lingkaran hendaknya satu putaran tidak kurang dari 2200 meter. (Baca juga artikel lain pada : Soal IPA Tentang Pencemaran Lingkungan) 
  • Jalur lomba dapat diterima dan dipertanggungjawabkan, rute lomba harus dirinci dalam buku acara serta menunjukkan sekretaris, panitia, wasit dan juri pos(juri titik) sepanjang jalur lomba untuk memberikan arah lari bagi peserta.

.      Itulah postingan tentang Pengertian Lari Lintas Alam dan Manfaatnya yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Pengertian dan Manfaat lari Lintas Alam diatas dapat menambah wawasan kita tentang lari lintas alam. (Baca juga artikel lain pada : Keindahan Panorama Alam)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *