Pengertian dan Macam Macam Rukun Iman

Pengertian dan Macam Macam Rukun Iman

Pengertian dan Macam Macam Rukun Iman

      Sebagai seorang yang mengaku beriman, kita wajib tidak hanya melalui ucapa secara lisan maupun dalam hati, tetapi juga harus mampu untuk melaksanakannya. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi ilmu tentang Pengertian dan Macam Macam Rukun Iman walau kami menyadari bahwa kami sendiri sangat kurang dalam ilmu agama, namun karena menyampaikan ilmu adalah perintah yang disuruhkan oleh Rasulullah, maka kami menyampaikan hal ini.

      Ada dua hal yang kami sampaikan tentang Rukun Iman yaitu, Pengertian Rukun Iman dan macam-macam Rukun Iman. (Pelajari juga : Pengertian dan Macam Macam Rukun Islam)

Inilah penjelasan tentang Pengertian dan Macam Macam Rukun Iman:

Pengertian Rukun Iman

      Kata “Rukun” yang terdapat dalam rukun iman merupakan landasan, dasar atau asas.

      Kata “Iman” dalam bahasa ialah membenarkan atau percaya. Sedangkan untuk kata “iman” dalam istilah syar’i yakni keyakinan didalam hati, perkataan yang ada di lisan, amalan dengan anggota badan, bertambah dengan menjalankan ketaatan dan berkurang dengan maksiat.

      Kalau kita menghubungkan keduanya maka arti dari rukun iman ialah landasan atau dasar-dasar yang mesti kita yakini dalam hati pada setiap muslim dan bisa dibuktikan dalam lisan serta perbuatannya dalams sehari-hari.

Macam-macam Rukun Iman

Pada sebuah hadist dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Alh Khatab r.a yang berisi bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Islam dibangun diatas lima perkara yaitu bersaksi bahwa tiada dzat yang disembah kecuali Allah SWT dan bahwa nabi Muhammad adalah utusanNYA, Menegakkan sholat, menunaikan puasa, zakat, dan haji.” (HR.At-turmuzi dan Muslim)

Dari Hadits tersebut diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Rukun Islam ada lima (5) macam yaitu:

1) Iman (percaya) kepada Allah

2) Iman (percaya) kepada malaikat

3) Iman (percaya) kepada Rasul-Rasul Allah

4) Iman (percaya) kepada kitab-kitab Allah

5) Iman (percaya) kepada Hari Kiamat (Hari Akhir)

6) Iman (percaya) kepada Qada dan Qadar (Takdir yang baik dan yang buruk)

Penjelasan singkat tentang kelima Rukun Iman

1) Iman (percaya) kepada Allah

      Rukun Iman yang pertama adalah Iman kita kepada Allah. Mengimani berarti percaya bahwa tiada Tuhan selain Allah. Percaya bahwa Allah itu Esa, tidak beranak atau diperanakkan, tidak bersaudara, atau apapun itu.

2) Iman (percaya) kepada malaikat

      Rukun Iman yang kedua yaitu percaya adanya malaikat Allah. Membenarkan bahwa mereka para malaikat terbuat dari cahaya dan mereka adalah makhluk Allah yang paling patuh dan taat beribadah karena tujuan penciptaannya hanyalah untuk beribadah kepada Allah dan melaksanakan segala perintah yang Allah berikan.

3) Iman (percaya) kepada Rasul-Rasul Allah

      Rukun Iman yang ketiga adalah Iman kepada kitab-kita Allah atau kalamullah. Yaitu percaya bahwa seluruh kitab-kitab yang telah disebutkan di dalam Al-Qur’an seperti kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur’an merupakan kitab-kitab yang telah diturunkan oleh Allah langsung melalui Nabinya.

      Adapun kitab suci kita Al-Qur’an merupakan sebuah penyempurnaan kitab dari kitab-kitab pendahulunya tersebut

4) Iman (percaya) kepada kitab-kitab Allah

      Rukun Iman yang keempat adalah mengimani tentang Nabi dan Rasul Allah. Yaitu seorang manusia yang telah diutus oleh Allah sebagai perantara untuk menyampaikan risalah yang ingin diperintahkan Allah kepada ummat manusia.

      Kita wajib mengimani bahwa semua wahyu yang telah disampaikan Nabi dan Rasul itu adalah benar dan nyata. Dan jika kita mendustakan tentang kenabian salah seorang dari mereka para Nabi dan Rasul, maka kita sama saja tidak menyakini tentang Islam.

5) Iman (percaya) kepada Hari Kiamat (Hari Akhir)

      Rukun Iman yang kelima adalah ) Iman (percaya) kepada Hari Kiamat (Hari Akhir). Disebut sebagai hari akhir sebab dia merupakan hari terakhir untuk dunia ini, tak ada lagi untuk hari esok. Hari akhir merupakan hari dimana Allah SWT telah mewakafkan untuk seluruh makhluk yang masih hidup pada saat itu kecuali yang Allah perkecuallikan, lalu mereka semua akan dibangkitkan untuk bisa mempertanggungjawabkan amalan yang telah mereka lakukan.

6) Iman (percaya) kepada Qada dan Qadar (Takdir yang baik dan yang buruk)

      Rukun Iman yang keenam adalah Iman (percaya) kepada Qada dan Qadar (Takdir yang baik dan yang buruk). yaitu meyakini dan percaya bahwa semua yang berlaku dalam alam ini semuanya ketentuan dan ketetapan Allah SWT. Artinya kita wajib untuk mengimani bahwa semua yang telah Allah Takdirkan, apakah itu kejadiannya baik atau buruk maka itu semua bersumber dari Allah SWT.  Karena Allah mengetahui semua  kejadian yang  sudah terjadi, yang sedang terjadi, dan yang belum terjadi, serta semua kejadian yang tidak terjadi seandainya terjadi maka Allah mengetahuinya bagaimana itu terjadi.

Wallahu a’lam bish-shawab

      Itulah postingan kami tentang Pengertian dan Macam Macam Rukun Iman yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Pengertian dan Macam Macam Rukun Iman tersebut diatas dapat bermanfaat. (Pelajari juga : Pengertian Unsur dan Contoh Puisi)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *