Pengertian dan Macam-macam Kerajinan Bahan Lunak

Pengertian dan Macam-macam Kerajinan Bahan Lunak

Pengertian dan Macam-macam Kerajinan Bahan Lunak

Pengertian dan Macam-macam Kerajinan Bahan Lunak

       Manusia dalam keterbatasannya berupaya memenuhi kebutuhan dan mencoba mengatasi kendala yang dihadapi dengan keterampilan dalam melakukan sesuatu yang lama kelamaan tumbuh menjadi keterampilan kerajinan. Produk yang dihasilkanpun beraneka ragam mulai dari yang berbahan lunak sampai yang berbahan keras. (Baca juga : Prinsip Pengolahan Limbah Organik)

       Dan untuk kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah kerajinan bahan lunak, dalam hal ini yang kita bahas adalah Pengertian Kerajinan Bahan Lunak beserta macam – macamnya.

Inilah materi tentang Pengertian dan Macam-macam Kerajinan Bahan Lunak

Pengertian Kerajinan Bahan Lunak

       Kerajinan bahan lunak adalah suatu produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar dari bahan yang bersifat lunak. 

Macam-Macam Kerajinan Bahan Lunak

       Walaupun dinamakan bahan lunak, tapi ternyata bahan lunak yang digunakan untuk membuat kerajinan ini dibagi menjadi dua, yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan. Perbedaan antara bahan lunak alami dan buatan, yaitu:

  • Bahan Lunak Alami, dan
  • Bahan Lunak Buatan
  1. Bahan lunak alami merupakan bahan lunak yang didapat dari alam sekitar dan dengan proses pengolahan yang juga secara alami tanpa sedikitpun dicampur dengan bahan- bahan buatan. Contoh bahan alami yang digunakan untuk kerajinan ini,yaitu, tanah liat, serat alam, dan kulit. (Baca juga artikel lain pada : Kehadiranmu Berhasil Membuatku Tersenyum)

Contoh:

  • Kerajinan dari Tanah Liat, misalnya batu bata merah, genteng, tembikar, dan masih banyak lagi.
  • Kerajinan dari Serat Alam, misalnya, rotan yang diolah menjadi kursi dan meja yang antik. Dan Anyaman untuk bebagai keperluan, misalnya tas, topi, dompet, alas meja, tempat lampu dan lainnya,
  • Kerajinan dari Kulit, misalnya, produk kerajinan kulit merupakan karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah disamak, kulit mentah atau kulit sintetis. Karya kerajian dari kulit diproses menggunakan teknik ukir dan jahit, contoh: tas, dompet, wayang, jaket, sepatu, dan lain sebagainya.
  1. Bahan lunak buatan merupakan bahan yang digunakan untuk suatu karya kerajinan yang dioalah menjadi lunak. Adapun macam-macam karya kerajinan dari bahan lunak buatan didapat berdasarkan bahan yang digunakannya, seperti bubur kertas, gips, sabun, lilin, dan lain sebagainya. (Baca juga artikel lain pada : Nasib Tamu Undangan Pernikahan)

Contoh:

  • Kerajinan Gips, misalnya kerajinan dari gips untuk hiasan dinding dan mainan.
  • Kerajinan Lilin, Contoh kerajinan dari bahan lilin ini yaitu bunga lilin atau berbagai hiasan lainnya.
  • Kerajinan Sabun, misalnya, benda hias yang indah berupa ukiran binatang, buah, bunga, dan lain sebagainya.
  • Kerajinan Bubur Kertas, Contoh produk kerajinan dari bahan lunak ini berupa Bingkai foto, Topeng, Tempat alat tulis, dan lain sebagainya.

       Itulah postingan materi prakarya tentang Pengertian Kerajinan Bahan Lunak beserta macamnya yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Pengertian Kerajinan Bahan Lunak diatas dapat bermanfaat bagi kita. (Baca juga artikel lain pada : Soal PTS Geografi Kelas 10 Semester 1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[smartslider3 slider=2]