"> Makna Filosofi Rangkaian Huruf Jawa - Berbagi itu Indah

Makna Filosofi Rangkaian Huruf Jawa

Makna Filosofi Rangkaian Huruf Jawa

Makna Filosofi Rangkaian Huruf Jawa

      Jika kita memperhatikan rangkaian huruf jawa, maka huruf jawa berbeda dengan huruf latin, cina, bahkan arab. Salah satu keunggulan ragkaian huruf-huruf jawa tersebut adalah urutannya apabila dibaca maka akan menyusun sebuah kalimat yang mempunyai makna filosofi tersendiri. (Baca juga : Perbaiki Amal untuk Bekal Akhirat)

      Makna Filosofi Rangkaian Huruf Jawa tersebut jika kita baca baris perbaris akan membentuk kalimat yang mempunyai makna yang sangat mendalam. Yang perlu diketahui bahwa urutan huruf jawa adalah sebagai berikut:

  ha   na   ca   ra   ka

  da   ta   sa   wa   la

  pa   dha  ja   ya   nya

  ma   ga   ba   tha  nga

 

Arti dari baris perbaris urutan huruf diatas adalah:

  • ha na ca ra ka :Dikisahkan tentang ada dua abdi setia
  • da ta sa wa la : Keduanya terlibat perselisihan dan akhirnya berkelahi
  • pa da ja ya nya : Mereka sama-sama kuat dan tangguh ( sakti )
  • ma ga ba tha nga : Akhirnya kedua abdi itu pun tewas bersama

Sedangkan Makna Filosofi Rangkaian Huruf Jawa dari rangkaian baris perbaris urutan huruf diatas adalah:

ha na ca ra ka 

      Bermakna filosofi utusan hidup, berupa nafas yang berkewajiban menyatukan jiwa dengan jasat manusia. Maksudnya ada yang mempercayakan, ada yang dipercaya dan ada yang dipercaya untuk bekerja. Ketiga unsur itu adalah Tuhan, manusia dan kewajiban manusia ( sebagai ciptaan )

da ta sa wa la 

      Mempunyai makna manusia setelah diciptakan sampai dengan data ” saatnya ( dipanggil ) ” tidak boleh sawala ” mengelak ” manusia ( dengan segala atributnya ) harus bersedia melaksanakan, menerima dan menjalankan kehendak Tuhan. (Baca juga artikel lain pada : Bahagia Diperoleh dari Rasa Syukur)

pa dha ja ya nya 

      Bermakna menyatunya zat pemberi hidup ( Khalik ) dengan yang diberi hidup ( makhluk ). Maksdunya padha ” sama ” atau sesuai, jumbuh, cocok ” tunggal batin yang tercermin dalam perbuatan berdasarkan keluhuran dan keutamaan. Jaya itu ” menang, unggul ” sungguh-sungguh dan bukan menang-menangan ” sekedar menang ” atau menang tidak sportif

ma ga ba tha nga 

      Bermakna menerima segala yang diperintahkan dan yang dilarang oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Maksudnya manusia harus pasrah, sumarah pada garis kodrat, meskipun manusia diberi hak untuk mewiradat, berusaha untuk menanggulanginya.

      Itulah postingan artikel tentang Makna Filosofi Rangkaian Huruf Jawa yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga kita dapat mengambil makna dari postingan artikel tentang Makna Filosofi Rangkaian Huruf Jawa diatas. (Baca juga artikel lain pada : SAJADAH TERAKHIR PEMBERIAN IBU)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *