Pengertian dan Jenis-jenis Limbah

Pengertian dan Jenis-jenis Limbah

Pengertian dan Jenis-jenis Limbah

Pengertian dan Jenis-jenis Limbah

       Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah “Limbah”. Lalu apa yang dimaksud dengan limbah itu? Untuk mengetahui tentang Limbah, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian Limbah beserta jenis-jenisnya. (Baca juga : Pengertian Limbah Menurut Para Ahli)

Pengertian Limbah

       Pengertian limbah adalah buangan atau material sisa yang dianggap tidak memiliki nilai yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik (rumah tangga).

       Ada juga yang mengatakan bahwa definisi limbah adalah semua material sisa atau buangan yang berasal dari proses teknologi maupun dari proses alam dimana kehadirannya tidak bermanfaat bagi lingkungan dan tidak memiliki nilai ekonomis.

Jenis-jenis Limbah

Limbah dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu:

A. Berdasarkan Wujudnya

    Jenis limbah dilihat dari fisiknya terdiri dari;

  1. Limbah gas, merupakan jenis limbah yang berbentuk gas. Contoh limbah dalam bentuk gas antara lain: karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), HCL, NO2, dan SO2.
  2. Limbah cair, adalah jenis limbah yang memiliki fsik berupa zat cair. Misalnya air cucian, air hujan, rembesan AC, air sabun, dan minyak goreng buangan. (Baca juga artikel lain pada : Terima Kasih untuk Ayah yang Tangguh)
  3. Limbah padat, merupakan jenis limbah yang berupa padat. Contohnya kotak kemasan, bungkus jajanan, plastik, botol, kertas, kardus, dan ban bekas.

B. Berdasarkan sumbernya

    Berdasarkan sumbernya limbah bisa berasal dari:

  1. Limbah pertanian, limbah yang ditimbulkan karena kegiatan pertanian.
  2. Limbah industri, merupakan jenis limbah yang dihasilkan oleh pembuangan kegiatan industri.
  3. Limbah pertambangan, limbah yang asalnya dari kegiatan pertambangan.
  4. Limbah domestik, merupakan limbah yang berasal dari rumah tangga, pasar, restoran dan permukiman-permukiman penduduk yang lain.

C. Berdasarkan senyawanya

    Berdasarkan senyawa limbah dibagi lagi menjadi dua jenis sebagai berikut.

  1. Limbah organik, merupakan limbah yang bisa dengan mudah diuraikan atau mudah membusuk. Limbah organik mengandung unsur karbon. Limbah organik dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya kulit buah dan sayur, kotoran manusia dan kotoran hewan. (Baca juga artikel lain pada : Names of Profession in Hospital)
  2. Limbah anorganik, adalah jenis limbah yang sangat sulit atau bahkan tidak bisa untuk diuraikan atau tidak bisa membusuk. Limbah anorganik tidak mengandung unsur karbon. Contoh limbah anorganik adalah plastik, beling, dan baja. Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan harus diidentifkasi terlebih dahulu. Setelah memahami jenis limbah kita dapat mengelompokkan jenis limbah organik dan anorganik yang dapat dimanfaatkan sebagai produk kerajinan. Limbah baik organik maupun limbah anorganik memerlukan pengelolaan secara kreatif untuk dapat menghasilkan produk kerajinan yang bernilai tinggi.

       Itulah postingan materi prakarya tentang Pengertian dan Jenis-jenis Limbah yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Pengertian dan Jenis-jenis Limbah diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk manambah wawasan kita tentang limbah. (Baca juga artikel lain pada : Latihan Soal Uraian Auxiliary Modal Can)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *