Negara Boneka Bentukan Belanda

Negara Boneka Bentukan Belanda

Negara Boneka Bentukan Belanda

Negara Boneka Bentukan Belanda

      Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu tentang Negara Boneka Bentukan Belanda sebagai bahan pembelajaran bagi siswa maupun siapa saja yang ingin mengetahui apa dan bagaimana Negara Boneka Bentukan Belanda itu. Yang dimaksud dengan negara boneka adalah negara yang secara resmi merdeka dan diakui kedaulatannya, namun secara de-facto berada di bawah kontrol negara lainnya. (Baca juga : Solusi Led Kuning Menyala pada KWH-Meter)

      Adapun sera harfiah negara boneka adalah negara dimana pemerintahannya dapat disamakan seperti boneka yang dimainkan oleh pemerintahan negara lainnya sebagai dalang. Pemerintahan negara boneka biasanya sangat tergantung kepada negara dalangnya terutama dalam hal politik, ekonomi, militer dan hubungan luar negeri. Ini menyebabkan pemerintahan seperti ini biasanya tidak mempunyai legitimasi cukup baik di dalam negeri maupun ke dunia internasional.

      Setelah kita mengetahui pengertian negara boneka, maka kita akan melihat kiprah Belanda pada awal-awal kemerdekaan Indonesia yang waktu itu Belanda ingin kembali menguasai wilayah Indonesia dengan terus melakukan tindakan-tindakan untuk merebut kembali wilayah-wilayah Indonesia. Wilayah Indonesia berhasil dipecah-pecah oleh Belanda. (Baca juga artikel lain pada : Mengalah Demi Ketenangan Jiwa)

Terbentuknya Negara-Negara Boneka di Indonesia

      Belanda yang ingin kembali menguasai wilayah Indonesia terus melakukan tindakan-tindakan untuk merebut kembali wilayah-wilayah Indonesia. Wilayah Indonesia berhasil dipecah-pecah oleh Belanda. Oleh karena itu, bangsa Indonesia berjuang untuk merebut kembali wilayah-wilayahnya baik melalui perjuangan bersenjata maupun melalui jalan perundingan atau diplomasi.

Negara Boneka Bentukan Belanda

      Untuk menanamkan kembali kekuasaannya di Indonesia, salah satu cara yang dilakukan oleh Belanda adalah dengan membentuk negara-negara boneka. Tujuannya adalah untuk mengepung kedudukan pemerintahan Republik Indonesia atau mempersempit wilayah kekuasaan Republik Indonesia. Setiap negara bagian atau negara boneka yang diciptakan Belanda tersebut dipimpin oleh seorang yang ditunjuk oleh Belanda.

      Melalui negara-negara boneka yang dibentuknya, Belanda membentuk Pemerintahan Federal dengan Van Mook sebagai kepala pemerintahannya. Dalam Konferensi Federal di Bandung pada tanggal 27 Mei 1948 lahirlah Badan Permusyawaratan Federal (BFO). Di dalam BFO terhimpun negara-negara boneka ciptaan Belanda. (Baca juga artikel lain pada : Soal UKK IPS Kelas 8 Semester Genap)

Berikut adalah negara-negara boneka ciptaan Belanda:

  1. Negara Indonesia Timur

Berdiri : Desember 1946

Wilayah : Timur Selat Makasar dan Selat Bali

Pemimpin : Tjokorda Gede Raka Sukawati

  1. Negara Sumatera Timur

Berdiri : 25 Desember 1945 (diresmikan pada tanggal 16 Februari 1947)

Wilayah : Kota Medan dan sekitarnya

Pemimpin : Dr. Mansur

  1. Negara Sumatera Selatan

Berdiri : 30 Agustus 1948

Wilayah : Kota Palembang dan sekitarnya

Pemimpin : Abdul Malik

  1. Negara Jawa Timur

Berdiri : 26 Nopember 1948

Wilayah : Kota Surabaya, Malang dan daerah-daerah sebelah timur hingga ke Banyuwangi

Pemimpin : R. T. Kusumonegoro

  1. Negara Pasundan

Berdiri : 26 Februari 1948

Wilayah : Priangan, Jawa Barat dan sekitarnya

Pemimpin : R. A. A. Wiranata Kusumah

  1. Negara Madura

Berdiri : 16 Januari 1948

Wilayah : Kota Madura dan sekitarnya

Pemimpin : Tjakraningrat

      Selain negara-negara boneka yang diciptakan oleh Belanda, terdapat juga daerah-daerah yang memiliki otonomi seperti Kalimantan Barat, Dayak Besar, Banjar, Kalimantan Tenggara, Jawa Tengah, Bangka, Belitung, dan Riau. Daerah-daerah tersebut dikepalai oleh Sultan Hamid II.

      Itulah postingan materi PKn sekilas tentang Negara Boneka Bentukan Belanda yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan materi tentang Negara Boneka Bentukan Belanda diatas dapat menambah wawasan bagi kita tentang pemerintahan negara boneka di Indonesia. (Baca juga artikel lain pada : Syukur Jalan Menuju Surga)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *