Pengertian dan Contoh Uncountable Noun

Pengertian dan Contoh Uncountable Noun

Pengertian dan Contoh Uncountable Noun

      Banyak sekali benda yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, baik benda yang dapat dihitung (countable) maupun benda yang tidak dapat dihitung (uncountable) yang ada disekitar kita. (Pelajari juga : Pengertian dan Contoh Countable Noun)

      Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi materi Bahasa Inggris tentang Pengertian dan Contoh Uncountable Noun (benda yang tidak dapat dihitung).

      Langsung saja kita ke materi Pengertian dan Contoh Uncountable Noun yang meliputi:

Pengertian Uncountable Noun (kata benda yang tidak dapat dihitung)

      Kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable noun) adalah kata yang menunjukkan benda yang jumlahnya tidak dapat dihitung (dengan pasti). Jika orang menghitung benda yang uncountable maka yang dihitung adalah tempat benda tersebut, atau nilai dari benda tersebut. Kata benda yang tergolong uncountable adalah benda yang tidak dapat berbentuk jamak sehingga dalam kalimat selalu berbentuk tunggal (singular).

      Karena tidak dapat dihitung dengan pasti, maka benda yang tergolong uncountable selalu dalam bentuk tunggal sehingga kita tidak dapat menambahkan penunjuk “a” atau “an”, dan juga tidak dapat menambahkan huruf “S” setelah kata benda tersebut.

Contoh Uncountable Noun (benda yang tidak dapat dihitung)

Contoh benda yang tergolong pikiran (Ideas) konsep (concepts) misalnya:  love, fun, sadness, work, money, peace, safety, dan lain-lain.

Contoh benda yang tergolong informasi (Information) misalnya: advice, information, news, knowledge, dan lain-lain.

Contoh benda yang tergolong kategori (categories) misalnya: music, furniture, equipment, jewelry, literature, meat, dan lain-lain

Contoh benda yang tergolong cairan (Liquid) dan makanan (food) yang tidak dapat dihitung, misalnya:  water, butter, rice, flour, milk, dan lain-lain.

Contoh tambahan yang termasuk benda yang tidak dapat dihitung (uncountable noun), misalnya:

Tea, sugar, air, rice, knowledge, beauty, anger, fear, research, evidence, dan lain-lain.

Kita tidak dapat menggunakan a/an pada uncountable nouns. Untuk mengungkapkan jumlah pada benda yang tidak dapat dihitung, kita menggunakan kata misalnya: some, a lot of, much, a bit of, a great deal of , dan lainnya.

Untuk ukuran kita dapat menggunakan tempatnya, misalnya:  a cup of, a bag of, 1kg of, 1L of, a handful of, a pinch of, an hour of, a day of.

Jika kita ingin bertanya tentang jumlah benda yang tidak dapat dihitung, kita dapat menggunakan “How much?

Contoh dalam kalimat:

  • There has been a lot of research into the causes of this disease.
  • He gave me a great deal of advice before my interview.
  • Can you give me some information about uncountable nouns?
  • He did not have much sugar left.
  • Measure 1 cup of water, 300g of flour, and 1 teaspoon of salt.
  • How much rice do you want?
  • Our teacher gives us too much homework!
  • Add a little butter to the recipe.
  • We heard some great music on the radio this morning.
  • He doesn’t have any furniture in his new house.

Itulah materi Bahasa Inggris tentang Pengertian dan Contoh Uncountable Noun yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga materi tentang Pengertian dan Contoh Uncountable Noun diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk menambah wawasan Bahasa Inggris kita. (Lihat juga artikel lain  dalam versi bahasa Inggris pada : Function of Cardinal Number)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *