Manfaat dan Sumber Makanan Vitamin C

Manfaat dan Sumber Makanan Vitamin C

Manfaat dan Sumber Makanan Vitamin C

Manfaat dan Sumber Makanan Vitamin C

       Sebagaimana telah kita bahas pada postingan sebelumnya bahwa vitamin A dan vitamin B sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Namun tubuh kita juga membutuhkan jenis vitamin lainnya, salah satu diantaranya adalah Vitamin C. (Baca juga : Manfaat dan Jenis-jenis Vitamin B Kompleks)

       Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu nutrisi penting bagi tubuh yang aman. Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air, yang berarti bahwa tubuh tidak menyimpannya. Oleh sebab itu, kita harus mendapatkannya melalui makanan, termasuk buah jeruk, brokoli, dan tomat. Begitu pula sebaliknya, apabila terjadi kelebihan, maka akan cepat dibuang oleh tubuh melalui air seni dan lainnya.

       Kita membutuhkan vitamin C untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh bagian tubuh. Vitamin C akan membantu tubuh membuat kolagen, protein penting yang digunakan untuk membuat kulit, tulang rawan, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Vitamin C juga diperlukan untuk penyembuhan luka, dan untuk memperbaiki dan menjaga tulang dan gigi. (Baca juga artikel lain pada : Advice to Avoid Regret)

Adapun manfaat selengkapnya dari vitamin C adalah sebagai berikut:

  1. Dilansir dari Cochrane Database of Systematic Reviews, asam askorbat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa mengobati pilek
  2. Vitamin C bisa mencegah penyakit kudis sebagai akibat melemahnya jaringan ikat, tulang, kolagen, dan pembuluh darah
  3. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, asupan vitamin C membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi
  4. Dilansir dari National Cancer Institute, vitamin C dosis tinggi bisa mencegah kanker
  5. Asupan vitamin C yang disertai diet sayur dan buah-buahan mengurangi risiko stroke dan
  6. Vitamin C berperan penting dalam produksi neurotransmiter yang bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi tekanan psikologis
  7. Vitamin C juga membantu mempercepat penyembuhan luka
  8. Asam askorbat membantu mengurangi gejala asma dengan cara melindungimu dari efek bahaya polusi
  9. Vitamin C bermanfaat sebagai obat diabetes karena membantu memproses insulin dan glukosa
  10. Asam askorbat mencegah penyakit jantung karena melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas. (Baca juga artikel lain pada : Love you in my silence)

Makanan Sumber Vitamin C

        Sumber makanan yang mengandung vitamin C tinggi antara lain jambu biji, jeruk, paprika hijau, semangka, pepaya, lemon, melon, stroberi, kiwi, mangga, brokoli, tomat, kubis brussel, kembang kol, kubis, dan jus jeruk atau jus yang diperkaya dengan vitamin C.

       Bahan-bahan yang sering dimasak berdaun hijau (lobak, bayam), paprika merah dan hijau, tomat kaleng dan segar, kentang, labu, raspberry, blueberry, cranberry, dan nanas juga merupakan sumber yang kaya vitamin C.

       Vitamin C sensitif terhadap cahaya, udara, dan panas , sehingga Anda akan mendapatkan  vitamin C paling baik jika Anda makan buah-buahan dan sayuran mentah atau dimasak sebentar.

       Itulah postingan artikel tentang Manfaat dan Sumber Makanan Vitamin C yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Manfaat dan Sumber Makanan Vitamin C diatas dapat bermanfaat begi kita. (Baca juga artikel lain pada : UAS Penjaskes Kelas 11 Semester 2)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[smartslider3 slider=2]