Macam-macam Bentuk Segitiga

Macam-macam Bentuk Segitiga

Macam-macam Bentuk Segitiga

Macam-macam Bentuk Segitiga

      Sebelum kita membahas tentang Macam-macam Bentuk Segitiga, alangkah baiknya kita terlebih dulu mengetahui pengertian segitiga itu sendiri yaitu, Segitiga merupakan sebuah bangun datar yang dibatasi oleh tiga buah sisi dam memiliki tiga titik sudut, dimana jumlah ketiga titik sudut tersebut adalah 180 derajat. (Lihat rumus segitiga pada : Rumus Luas Segitiga Beserta Contoh Soal)

      Banyak sekali banda-banda yang ada disekitar kita yang bentuk dasarnya adalah segitiga, misalnya prisma, limas dan lain sebagainya. Berkaitan dengan ini maka pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi pengetahuan tentang segitiga yang berkaitan dengan bentuk-bentuknya.

Inilah Macam-macam Bentuk Segitiga.

      Ada dua pengelompokan ketika kita membicarakan tentang bentuk-bentuk segitiga, yaitu pengelompokan berdasarkan panjang sisi dan berdasarkan sudut terbesar pada segitiga. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Bentuk segitiga berdasarkan panjang sisinya

Berdasarkan panjang sisinya, segitiga dapat diklasifikasikan menjadi tiga bentuk, yaitu : (Baca juga artikel lain pada : Sebuah Puisi Untuk Ibu)

1. Segitiga sama sisi

      Segitiga sama sisi adalah segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Karena sisinya sama panjang, maka masing-masing sudutnya sama besar yaitu 60 derajat.

2. Segitiga sama kaki

      Segitiga sama kaki adalah segitiga yang dua dari tiga sisinya sama panjang. Karena dua dari tiga sisinya sama panjang, maka dua sudut dari tiga sudutnya sama besar.

3. Segitiga sembarang

      Segitiga sembarang adalah segitiga yang ketiga sisinya memiliki panjang yang berbeda, sehingga besar setiap sudutnya berbeda. (Baca juga artikel lain pada : Soal Pilihan Ganda Materi Fungsi Kuadrat)

Bentuk Segitiga berdasarkan besar sudut terbesarnya

Berdasarkan besar sudut terbesarnya, segitiga dapat diklasifikasikan menjadi tiga bentuk, yaitu :

1. Segitiga siku-siku

      Segitiga siku-siku adalah segitiga yang salah satu besar sudutnya 90º. Yang mana sisi yang berada didepan sudut 90º disebut hipotenusa atau sisi miring.

2. Segitiga lancip

      Segitiga lancip adalah segitiga yang besar semua sudutnya < 90º.(kurang dari 900)

3. Segitiga tumpul

      Segitiga tumpul adalah segitiga yang besar salah satu sudutnya >90º (lebih dari 900).

      Itulah materi pelajaran matematika tentang Macam-macam Bentuk Segitiga yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dengan harapan semoga materi matematika tentang bentuk segitiga diatas dapat membantu adik-adik dalam mengenal bentuk-bentuk segitiga. (Baca juga artikel lain dalam versi bahasa Inggris pada : Difference between Cardinal and Ordinal Number)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *