Manfaat Kandungan Mineral Air Putih

Manfaat Kandungan Mineral Air Putih

Manfaat Kandungan Mineral Air Putih

Manfaat Kandungan Mineral Air Putih

       Sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga para ahli gizi merekomendasikan pada kita agar minum air putih sekitar 8 gelas sehari (artinya tidak harus 8 gelas). Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh kandungan mineral tertentu dalam air putih.

       Lalu apa saja kandungan mineral apa saja yang terdapat dalam air putih? Dan apa saja manfaat dari setiap kandungan mineral tersebut? (Baca juga : Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan Tubuh)

       Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami sampaikan ulasan yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Gizi Sri Sukmaniah yang mengatakan bahwa mineral tak diproduksi tubuh. Oleh karena itu, diperlukan asupan dari luar untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Mineral, tuturnya, tergolong zat mikro esensial.

       Mineral, tambahnya, penting bagi tubuh namun dalam jumlah yang sedikit. Mineral pun terkandung dalam air mineral secara alami dan tidak disuntikkan secara sengaja.

       “Air putih mengandung mineral alamiah yang tidak bisa digantikan jadi penting untuk dikonsumsi,” ujarnya dalam Seminar Media dari Aqua tentang Optimalisasi Asupan Air Putih di Bulan Puasa, Rabu (3/6/2015).

       Adapun, ketujuh mineral yang tergantung dalam air putih alami, yaitu Flourida, Natrium, Kalsium, Magnesium, Kalium, Silika dan Zinc. (Baca juga artikel lain pada : Perjalanan Panjang Hidup di Dunia)

  1. Flourida, berfungsi untuk menjaga gigi dari pembentukan karies. Selain itu, menambah Kekuatan tulang juga menjadi peran Flourida di dalam tubuh.
  2. Natrium, berfungsi untuk membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Tak heran, mineral jenis ini ditemukan dalam infus yang biasa diberikan untuk menghidrasi tubuh.

“Ini zat dapat ditemui juga saat di rumah sakit, tubuh perlu diinfus atau tidak. Jadi memang natrium ini sangat penting sekali,” imbuhnya.

  1. Kalsium yang berperan mendukung kesehatan jantung, pembuluh darah, dan integritas tulang.
  2. Magnesium, untuk membantu proses pencernaan protein. Memelihara kesehatan otot dan sistem jaringan penghubung. Membantu menghilangkan timbunan lemak di dinding dalam pembuluh darah. Sebagai zat pembentuk sel darah merah berupa zat pengikat oksigen dan hemoglobin.
  3. Kalium, katanya untuk mendukung proses transmisi saraf dan kontraksi otot. (Baca juga artikel lain pada : Forgetful Old Couple)
  4. Silika, untuk membantu keutuhan dan kelembaban kulit seseorang. Selain itu, menjaga pembuluh darah dan integritas tulang merupakan fungsi lain dari zat ini. “Silika penting sekali tapi tidak disadari. Padahal, Silika bisa menjaga keutuhan kulit kita,” tambahnya.
  5. Zinc, berperan sebagai co-enzim. Zat ini, menurutnya, dapat membantu 300 enzim di dalam tubuh kita. Selain itu, zat ini penting bagi pertumbuhan, imunitas, dan fungsi saraf otak seseorang. “Dalam tubuh kita ada lebih dari 300 enzim di dalamnya, bayangkan jika tidak ada zat ini di dalam tubuh. Makanya ini zat juga sangat penting berada di tubuh kita,” ucapnya.

       Itulah kenapa, air putih tetaplah menjadi minuman terbaik untuk kesehatan. Maka itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum sekitar 8 gelas air putih setiap harinya.

       Itulah postingan kami tentang Manfaat Kandungan Mineral Air Putih yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga materi yang kami bagikan diatas dapat bermanfaat bagi kita sehingga kita terbiasa minum air putih sekitar 8 gelas setiap hari. (Baca juga artikel lain pada : PAT Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP)

You may also like...

1 Response

  1. […] Nak….jangan katakan kamu tidak punya uang untuk ongkos pulang, jangan katakan kamu tidak punya uang untuk beli oleh-oleh lebaran, mak dan bapak tidak butuh semua itu, yang mak dan bapak ingin …yang mak dan bapak mau…kamu pulang itu sudah lebih dari cukup. (Baca juga artikel lain pada : Manfaat Kandungan Mineral Air Putih) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *