Pengertian dan Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian dan Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian dan Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian dan Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

       Seni rupa adalah seni yang mengutamakan nilai estetika dan keindahan suatu karya. Karya seni rupa merupakan sesuatu yang dapat dilihat dan diraba. Contoh karya seni rupa yang sudah kita kenal sejak dahulu adalah lukisan, kaligrafi, patung, arsitektur, dan seni kriya. Jika dikelompokkan berdasarkan bentuk dan wujudnya, karya seni rupa dibagi menjadi seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. (Baca juga : Batik Semi Klasik)

       Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang seni rupa 2 dimensi, dalam hal ini yang akan kita bahas adalah Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Contohnya

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

       Seni rupa dua dimensi adalah suatu karya seni rupa yang memiliki dua sisi saja, yaitu sisi panjang dan lebar, sehingga tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai unsur ketebalan.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

       Setelah kita mengetahui arti dari seni rupa 2 dimensi seperti yang kami kemukakan diatas, maka kita bisa melihat bahwa disekitar kita banyak sekali karya seni rupa dua dimensi, diantaranya adalah:

  1. Lukisan (di atas kertas atau kanvas)

       Lukisan adalah karya seni yang proses membuatnya dilakukan dengan memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain. (Baca juga artikel lain pada : Sahabat Sejati Mendamaikan Hati)

Contoh karya seni rupa 2 dimensi yang terkenal antara lain,

Bambu Woods (Abdullah Suriosubroto)

Kebun Cengkeh, Perahu dan Matahari, Andong (Affandi Koesoema)

Starry Night, Sunflowers (Van Gogh)

  1. Fotografi

       Fotografi adalah adalah seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film.

       Seni fotografi saat ini tengah happening dikarenakan berkembangnya teknologi. Penggunaan media dan teknologi menjadikan seni fotografi semakin maju. Seni fotografi ini termasuk ke dalam salah satu karya seni 2 dimensi.

  1. Seni Grafis

       Seni Grafis merupakan salah satu karya seni rupa dua dimensi dengan menggunakan teknik cetak.

  1. Kaligrafi

       Seni rupa dua dimensi kaligrafi merupakan seni artistik berupa tulisan tangan dengan menggunakan Bahasa Arab.

  1. Batik

       Batik merupakan seni melukis yang dilakukan diatas kain dengan menggunakan lilin/malam sebagai pelindung untuk mendapatkan ragam hias diatas kain tersebut. (Baca juga artikel lain pada : Tulisan dan Arti yang Berbeda)

        Salah satu ciri khas dari Negeri kita adalah batik, banyak sekali motif batik khas dari berbagai daerah. Batik juga merupakan contoh seni rupa 2 dimensi.

  1. Lukisan dinding

       Lukisan bukan hanya bisa dibuat diatas kain, sekarang sudah banyak kreasi dari para seniman yang membuat lukisan di dinding.

  1. Poster

       Kita sering kali melihat di jalan berbagai macam poster dengan bentuk gambar atau tulisan yang ditempel di dinding maupun di tembok. Nah poster ini juga termasuk ke dalam contoh seni rupa 2 dimensi.

       Itulah postingan tentang Pengertian dan Contoh Seni Rupa 2 Dimensi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Pengertian dan Contoh Seni Rupa 2 Dimensi diatas dapat bermanfaat bagi kita untuk menambah wawasan kita tentang Seni Rupa 2 Dimensi. (Baca juga artikel lain pada : Soal Pilihan Ganda tentang Substansi Genetika)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *