Makna Dibalik Ikhlas

Makna Dibalik Ikhlas

Makna Dibalik Ikhlas

Makna Dibalik Ikhlas yang diharapkan oleh manusia adalah sekata dengan kata ALLAH,

Yang maknanya antara lain:

  1. Ikhlas itu, tak mengharap apa-apa dalam kebaikan, kecuali hanya dan hanya karena Allah SWT. (baca juga : Pertanyaan Imam Ghazali kepada Muridnya)
  2. Ikhlas itu, mengosongkan hati, mengusir semua gangguan yang menghalangi, yang mempersulit, maupun yang mempersempit, jalan mencari ridha Allah swt.
  3. Ikhlas itu, tidak melihat atau mendengar penilaian orang atau manusia lain yang sama sebagai hamba. Sebab acuan nilainya hanya pada Allah SWT.
  4. Ikhlas itu, tidak dendam, gelisah, iri, dengki dengan manusia. Karena duniawi tidak pantas di dendami, digelisahi maupun didengkikan.
  5. Ikhlas itu, ketenangan hati, karena bersandar dan hanya mengandalkan Allah SWT. Bukan bersandar atau mengandalkan yang lain.
  6. Ikhlas itu, menerima apa yang terjadi dan menganggap itulah jalan yang Allah beri agar hamba-Nya menjadi hamba lebih baik.
  7. Ikhlas itu, menyamakan amal baik dalam kondisi ramai, atau sepi, bersama atau sendiri, di hadapan orang lain atau tak ada orang.
  8. Ikhlas itu, kunci keberkahan dalam waktu.
  9. Ikhlas itu, kunci kedamaian batin karena tak pernah larut oleh kekecewaan, kebencian atau keresahan.
  10. Ikhlas itu, bila dipuji, merasa malu dan menangis (sendiri) karena merasa tidak layak dipuji.
  11. Ikhlas itu, egaliter, sejajar, tidak senioritas, tidak sombong, tidak elitis. Karena nilai orang hakikatnya bukan pada lahirnya.
  12. Ikhlas itu, energi besar yang bisa memunculkan kemampuan melakukan kerja besar.
  13. Ikhlas itu, syarat husnul khatimah, akhir yang baik.
  14. Ikhlas itu, seperti dua mata uang dengan amal yang benar. Tanpa salah satunya, tidak punya nilai apapun.
  15. Ikhlas itu, siklus sikap yang tak pernah bertepi, tapi selalu mendatangkan keluarbiasaan.
  16. Ikhlas itu, sulit direkayasa, dan lebih merupakan hadiah dari Allah pada hati hamba-Nya.

      Itulah postingan kami tentang Makna Dibalik Ikhlas yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga postingan tentang Makna Dibalik Ikhlas diatas dapat mempertebal pemahaman kita tentang makna ikhlas. (baca juga artikel lain pada : Harapan Mampu Menghidupkan Cinta dan Iman)

 

You may also like...

6 Responses

  1. […]       That’s all the article about Pay Attention What I Say we can in this occasion. Hopefully the article about Pay Attention What I Say above can be useful for us. (Also read other article in Indonesian version at : Makna Dibalik Ikhlas) […]

  2. […]      “Tujuannya kemana ini “ sudah nanti juga tau . Dan betapa terkejutnya Zahra dan orang tua nya ketika sampai tujuan ternyata bukan tempat wisata pantai atau pegunungan yang diharapkan melainkan  wisata religi . Ternyata mereka di ajak liburan oleh Tante Annisa mengunjungi salah satu makam tokoh islam yang terkenal . Raut muka Zahra pun seketika berubah menjadi cemberut . Namun, bagaiman lagi sudah sampai tempatnya . (Baca juga artikel lain pada : Makna Dibalik Ikhlas) […]

  3. […] (Baca juga artikel lain pada : Makna Dibalik Ikhlas) […]

  4. […]       Bukan hanya membaca sahadat, shalat, berpuasa, zakat dan menunaikan ibadah haji saja yang menjadi identitas utama bagi umat muslim, ada banyak kewajiban yang harus dilakukan umat islam yang patuh pada tuhannya, termasuk menikah. Dalam islam, menikah termasuk pada suatu ibadah jadi bukan sekedar penyatuan dua insan manusia dalam ikatan resmi di mata agama dan hukum. Setelah menikah, ada banyak Sunnah Rasullulah yang sebaiknya (kalua bukan harus) dijalankan oleh kedua belah pihak. (Baca juga : Makna Dibalik Ikhlas) […]

  5. […]        Pada dasarnya kekalahan adalah kesuksesan yang tertunda. Karena jarang kita jumpai sebuah tim selalu menang dalam setiap tournament, mungkin tim yang berstatus sebagai juara bertahan paling lama 7 tahun.  Mungkin karena faktor generasi penerus pemain yang buruk atau pelatih dari tim juara bertahan itu ganti. Dan tim yang kalah juga tidak akan selalu kalah, justru dengan kekalahan kita seharusnya lebih kerja keras agar bisa mencapai kemenangan itu. Dan dari kerja keras itu maka akan membuahkan hasil berupa bertambahnya semangat kita sehingga di pertandingan selajutnya kita dapat meraih kemenangan. Ingatlah bahwa Hasil Tidak Menghianati Usaha. (Baca juga artikel lain pada : Makna Dibalik Ikhlas) […]

  6. […]       Suatu hari, Umar sedang duduk di bawah pohon kurma dekat Masjid Nabawi. Di sekelilingnya, para sahabat sedang asyik mendiskusikan sesuatu. (Baca juga : Makna Dibalik Ikhlas) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *