Pengertian dan Fungsi Keringat

Pengertian dan Fungsi Keringat

Pengertian dan Fungsi Keringat

Pengertian dan Fungsi Keringat

       Keringat merupakan hal umum yang terjadi sehari-hari pada diri kita, bisa datang ketika kita berjalan di bawah terik matahari, olahraga, berada dalam ruangan panas, atau saat sedang gugup jelang tampil di depan banyak orang, (juga ketika anda sedang bertemu dengan calon mertua, hehehe).

       Lalu apakah keringat itu? Bagaimana keringat itu bias terjadi? Dan apa fungsinya kita berkeringat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dibawah ini akan kita bahas secara singkat tentang Pengertian dan Fungsi Keringat, dan juga bagaimana proses terjadnya keringat. (Baca juga : Pengertian dan Proses Terjadinya Awan)

Pengertian Keringat

       Keringat adalah cairan yang keluar melalui pori-pori tubuh; Cairan yang dikeluarkan tubuh melalui permukaan kulit sebagai hasil proses metabolisme atau karena pengaruh suhu tinggi.

       Pengertian Keringat yang diambil dari kamus biologi adalah zat sisa dari kegiatan kelenjar keringat di bawah kulit.

       Keringat adalah cairan yang dikeluarkan dari integumen tubuh, atau kulit. Ketika tubuh terlalu panas, sistem saraf akan merangsang kelenjar kulit mulai memproduksi cairan ini, yang digunakan untuk mendinginkan tubuh dan membawa suhu turun. Keringat terdiri dari beberapa komponen:

  • Air, yang merupakan komponen utama, dan membentuk 99% keringat.
  • Garam, yang merupakan dibebaskan sebagai bagian dari ekskresi (pembuangan sampah) fungsi kulit
  • Urea, yang merupakan produk limbah lain.

       Temperatur yang tinggi di luar tubuh awalnya akan menyebabkan suhu tubuh berubah. Demikian juga, aktivitas otot akan menghasilkan panas sebagai sumber energi yang dibakar, menyebabkan perubahan suhu tubuh internal. Dalam kedua kasus, panas sedang diterapkan atau diproduksi seluruh tubuh, dan ini dapat meningkatkan suhu tubuh di luar kisaran normal. (Baca juga artikel lain pada : Revolusi Mental Seorang Pemimpin)

       Keringat mendinginkan tubuh saat menguap dari kulit. Penguapan adalah proses dari berbalik cair menjadi gas. Selama penguapan, permukaan kulit biasanya akan menjadi dingin seperti keringat daun. Dengan melakukan ini, tubuh dapat membantu dalam ‘pendinginan’ dan mempertahankan suhu tubuh normal. Biasanya, ketika kita berkeringat, tubuh akan melanjutkan proses ini sampai A) suhu di sekitar kita diturunkan atau B) aktivitas fisik telah berhenti.

Fungsi Keringat

       Fungsi keringat yang paling utama adalah untuk menurunkan suhu tubuh kita. Proses ini disebut termoregulasi atau mekanisme pengaturan suhu tubuh. Otak kita mengirimkan sebuah sinyal ke lebih dari 3 juta kelenjar di seluruh tubuh untuk melepaskan keringat. Ketika cairan ini menguap dari kulit kita, suhu tubuh kita pun menurun. (Baca juga artikel lain pada : Report Text About Dolphin)

Lalu apa penyebab kita berkeringat?

Penyebab berkeringat?

Terdapat berbagai faktor penyebab keringat, baik yang berasal dari dalam tubuh maupun sebagai pengaruh situasi sekitar, sebagai berikut:

  • Lingkungan yang panas
  • Gerakan dan aktivitas fisik
  • Perasaan emosional, termasuk stres
  • Makanan panas dan pedas
  • Efek samping obat atau operasi
  • Penyakit, ketika tubuh berusaha melawan infeksi atau demam
  • Perubahan hormonal semisal menopause, kehamilan, menstruasi, atau pubertas.

       Itulah postingan materi pengetahuan tentang Pengertian dan Fungsi Keringat yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang fungsi keringat diatas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang keringat. (Baca juga artikel lain pada : Soal PAT IPA Kelas 7 SMP)

You may also like...

1 Response

  1. […]        Ketika kita jalan – jalan atau lari pagi di jalan atau lapangan yang berumput sebelum matahari terbit, kaki kita seringkali atau bahkan selalu merasakan dingin dan basah oleh air. Nah setelah kita amati ternyata di rumput atau dedaunan tersebut ada titik – titik air yang ada di balik rumput atau dedaunan itu. Air itu adalah air embun. Lalu apakah air embun itu? Dan bagaimana proses terjadinya air embun tersebut? Untuk menjawab pertanyaan itu, dibawah ini akan sedikit kita bahas tentang Pengertian dan Proses Terjadinya Embun. (Baca juga : Pengertian dan Fungsi Keringat) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *