Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Tubuh

Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Tubuh

Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Tubuh

Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Tubuh

       Telah disampaikan pada postingan terdahulu bahwa Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang melakukan kerja sehari-hari secara efesien tanpa timbul kelelahan yang berlebihan sehingga masih dapat menikmati waktu luangnya. Setiap orang membutuhkan kebugaran jasmani yang baik, agar ia dapat melaksanakan pekerjaanya dengan efektif dan efesien tanpa mengalami kelelahan yang berarti. (Baca juga : Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli)

       Agar kebugaran jasmani tetap terjaga maka kita perlu melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin. Lalu apa Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Tubuh yang kita dapatkan dengan latihan kebugaran jasmani bagi tubuh kita? Manfaatnya antara lain:

Melenturkan sendi

       Manfaat latihan kebugaran jasmani selanjutnya yaitu mampu melenturkan sendi. Kelenturan sendi membuat tubuh Anda menjadi lebih relaks. Salah satu cara untuk membuat tubuh lebih lentur dengan latihan kebugaran jasmani. Sebab melakukan latihan kebugaran jasmani, tubuh mampu membuang asam laktat yang membuat Anda lelah dan tegang.

Menaikkan HDL (High Density Lipoprotein)

       HDL atau dikenal dengan sebutan lemak baik akan naik jika Anda terus beraktivitas, salah satunya dengan olahraga. Dari hasil penelitian yang dilakukan, mengemukakan bahwa jogging atau jalan kaki sejauh 32 km rutin dalam satu minggi mampu menaikkan HDL dalam tubuh.

Mencegah obesitas

       Apa manfaat latihan kebugaran jasmani secara teratur? Manfaat latihan kebugaran jasmani yang pertama yaitu dapat mencegah obesitas. Kebanyakan orang-orang suka melakukan olahraga agar memiliki tubuh indah. Sebab ketika melakukan olahraga, lemak yang menimbun dibawah kulit akan terbakar bersama kalori yang dipakai untuk oleh tubuh. Sehingga membuat tubuh akan ideal serta berat badan Anda juga sempurna. Salah satu penyebab munculnya Obesitas adalah kurangnya aktivitas tubuh. Untuk mengatasinya, Anda cukup melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin dan teratur.

Mencegah osteoporosis

       Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh para manula (manusia lanjut usia). Yaitu Osteoporosis atau pengeroposan tulang memang banyak yang penderitanya yaitu para lansia. Penderita biasanya lebih sering membungkuk, karena tulang punggungnya lemah. Penyebabnya bisa jadi karena ketika di usia muda jarang melakukan aktivitas fisik.

       Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak yang banyak bergerak akan memiliki tulang kuat. Sehingga lebih terhindar dari osteoporosis.

Menghasilkan energi yang optimal

       Melakukan latihan kebugaan jasmani ini selain berpengaruh pada penurunan tingkat stress serta energi tubuh. Keadaan lelah normal memberikan efek positif pada kenyamanan tidur Anda. Sehingga energi yang Anda miliki untuk keesokan harinya lebih optimal. Posisi tidur juga menentukan kembalinya energi Anda. Jika posisi tidur tidak benar, maka energi juga tidak akan kembali dengan optimal.

Meninggikan kadar kepercayaan diri

       Manfaat yang paling Anda tidak sadari adalah dapat meningkatan rasa percaya diri. Berdasarkan survey psikolog, rutin melakukan latihan kebugaran jasmani membuat kepercayaan diri Anda akan meningkat. Karena peraasan psikologis positif seiring dengan pikiran atau mind set Anda yang baik.

Meningkatkan kecerdasan

       Otak merupakan organ yang sangat penting untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Sehingga setiap harinya otak Anda juga perlu asupan khusus agar fungsi kerja otak maksimal setiap hari. Melakukan latihan kebugaran jasmani dapat membuat sirkulasi tubuh anda menjadi lancar, dengan begitu perjalanan oksigen ke otak juga lancar. (Baca juga artikel lain pada : The Victim of Fridge)

Meningkatkan pemulihan ketika cedera

       Saat tubuh Anda terjatuh, tentu ada bagian yang lecet atau luka. Hal tersebut menyebabkan tubuh bekerja lebih banyak dalam hal pemulihan menjadi normal. Dengan seringnya melakukan latihan kebugaran jasmani membuat proses pemulihan lebih cepat. Hal ini disebabkan karena sel-sel pembentuk yang bekerja untuk mengobati bagian tubuh yang sedang cedera mampu bekerja lebih cepat.

Mengontrol tekanan darah

       Sirkulasi darah akan menjadi normal saat Anda melakukan gerakan tubuh. Karena jantung akan bekerja lebih cepat mengalirkan darahnya ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh akan mendapatkan pergantian darah serta oksigen yang cukup, sehinggatekanan darah menjadi optimal. Melakukan latihan kebugaran jasmani ini secara rutin mampu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) Anda. 

Menguatkan sistem imun

       Melakukan latihan kebugaran jasmani sangat bagus untuk perjalan nutrisi oksigen ke otak dan peredaran darah ke seluruh tubuh. Sel-sel rusak yang dibawa oleh tubuh akan segera diganti oleh sel baru. Sehingga kardiorespirasi sistem imun juga lebih cepat terbentuk.

Mengurangi risiko PJK

       Penyakit yang paling umum diderita oleh masyarakat Indonesia salah satunya adalah PJK atau penyakit jantung koroner. Penyakit ini seringkali juga bisa menimbulkan kematian juga. Penyakit ini disebabkan karena pembuluh darah terjepit oleh zat lemak sehingga asupan darah keseluruh tubuh terhambat.

       Salah satu solusi untuk mencegahnya cukup dengan olahraga. Hal ini karena olahraga membuat peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh serta peredaran darah dari seluruh tubuh ke jantung bekerja lebih cepat. Akibatnya sirkulasi menjadi lebih lancar.

       Sehingga Anda dapat terhindar dari segala macam risiko gagal jantung, penyakit jantung koroner, dan stroke.

Mengurangi resiko alzheimer

       Alzheimer adalah salah satu penyakit yang mampu menyerang siapa saja disegala umur. Salah satu ciri-cirinya adalah orang tersebut lupa apa saja kegiatan yang telah dilakukannya. Alzheimer terjadi karena sel otak yang berperan sebagai sistem memori terjadi degenerasi sel.

       Salah satu cara mencegahnya, yaitu dengan melakukan latihan kebugaran jasmani. Karena gerakan kebugaran jasmani yang dilakukan akan menghasilkan oksigen. Oksigen itulah yang diperlukan otak, sehingga otak akan lebih terjaga dan tetap sehat. (Baca juga artikel lain pada : Brave Hero Adoration of Nation)

Mengurangi resiko diabetes

       Penyakit diabetes juga merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat. Penyakit diabetes terdiri dari dua jenis. Salah satunya adalah diabetes tipe 2 yang penyebabnya adalah kelainan insulin yang terjadi karena kegemukan dan obesitas. Untuk mencegahnya lakukanlah gerakan tubuh seperti latihan kebugaran agar meminimalisir risiko kegemukan. 

Mengurangi resiko kanker

       Kanker adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang siapa saja, bahkan bisa sampai menimbulkan kematian. Dari sebuah penelitian tertentu, membuktikan bahwa melakukan latihan kebugaran jasmani dapat menghindarkan Anda dari penyakit. Salah satunya seperti kanker kolon (usus besar), kanker payudara, serta kanker paru-paru. Selain itu juga menurunkan risiko Multiple Myeloma atau kanker sumsum tulang.

Mengurangi stres

        Bagi yang pertama kali dan belum terbiasa melakukan kebugaran jasmani jelas akan membuat Anda merasa lelah dalam tahap normal. Dengan begitu Anda tidak akan memikirkan hal yang sekiranya kurang penting. Ketika tubuh sudah merasa lelah, otak akan bekerja untuk segera istirahat dan tidur. Hal inilah yang membuat stres Anda akan sedikit teratasi.

Terlihat awet muda

        Mungkin manfaat yang satu ini jarang diketahui oleh banyak orang, yaitu dapat membuat awet muda. Kulit akan menjadi lebih kencang ketika Anda melakukan olahraga. Hal tersebut karena otot-otot pada tubuh secara reflek melakukan gerakan menegang dan merileks berulang kali. Sehingga kulit akan tertarik ke atas dan membuat kulit Anda kencang. Maka wajah Anda akan terlihat lebih awet muda.

        Itulah postingan mata pelajaran Olah raga dan kesehatan tentang Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Tubuh yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Tubuh diatas dapat menambah wawasan kita tentang Jenis – Jenis Lomba Dalam Olahraga Lari. (Baca juga artikel lain pada : Soal PAS Bahasa Inggris Kelas 11 Semester 1)

.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[smartslider3 slider=2]