Pengertian dan Fungsi Pasar Uang

Pengertian dan Fungsi Pasar Uang

Pengertian dan Fungsi Pasar Uang

Pengertian dan Fungsi Pasar Uang

       Pasar uang (money market) di indonesia memang masih bisa dibilang relatif baru jika dibandingkan dengan negara – negara maju. Namun, dalam  perkembangan dunia sekarang ini, pasar uang di indonesia juga ikut berkembang  walaupun  tidak sesemarak perkembangan pasar modal (capital market).

       Lalu apakah pasar uang itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka dibawah ini akan kita bagikan tentang pengertian Pasar Uang beserta fungsinya. (Baca juga : Pengertian dan Jenis-Jenis Transmigrasi)

Pengertian Pasar Uang

       Pasar uang (money market) menurut Gitman dan Zutter (2012:35) adalah: “Keseluruhan permintaan dan penawaran dana-dana atau surat-surat berharga yang mempunyai jangka waktu satu tahun atau kurang dari satu tahun dan dapat disalurkan melalui lembaga-lembaga keuangan”.

       Sedangkan menurut M. Irsan Nasarudin, Pasar Uang adalah sarana yang menyediakan pembiayaan jangka pendek (kurang dari satu tahun). Pasar uang tidak seperti pasar modal yang memiliki tempat fisik, pembiayaan yang dijalankan berdasar pada pinjaman (loan)

       Dengan demikian berdasarkan kedua definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa pasar uang adalah suatu lembaga keuangan yang memperjual-belikan sekuritas yang sifatnya jangka pendek (dibawah satu tahun). (Baca juga artikel lain pada : Ilusi Hati Hadir dalam Mimpi)

       Pasar uang sendiri tercipta dikarenakan hubungan keuangan antara individu, pelaku bisnis, pemerintah dan institusi keuangan yang memiliki dana berlebih dan ingin menginvestasikannya pada sekuritas yang aman, dan dimana pula saat para pelaku pasar uang membutuhkan pendanaan (Gitman dan Zutter, 2012:35). Sehingga hal tersebut dipandang sangat membantu perekonomian.

       Alasan kenapa pasar uang dibutuhkan dalam sistem perekonomian adalah dikarenakan banyaknya perusahaan serta individu yang mengalami arus kas yang tidak sesuai antara inflows dan outflows. Misalnya, perusahaan melakukan penagihan dari klien pada periode tertentu dan pada waktu yang lain harus mengeluarkan uang untuk menutupi biaya operasionalnya.

       Untuk mengatasi masalah tersebut (perusahaan pada saat kasnya mengalami defisit), maka perusahaan tersebut sementara dapat memasuki pasar uang sebagai peminjam dengan mencari lembaga keuangan atau pihak lain yang memiliki surplus (kelebihan) dana. Selanjutnya, pada saat perusahaan tersebut mengalami surplus dana, maka perusahaan tersebut menjadi kreditor dalam pasar uang untuk memperoleh pendapatan daripada membiarkan danaya tak terpakai atau idle. (Baca juga artikel lain pada : Transaksi Jual Beli)

Fungsi Pasar Uang

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Fungsi dari pasar uang adalah:

  • Dijadikan perantara pada jual beli berbagai surat berharga berjangka pendek
  • Dijadikan penampung dana dari surat berhaga jangka pendek
  • Dijadikan sumber dana atau pembiayaan untuk perusahaan melakukan investasi
  • Dijadikan perantara bagi investor dari luar negeri dalam hal menyalurkan kredit berjangka pendek terhadap perusahaan yang ada didalam negeri.

       Itulah penjelasan singkat tentang Pengertian dan Fungsi Pasar Uang yang dapat kami kemukakan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Pengertian dan Fungsi Pasar Uang diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk menambah wawasan kita tentang Pasar Uang. (Baca juga artikel lain pada : Soal PTS IPS Kelas 9 Semester 1)

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[smartslider3 slider=2]