Lama Waktu Tidur Berdasarkan Usia

Lama Waktu Tidur Berdasarkan Usia

Lama Waktu Tidur Berdasarkan Usia

Lama Waktu Tidur Berdasarkan Usia

      Setiap hari kita melakukan rutinitas dalam berbagai aktivitas. Tentu saja setelah melakukan berbagai aktivitas harian, tubuh kita memerlukan istirahat, dan salah satu bentuk istirahat adalah tidur yang merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia sepeti halnya makan dan minum. (Pelajari juga : Posisi dan Tugas Pemain dalam Bola Voli)

      Untuk memenuhi kebutuhan tidur tersebut ada orang yang tidur hanya berapa jam saja sudah cukup, dan tetap sehat. Juga jarang sakit. Sebaliknya, ada yang tidurnya banyak, tetapi malah kurang sehat. Ini juga terjadi pada kita.

Lalu berapa lamakah idealnya kita tidur dalam sehari semalam?

      Untuk menjawab pertanyaan diatas, maka berikut ini akan kami bagikan informasi tentang Lama Waktu Tidur Berdasarkan Usia yang telah direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. 

Inilah Lama Waktu Tidur Berdasarkan Usia:

Bayi yang Baru Lahir (0 – 3 Bulan)

      Bayi yang baru lahir sampai tiga bulan, kisaran lama tidurnya sekitar 14 – 17 jam tiap harinya. Jam tidur yang lebih panjang diharuskan untuk bayi yang baru lahir karena akan lebih mendukung perkembangan mental dan fisiknya lebih cepat. Dengan tidur yang cukup, perkembangan yang dialami oleh bayi tersebut akan lebih baik. 

Bayi (usia 4 – 11 Bulan)

      Bayi yang berusia empat sampai sebelas bulan kisaran lama waktu tidur yang dibutuhkan adalah sekitar 12 – 15 jam setiap harinya. Karena mulai usia empat bulan, Anda bisa melihat perubahan dalam pola tidur bayi Anda. Biasanya bayi akan terjaga untuk durasi yang lebih lama. Periode ini sering kali disebut sebagai “empat bulan regresi”. (Baca juga artikel lain pada : JANGAN MUDAH MENYALAHKAN ORANG LAIN)

Balita (usia 1 – 2 Tahun)

      Anak balita yang berusia satu sampai dua tahun, lama waktu tidur yang paling baik adalah sekitar 11 – 14 jam tiap harinya. Saat memasuki masa usia ini, kebutuhan tidur secara bertahap akan berkurang. Pada titik ini, balita ini harus tidur lebih panjang pada malam hari dibandingkan siang hari.

Balita (usia 3 – 5 Tahun) disebut juga Anak – Anak Pra Sekolah

      Untuk anak – anak pra sekolah atau Taman Bermain dan Taman Kanak-kanak yang telah tumbuh yang setidaknya juga membutuhkan tidur siang, atau total tidur perhari sekitar 10 – 13 jam. Secara bertahap waktu tidurnya terus berkurang karena ia telah terus mengalami pertumbuhan.

Anak Usia Sekolah (usia 6 – 13 Tahun)

      Pada anak usia sekolah, penggunaan perangkat elektronik dan pekerjaan rumah membuat anak – anak usia ini tampak sibuk dalam dua aktifitas ini. Untuk itulah sangat penting bagi mereka untuk lebih teratur dalam mengatur jadwal tidur guna menegakkan rutinitas tidur yang baik. Idealnya waktu tidur bagi mereka adalah sekitar 9 – 11 jam per hari.

Remaja (usia 14 – 17 Tahun)

      BagisSeorang remaja, lama waktu tidur yang dibutuhkan adalah 8 sampai 10 jam tiap harinya. Remaja umumnya memiliki pola tidur yang kurang teratur sepanjang minggu. Mereka biasanya begadang hingga larut malam sehingga bisa berpengaruh pada jam biologis mereka dan berpengaruh pada kualitas tidur mereka.

Orang Dewasa Muda (usia 18 – 25 Tahun)

      Kisaran lama waktu tidur yang dibutuhkan untuk orang dewasa muda sekitar 7 – 8 jam tiap harinya. Penuaan yang sehat berkaitan dengan pengurangan durasi tidur yang bisa membantu untuk menjaga kewaspadaan di siang hari.

Dewasa (usia 26 – 64 Tahun)

      Bagi orang dewasa, kisaran lamawaktu tidur yang dibutuhkan adalah berkisar 7 – 9 jam per harinya. Sekelompok neuron spesifik yang berkaitan dengan mengatur pola tidur, yang dikenal dengan nama ventrolateral nucleus preoptik, mungkin bisa perlahan-lahan mati saat usia mulai bertambah. (Baca juga artikel lain pada : Mengingat Pengorbanan Pahlawan)

Orang Dewasa Lebih Tua (usia 65 Tahun keatas)

      Seringkali mereka yang berada di usia ini kesulitan tidur sehingga waktu tidurnya menjadi berkurang. Padahal, di usia ini ideal tidur per harinya adalah berkisar 7 – 8 jam. Untuk itu, harus dipastikan waktu tidur tercukupi dengan baik agar kesehatan pun bisa tetap terjaga di usia senja.

      Itulah informasi tentang Lama Waktu Tidur Berdasarkan Usia yang dapat kami bagikan. Namun semuanya kembali lagi pada anda karena tak ada durasi tidur yang sempurna yang harus dipenuhi tiap orang. Semuanya tergantung pada sejumlah faktor dan usia merupakan salah satu faktornya. Yang terpenting adalah kualitas dari tidur itu sendiri. Semoga postingan tentang Lama Waktu Tidur Berdasarkan Usia diatas bermanfaat bagi kita. (Baca juga artikel lain pada : Soal Pilihan Ganda Materi Sepak Bola)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *