Pengertian dan Macam-macam Angin Fohn

Pengertian dan Macam-macam Angin Fohn

Pengertian dan Macam-macam Angin Fohn

Pengertian dan Macam-macam Angin Fohn

       Sebagaimana telah kita bahas dalam postingan sebelumnya tentang Pengertian dan Jenis Angin, bahwa ANGIN adalah gerakan udara mendatar atau sejajar dengan permukaan bumi yang terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara antara satu tempat dengan tempat yang lainnya. Pengertian lain dari angin adalah aliran udara dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah. Sedangkan dari beberapa jenis angin, yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah tentang Angin Fohn, dalam hal ini yang akan kita bahas adalah tentang Pengertian dan Macam-macam Angin Fohn yang ada di Indonesia dan negara lain. (Baca juga : Proses Terjadinya Angin Darat dan Angin Laut)

Pengertian Angin Fohn

       Angin fohn atau yang dikenal juga dengan istilah angin lokal atau angin terjun adalah angin yang terjadi apabila ada gerakan massa udara yang menaiki suatu pegunungan dengan ketinggian lebih dari 200 meter. Massa udara yang mencapai puncak pegunungan akan mengalami kondensasi dan akhirnya timbul hujan pada satu sisi lereng. Adapun pada lereng yang lain tidak terjadi hujan karena terhalang tingginya pegunungan. Daerah yg tidak mengalami hujan disebut daerah bayangan hujan.

       Terjadinya angin fohn dimulai dengan gerakan massa udara dari wilayah pantai yang banyak mengandung uap air. Massa udara itu lalu naik melalui lereng gunung. Oleh karena naik, maka suhunya menjadi menjadi semakin berkurang (Ingat: setiap naik ketinggian 100 m dari permukaan laut, maka suhu akan turun sekitar 0,6°C). Akibat terus-menerus terjadi penurunan suhu, pada ketinggian tertentu terjadilah proses kondensasi (pengembunan) dan terbentuk awan yang selanjutnya dijatuhkan sebagai hujan orografis di daerah lereng pegunungan yang menghadap pantai. (Baca juga artikel lain pada : Father Slam Bone for Family)

       Massa udara yang telah kering karena uap airnya telah dijatuhkan sebagai hujan ini terus bergerak menuruni lereng pegunungan yang membelakangi pantai (daerah bayangan hujan). Massa udara yang bergerak turun melintasi daerah bayangan hujan ini dinamakan Angin Fohn atau angin jatuh.

       Oleh karena gerakan angin terus turun dari ketinggian, maka suhu angin akan mengalami peningkatan. Hal inilah yang menyebabkan pada umumnya angin fohn bersifat panas dan kering.

Macam-macam Nama Angin Fohn yang ada di Indonesia

Angin Fohn di daerah-daerah di Indonesia mempunyai banyak nama yang berbeda. Antara lain adalah sebagai berikut;

  • Daerah Deli, Sumatera Utara : Angin fohn diberi nama angin bahorok.
  • Daerah Pasuruan, Jawa Timur : Angin fohn diberi nama angin gending.
  • Daerah Cirebon, Jawa Barat : Angin fohn diberi nama angin kumbang.
  • Daerah Biak, Irian Jaya : Angin fohn diberi nama angin wambraw.
  • Daerah Makassar, Sulawesi Selatan : Angin fohn diberi nama angin brubu. (Baca juga artikel lain pada : Kalasan Temple Yogyakarta)

Sedangkan di negara lain, Angin Fohn juga mempunyai nama lain, misalnya:

  • di Amerika, Angin Ffohn disebut dengan Chinook.
  • di Laut Adriatik, Eropa, Angin Ffohn disebut dengan Bora
  • di Prancis selatan, Angin Ffohn disebut dengan Mistral
  • di Italia Selatan, Angin Ffohn disebut dengan Sirocco
  • di Mesir, Angin Ffohn disebut dengan Khamsin
  • di Guinea, Afrika, Angin Ffohn disebut dengan Harmattan
  • di libya, Angin Ffohn disebut dengan Ghibli
  • di argentina, Angin Ffohn disebut dengan Zonda

        Itulah postingan tentang Pengertian dan Jenis Angin yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Pengertian dan Jenis Angin diatas dapat menambah wawasan kita tentang Angin. (Baca juga artikel lain pada : PAS Bahasa Inggris Kelas 8 Semester Genap)

You may also like...

2 Responses

  1. […]  The purpose of publishing this video is giving appreciation to her for her effort to increase her courage in improving her speaking skill. Our other goal in publishing this video is to support her other friends and all readers, especially everyone who are still studying in Junior High School, so they are not embarrassed in conveying their idea. (Also read other article at : Pengertian dan Macam-macam Angin Fohn) […]

  2. […]        Sebelum kita membahas tentang pengertian angin Muson maupun proses terjadinya, marilah terlebih dahulu kita memahami tentang apa itu angin. Pada dasarnya Angin adalah berupa udara yang bergerak. Sedangkan penyebab udara bergerak karena adanya perbedaan tekanan dari tempat yang satu dengan tempat yang lain. Udara akan bergerak dari udara yang bertekanan tinggi ke tempat udara yang bertekanan rendah. (Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Angin Fohn) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *