Memandang Yang Mendapatkan Pahala

Memandang Yang Mendapatkan Pahala

Memandang Yang Mendapatkan Pahala

      Mata adalah sahabat sekaligus penuntun bagi hati. Mata mentransfer berita-berita yang dilihatnya ke hati sehingga membuat pikiran berkelana karenanya. Karena melihat secara bebas bisa menjadi faktor timbulnya keinginan dalam hati, maka syariat yang mulia ini telah memerintahkan kepada kita untuk menundukkan pandangan kita terhadap sesuatu yang dikhawatirkan menimbulkan akibat yang buruk. (baca juga : Doa Ayah untuk Putra Tercinta)

Allah Ta’ala berfirman,

”Katakanlah kepada laki-laki yang beriman,’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’” (QS. An-Nur [24] : 30).

      Dari firman Allah diatas maka kita harus menjaga dan menundukkkan mata kita dari hal-hal menimbulkan maksiat sehingga menjadikan dosa atas yang dilakukan mata kita. Namun ada beberapa pandangan yang justru dapat bernilai ibadah sehingga mendapatkan pahala. Untuk itulah pada edisi ini kami ingin berbagi tentang Memandang Yang Mendapatkan Pahala.

Adapun Memandang Yang Mendapatkan Pahala  adalah sebagai berikut:

1.  Memandang Ka’bah

      Dari Abdullah bin Abbas r.anhuma, ia berkata, “Rasulullah saw.bersabda, “Sesungguhnya dalam setiap hari, siang dan malam, seratus dua puluh rahmat Allah swt. turun di atas Ka’bah ini. Enam puluh di antaranya untuk orang-orang yang thawaf, 40 untuk orang-orang yang shalat, dan 20 untuk orang yang memandanginya.” ( Ibnu ‘Ady dan Baihaqi, Durrul-Mantsur )

      Setiap 0rang yang langsung pertama kali memandang ka’bah pasti akan meleleh air matanya dan bertambah imannya. Gak percaya? Buktikan saja sendiri kesana atau tanya yang sudah pernah ke baitullah. Pantaslah memandangnya adalah ibadah. Dengan memandang Ka’bah akan tumbuh kecintaan terhadap Allah dan bertambahlah iman.

2.  Memandang Al-Qur’an

      Alqur’an adalah petunjuk bagi seluruh manusia. Tanpa adanya Al-Qur’an maka tersesatlah manusia di dunia dan akhirat. Mulai dari mendengar, membaca, mengamalkan isinya bahkan memandangnya adalah ibadah.

3.  Memandang Wajah Ibu Bapak

      Ridho Allah berada dalam Ridho ibu dan Bapak. Menyayangi, menghormati, dan berbakti kepada mereka adalah kewajiban seorang anak dan merupakan jalan untuk meraih surga dengan mendapatkan ridho Ilahi. Oran yang berbakti pada Ibu Bapaknya akan bahagia di dunia dan akhirat. Memandang Wajahmu wahai Ibu dan bapakku adalah Ibadah.

4.  Memandang Wajah Ulama yang soleh

      Ulama adalah pewaris nabi. Dari mereka kita dapat ilmu, maka Keutamaan pandangan kepada wajah seorang Ulama banyak sekali, di antaranya sebagaimana disabdakan oleh Nabi SAW:

“Barang siapa memandang kepada wajah orang Alim sekali dengan pandangan yang senang, niscaya Allah menjadikan pandangan tersebut malaikat yang memintakan ampun baginya hingga hari kiamat”.

Wallahu a’lam bish-shawab

      Itulah postingan kami tentang Memandang Yang Mendapatkan Pahala yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan kami tentang Memandang Yang Mendapatkan Pahala diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. (baca artikel lain : Berbagi itu Indah)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *