Pengertian dan Jenis Jenis Fermentasi

Pengertian dan Jenis Jenis Fermentasi

Pengertian dan Jenis Jenis Fermentasi

      Pada postingan ini kami ingin berbagi tentang Pengertian dan Jenis Jenis Fermentasi. Dari judulnya dapat kita uraikan dua hal yang berhubungan dengan fermentasi yaitu pengertian Fermentasi dan jenis-jenis fermentasi. (Pelajari juga : Perbedaan antara Mentega dan Margarin)

Pengertian Fermentasi

      Kata “Fermentasi” berasal dari bahasa Latin “Ferment” yang artinya adalah enzim. Pengertian Fermentasi adalah proses terjadinya penguraian senyawa-senyawa organik untuk menghasilkan energi serta terjadi pengubahan substrat menjadi produk baru oleh mikroba (Madigan, 2011).

Pengertian Fermentasi Dalam Biologi

      Pengertian fermentasi dalam biologi adalh proses perubahan gula menjadi alkohol atau asam dengan adanya bantuan ragi atau bakteri. Ragi membantu perubahan atau konversi gula tersebut menjadi alkohol, sedangkan bakteri mengubahnya menjadi asam. Fermentasi tersebut berlangsung dalam kondisi anaerobik, yaitu tidak menggunakan oksigen. Awalnya, proses fermentasi ini hampir mirip dengan proses glikolisis. Untuk makanan yang di fermentasi, biasanya akan bertahan lebih lama.

Jenis-jenis Fermentasi

Berdasarkan produk yang dihasilkan, fermentasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu (Belitz, 2009):

  1. Homofermentatif, yaitu fermentasi yang produk akhirnya hanya berupa asam laktat. Contoh homofermentatif adalah proses fermentasi yang terjadi dalam pembutaan yoghurt.
  2. Heterofermentatif, yaitu fermentasi yang produk akhirnya berupa asam laktat dan etanol sama banyak. Contoh heterofermentatif adalah proses fermentasi yang terjadi dalam pembuatan tape.

Berdasarkan penggunaan oksigen, fermentasi dibagi menjadi dua jenis yaitu fermentasi aerobik dan anaerobik. Fermentasi aerobik adalah fermentasi yang memerlukan oksigen, sedangkan fermentasi anaerobik tidak memerlukan oksigen (Fardiaz, 1992).

Berdasarkan proses yang dihasilkan oleh mikroba, fermentasi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Fermentasi yang memproduksi sel mikroba (biomass). Produksi komersial dari biomass dapat dibedakan menjadi produksi yeast untuk industri roti, dan produksi sel mikroba untuk digunakan sebagai makanan manusia dan hewan.
  2. Fermentasi yang menghasilkan enzim dari mikroba. Secara komersial, enzim dapat diproduksi oleh tanaman, hewan, dan mikroba, namun enzim yang diproduksi oleh mikroba memiliki beberapa keunggulan yaitu, mampu dihasilkan dalam jumlah besar dan mudah untuk meningkatkan produktivitas bila dibandingkan dengan tanaman atau hewan.
  3. Fermentasi yang menghasilkan metabolit mikroba. Metabolit mikroba dapat dibedakan menjadi metabolit primer dan metabolit sekunder. Produk metabolisme primer yang dianggap penting contohnya etanol, asam sitrat, polisakarida, aseton, butanol, dan vitamin. Sedangkan metabolit sekunder yang dihasilkan mikroba contohnya antibiotik, pemacu pertumbuhan, inhibitor enzim, dan lain-lain.

      Itulah materi tentang Pengertian dan Jenis Jenis Fermentasi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk menambah pengetahuan tentang Pengertian dan Jenis Jenis Fermentasi. (Pelajari Juga : Ciri Ciri Tumbuhan Monokotil)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *